Berburu Kuliner Seafood Di Pantai Bojong Salawe Parigi - Pangandaran
Kuliner Pangandaran Senin, 01 Oktober 2012 09:26 WIB

Berburu Kuliner Seafood Di Pantai Bojong Salawe Parigi - Pangandaran

  Sudah umum diketahui, daerah pantai selatan Jawa adalah gudangnya berbagai hasil tangkapan laut. Beraneka jenis ikan konsumsi, udang, kepiting, cumi dan kerang tersedia dengan melimpah. Hasil tangkapan para nelayan yang masih segar kebanyakan masuk ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan diperdagangkan dengan harga yang masih relatif jauh lebih murah dari harga seafood matang di Restoran atau Hotel. Karena itulah, jika anda seorang pemburu seafood, TPI adalah tempat yang tepat untuk memuaskan selera anda dengan harga yang relatif irit.
Di wilayah Pangandaran, lokasi favoritnya adalah area Pantai Timur Pangandaran, dimana terdapat banyak kios yang menjajakan ikan segar kiloan, sekaligus dengan jasa memasak yang biayanya juga dihitung per kilogram. Sayangnya, lokasi ini sangat populer serta banyak pengunjungnya, sehingga anda harus cermat dalam memilih dan harus siap bersaing dengan pengunjung lain untuk memperoleh seafood dengan kualitas terbaik. Jika pengunjung sedang ramai dan anda kurang beruntung, maka yang tersedia hanya tinggal sisa-sisa yang tentunya kualitasnya kurang memuaskan.
  Tapi jika anda kebetulan sedang berkunjung ke Green Canyon, Citumang atau Batu Hiu, ada alternatif lokasi berburu seafood segar yang lebih nyaman, yaitu Pantai Bojong Salawe. Seperti juga di Pantai Timur Pangandaran, disini terdapat Tempat Pelelangan Ikan yang biasanya akan ramai di pagi hari. Anda bisa bersaing dengan warga setempat untuk memperoleh hasil tangkapan nelayan ini dengan cara lelang. Harga akhir pelelangan umumnya tidak akan sampai pada tingkat harga yang tinggi, karena para peserta lelang umumnya berbelanja disini untuk dijual kembali.
  Alternatifnya adalah kios-kios warga yang menjajakan seafood segar dalam skala kecil. Disini anda bisa melakukan tawar-menawar untuk memperoleh harga yang paling sesuai dengan kantong anda. Jika jenis seafood yang anda inginkan tidak tersedia di satu penjual, jangan ragu untuk berpindah ke penjual yang lain dan melakukan tawar-menawar. Sambil memilih-milih jenis seafood, pedagang juga akan menawarkan jasa pengolahan seafood tersebut menjadi beraneka jenis masakan sesuai keinginan anda. Warung milik pedagang disini umumnya dapat mengolah seafood segar yang anda beli dengan cara dibakar, digoreng tepung, dimasak dengan saus asam-manis, saus padang atau saus mentega serta berbagai jenis olahan lainnya.
Selain harga seafood yang relatif lebih murah dengan kualitas yang lebih baik, daya tarik lain dari Bojong Salawe adalah suasana pantai yang lebih damai karena lebih sepi pengunjung. Memang pantai ini agak kurang menarik bagi para wisatawan karena fasilitas akomodasi, akses transportasi dan berbagai fasilitas pendukung wisata belum selengkap Pangandaran dan Batu Karas. Meski demikian keindahan pantai yang masih alami dan seafood yang melimpah layak untuk menjadi alasan utama anda untuk singgah disini setelah puas menikmati berbagai objek wisata alam di kecamatan Parigi.
SUMBER: Ardee/IndonesiaKaya

Redaksi
2.541

Berita Terkait

Kuliner Pangandaran
Senin, 04 September 2023 14:00 WIB
Sejarah dan Mengapa Waduk Toba Terpilih Menjadi Google Doodles

Blog kali ini akan membahas sejarah Waduk Toba dan mengungkap Dalih di balik pemilihannya sebagai Google Doodles Lepas 31 Agustus 2024 lalu, serta menjelaskan pentingnya Waduk ini dalam konteks budaya dan geologi Indonesia serta pengakuan Formal dari UNESCO.

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.