Bandung - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan situasi Kota Bandung kondusif pada Selasa malam, malam takbiran Idul Fitri 1440 Hijriah, setelah melakukan pengecekan ke sejumlah titik bersama jajaran Forkopimda Jabar. "Terima kasih kepada jajaran kepolisian yang sudah bersiaga, setelah melakukan pengecekan di titik Gedung Merdeka, Gedung Sate dan Posko Cikapayang, situasi di Bandung Raya dan Insya Allah Jawa Barat secara umum aman dan kondusif," kata Bay di Posko Cikapayang, Bandung, Selasa. di Bandung, Selasa. Bay mengatakan bahwa dari pantauan Polda Jabar, diperkirakan masyarakat akan mulai mengunjungi tempat wisata, seperti Lembang, Ciwidey, Pangalengan dan juga Pangandaran, karena itu petugas tetap bersiaga mulai H+3. Dijelaskan bahwa hal itu memang harus dilakukan.

Karena kegiatan wisata dan arus balik akan terus berlanjut, Bay mengharapkan dan mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memastikan bahwa kendaraan mereka dalam kondisi prima dan pengemudi juga dalam kondisi fit.

"Jika lelah, istirahatlah, jangan berlebihan, kita ada posko di jalan, manfaatkanlah, jangan sampai lelah di jalan," katanya.

Hingga H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah, Bey mengatakan bahwa arus mudik dan balik jauh lebih lancar dibandingkan tahun lalu, termasuk masalah kemacetan. "Kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah merespons imbauan kami untuk membagi perjalanan mudik agar tidak terjadi kepadatan yang sangat tinggi," katanya. Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Eko Iskandar mengungkapkan bahwa pada musim mudik tahun 2024, lalu lintas di Kota Bandung meningkat sekitar 40%. "Kami fokus mengantisipasi pintu-pintu masuk ke Bandung, seperti Pasteur. Kemudian, dari H+3 sampai H+5, kami mewaspadai jalur-jalur wisata seperti Dago, jalur ke Lembang, jalur Cihampelas dan TSM," kata Eko.