Sebuah serangan teroris di dekat ibu kota Rusia, Moskow, menewaskan sedikitnya 60 orang dan melukai 147 lainnya, kata para pejabat Jumat.

Serangan itu terjadi di Gedung Konser Balai Kota Crocus di Krasnogorsk, sebuah kota yang terletak di sebelah barat ibu kota Rusia.

"Menurut data awal, serangan teroris di kompleks balai Kota Crocus menewaskan 60 orang dan melukai 147 lainnya," kata otoritas investigasi Rusia.

Kementerian Situasi Darurat Rusia melaporkan ledakan dalam serangan terhadap gedung teater, yang menyebabkan kebakaran besar yang menelan 3/1 bangunan.

Media Rusia melaporkan bahwa akibat kebakaran tersebut, sebagian bangunan Balai Kota Crocus runtuh.

Serangan itu terjadi saat grup musik lokal picnic tampil. Grup musik tersebut dilaporkan selamat.

Jaksa mengatakan sekelompok orang tak dikenal tiba-tiba melepaskan tembakan sebelum konser dimulai. Sementara itu, komite investigasi setempat menyatakan insiden tersebut sebagai " serangan teroris."

Lebih dari 100 orang dievakuasi dari gedung dan banyak pengunjung gedung konser lainnya menunggu untuk mengungsi di atap mereka.

Pasukan khusus, polisi, petugas pemadam kebakaran setempat, dan sekitar 50 ambulans segera dikerahkan ke tempat kejadian untuk memulihkan keamanan dan membantu para korban.

Menanggapi serangan itu, pihak berwenang Moskow segera meningkatkan keamanan. Warga kota digeledah sebelum diizinkan masuk ke sejumlah fasilitas umum seperti stasiun kereta bawah tanah.

Ini diikuti oleh laporan bahwa penembak berhasil melarikan diri.

Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin terus menerima informasi terbaru tentang serangan itu.

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev juga meminta untuk mempertimbangkan eksekusi terhadap semua pelaku dan keluarganya.

Gubernur Negara Bagian Moskow Andrey Vorobyov mengumumkan bahwa dia akan membentuk satuan tugas untuk menangani insiden tersebut.

Walikota Moskow Sergey Sobyanin menyatakan belasungkawa atas kematian dan luka-luka dalam serangan teroris tersebut.

"Hari ini, sebuah tragedi mengerikan terjadi di Balai Kota Crocus. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga para korban. Saya juga memerintahkan yang terluka untuk memberikan semua yang mereka butuhkan," kata Sobianin.

Sobyanin juga memerintahkan pembatalan semua acara konser di wilayahnya sepanjang akhir pekan.

Sumber: Anadolu