JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI tetap memberikan layanan operasional terbatas di banyak unit kerja operasional (UKO) di berbagai kota selama masa libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Andrijanto, Direktur Dana Ritel dan Distribusi BRI, menyatakan bahwa layanan terbatas ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang secara historis selalu meningkat, terutama saat bertransaksi pada masa libur lebaran. "Layanan perbankan digital dan tradisional BRI dirancang untuk memenuhi kebutuhan transaksional masyarakat. Kami selalu tanggap terhadap kebutuhan nasabah, bahkan pada saat libur lebaran sekalipun," kata Andrijanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.
Layanan terbatas ini akan tersedia untuk umum pada tanggal 8, 12, dan 15 April 2024 di 157 unit operasional di seluruh Indonesia. Selain itu, BRI juga menawarkan layanan weekend banking, yang akan berlangsung di 66 unit operasional pada 6-7 April dan 13-14 April 2024.



Untuk memastikan operasional perbankan berjalan optimal, direksi BRI juga melakukan pengecekan langsung operasional layanan libur lebaran.

Di BRI cabang Jakarta Kramat Jati dan BRI cabang Bogor Dewi Sartika, Bapak Andrijanto meninjau langsung operasional. Selain itu, Arga M. Nugraha, Direktur Teknologi Informasi Digital BRI, juga meninjau BRI cabang Jakarta Tanah Abang. Menurut Andrijanto, tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memastikan kehandalan layanan BRI selama periode libur lebaran. Hal ini merupakan bentuk komitmen BRI untuk menjaga kualitas layanannya yang terbatas selama masa libur lebaran, dan juga sebagai bentuk apresiasi kepada para pekerjanya yang tetap melayani nasabah selama masa libur. Dalam kesempatan tersebut, Andrijanto melakukan pengecekan terhadap sejumlah fasilitas pendukung, mulai darikehandalanmesin ATM, ketersediaan uang tunai, buku tabungan, dan lain-lain. BRI memperkirakan aktivitas belanja masyarakat akan meningkat pada Lebaran 2024. Untuk itu, BRI tetap berupaya untuk memastikan dapat memberikan layanan terbaik untuk transaksi keuangan yang diperlukan.

Bapak Andrijanto juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan transaksi perbankan digital yang lebih mudah diakses dan fleksibel, sepertimobile banking BRImo.

Untuk keperluan mudik, masyarakat juga dimudahkan dengan adanya fasilitas isi ulang BRIZZI dan setoran tanpa kartu melalui BRImo. Selain itu, masyarakat dapat mengakses jaringan e-channel yang meliputi total 21.259 ATM dan CRM yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Masyarakat juga dapat menggunakan layanan laku pandai AgenBRILink yang setara dengan 796.000 agen yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Andrijanto. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat mengakses layanan asisten virtual BRI Sabrina melalui chattingdan WhatsApp. Asisten virtual ini memberikan informasi yang dibutuhkan nasabah, seperti lokasi kantor operasional dan ATM BRI, lokasi merchant terdekat dan layanan pengaduan nasabah. Sementara itu, bagi para pengusaha, layanan Qlola Cash Management Service juga tersedia selama periode libur Lebaran. Melalui layanan ini, para pengusaha dapat melakukan berbagai kegiatan operasional dan transaksi perbankan selama masa liburan.