JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia U-23 pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Kamis (20/3) pukul 20.00 WIB. Setelah kalah 0-2 dari Qatar pada pertandingan pertama mereka, Indonesia akan berusaha untuk mempertahankan kelolosan mereka ke babak selanjutnya.

Tim nasional Garuda Muda harus meraih poin penuh pada pertandingan ini untuk menjaga harapan mereka mencapai babak delapan besar.

Meski demikian, lawan Witan Slaemann dan rekan-rekannya, Australia, tidak akan menjadi lawan yang mudah untuk dikalahkan, apalagi mereka merupakan salah satu tim terkuat di kawasan Asia.

Ini akan menjadi pertandingan yang sulit, namun tim asuhan Shin Tae Yong memiliki peluang untuk menang.

Garuda Muda berambisi untuk memperbaiki rekor mereka di kompetisi ini

. Tim nasional Garuda Muda memiliki rekor buruk melawan Australia di level U-23, dengan dua kekalahan dalam dua pertemuan.

Pertandingan ini terjadi saat kedua tim berusaha untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Pada saat itu, Indonesia bermain melawan Australia dua kali, kalah 2-3 dan 0-1.

Kini Indonesia berambisi untuk memperbaiki rekor mereka sekaligus menjaga asa untuk lolos ke babak selanjutnya.

Menengok ke putaran pertama Grup A Piala Asia U-23, Australia juga gagal meraih poin penuh setelah bermain imbang tanpa gol melawan Yordania.

Melihat situasi ini, kedua negara akan berharap untuk mengamankan poin penuh pertama mereka di Piala Asia U-23 2024.



Dua pertemuan terakhir antara kedua negara adalah sebagai berikut.

29/10/21 Australia 1-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Asia U-23 2022)
26/10/21 Indonesia 2-3 Australia (Kualifikasi Piala Asia U-23 2022)

Lima pertandingan terakhir antara kedua negara adalah sebagai berikut

. Indonesia U-23

15/04/24 Qatar 2 - 0 Indonesia (Piala Asia U-23 2024)
. 08/04/24 Uni Emirat Arab 0 - 1 Indonesia (uji coba)

. 05/04/24 Arab Saudi 3 - 1 Indonesia (uji coba)

. 12/09/23 Indonesia 2 - 0 Turkmenistan (Kualifikasi Piala Asia U-23 2024)

. 09/09/23 Indonesia 9 - 0 Chinese Taipei (Kualifikasi Piala Asia U-23 2024)
Australia U-23

15/04/24 Australia 0-0 Yordania (Piala Asia U-23 2024)

Australia 0-0 Yordania (Piala Asia U-23 2024) 27/03/24 Australia 2-2 Korea Selatan (Kejuaraan WAFF 2024)

. 24/03/24 Australia 1-1 Mesir (Kejuaraan WAFF 2024)

. 21/03/24 Australia 2-1 Irak (Kejuaraan WAFF 2024)

. 21/11/23 Arab Saudi 1-3 Australia (Uji Coba)
63. Australia lebih berpengalaman dari Indonesia


. Indonesia akan memulai debutnya dengan tampil pertama kali di Piala Asia U-23 2024, sementara Australia memiliki catatan finis di posisi ketiga.

Garuda Muda mengalahkan Chinese Taipei dan Turkmenistan di Grup K untuk mencapai final Piala Asia U-23 2024.

Alhasil, Indonesia mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan untuk masuk ke putaran final dengan status juara Grup K.

. Australia, di sisi lain, memiliki pengalaman lebih banyak dari Indonesia, setelah berpartisipasi di Piala Asia U-23 sebanyak lima kali.

Penampilan pertama Australia di Piala Asia U-23 adalah pada turnamen tahun 2013 di Oman, di mana mereka berhasil mencapai perempat final.

Selain itu, hasil terbaik The Olympic Suckaroos adalah finis di posisi ketiga pada turnamen 2020 di Thailand.

Pada Olimpiade 2022, Australia juga kalah dari Jepang dalam pertandingan perebutan tempat ketiga, dan hanya menempati posisi keempat.

Sementara itu, Australia mengalahkan Laos 7-1 di Grup I dan ditahan imbang 1-1 oleh Tajikistan, tetapi masih berhasil mengamankan empat poin dari dua pertandingan untuk mencapai final Piala Asia U-23 2024.

Komentar pelatih

Sebelum pertandingan, pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae Yong meminta dukungan penuh dari masyarakat Indonesia untuk menyemangati para pemain Garuda Muda.

Singh menjelaskan kondisi para pemainnya, yang secara kontroversial kalah dalam laga pembuka melawan tuan rumah Qatar dengan skor 0-2 di Stadion Jasim Bin Hamad, Senin (15/4) lalu.

Indonesia dibuat frustrasi oleh beberapa keputusan yang tidak menguntungkan oleh wasit Nasrulo Kabilov dan Sivakorn Puudom (VAR) dalam pertandingan tersebut.

"Memang ada beberapa ketidakadilan dalam keputusan wasit kemarin dan atmosfer di antara para pemain sangat menyedihkan.

Dia menambahkan: "Jadi saya meminta dukungan penuh dari masyarakat Indonesia agar para pemain dapat dinikmati oleh masyarakat dan lebih bersemangat dari sebelumnya."

Mengomentari penampilan Australia pada pertandingan pertama, Singh menilai tim asuhan Tony Vidmar memainkan permainan yang lebih baik dari Yordania namun kurang beruntung dalam hal gol.

"Penampilan Australia lebih baik dari Yordania. Tapi tidak ada gol yang tercipta. Tapi saya pikir Australia lebih baik," pungkas Singh.

Sementara itu, pelatih Australia U-23 Tony Vidmar mengaku sangat menantikan pertandingan melawan Indonesia, yang diyakininya akan sangat berguna bagi anak asuhnya.

Ini akan menjadi pertandingan yang sangat bagus. Sepuluh pemain mereka pernah bermain di Piala Asia Senior, jadi ini akan menjadi ujian yang sesungguhnya," kata Vidmar.

Mereka tampil mengesankan di Piala Asia Senior pada bulan Januari. Mereka akan menguji kami dengan melawan tim yang bagus dan tipe sepak bola yang berbeda. Itu akan membuat para pemain lebih baik dalam hal pengalaman," pungkasnya.

Prediksi susunan pemain

Indonesia diperkirakan akan kembali menggunakan formasi 3-4-3, mirip dengan formasi yang digunakan Shin Tae-Young pada laga-laga sebelumnya.

Penjaga gawang akan diisi oleh Hernando Ali Staryadi, sementara tiga pemain belakang akan diisi oleh Rizkie Ridho, Muhammad Ferrari dan Coman Tegu.

Dua posisi bek sayap akan ditempati oleh Nathan Joye Aon dan Pratama Arhan, dengan Arkan Fikri dan Marcelino Ferdinand sebagai duet gelandang. Trio lini depan diperkirakan akan diisi oleh Witan Sulaiman, Hokkien Karaca dan Rafael Struik.

Sementara itu, Tony Vidmar diperkirakan akan menggunakan formasi 4-4-2 saat menghadapi Indonesia, dengan kembali mengandalkan penjaga gawang Patrick Beach.

Empat pemain belakang Australia diperkirakan akan menampilkan Callum Talbot, Aleksander Popovic, Jordan Courtney-Perkins dan Jacob Farrell.

Para gelandang adalah Rhys Eury dan Ryan Teague, dengan Lachlan Brook dan Niko Milanovic di sayap. Di sektor penyerang ada Aluo Quor dan Jake Holman.

Prediksi susunan pemain Indonesia U-23 vs Qatar U-23 di bawah ini:
49 Indonesia (3-4-3): Hernando Ali; Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Coman Tegu; Nathan Joye Aon, Arhan Fikri, Marcelino Ferdinan, Pratama Arhan; Witan Sulaiman, Hokki Karaka, Raphael Struik.

Manajer: Shin Tae-Yong (Korea Selatan)

. Australia (4-4-2):