Garut - Kawasan wisata pantai di Garut, Jawa Barat, diguncang gempa berkekuatan 5,0 skala Richter pada hari Minggu sore dengan pusat gempa di barat daya Pangandaran, namun aktivitas masyarakat dan wisatawan kembali normal. Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Garut AKP Anang Sonjaya mengkonfirmasi pada hari Minggu bahwa gempa tersebut dirasakan oleh beberapa orang di pesisir pantai, tetapi segera aktivitas wisatawan dan masyarakat di pantai kembali normal. "Alhamdulillah aman dan pengunjung normal seperti biasa," katanya.



Dia mengatakan gempa berkekuatan 5,0 SR mengguncang wilayah pantai Garut dan dirasakan sebagian masyarakat.

Selanjutnya, jajaran Satpolairud Polres Garut bersama petugas gabungan lainnya, kata Annan, langsung melakukan pengecekan ke seluruh pos pengamanan pantai di selatan Garut dan hasilnya normal. "Di pos-pos pantau, semuanya normal dan aktivitas mereka tetap berjalan seperti tidak merasakan gempa," katanya.



Dia mengatakan bahwa menjelang liburan Tahun Baru, objek wisata pantai mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat berenang di pantai, karena gelombang pasang dapat terjadi kapan saja dan dapat membahayakan masyarakat di sekitar pantai.

"Saya mengimbau kepada wisatawan untuk selalu mewaspadai gelombang laut saat bermain di pantai yang sewaktu-waktu dapat berubah," katanya.


Sementara itu, lokasi wisata Pantai Pangandaran di Pangandaran yang berada di garis pantai yang sama dengan pantai di Garut dilaporkan aman dan normal setelah gempa. 29
Kepala Satpolairud Polres Pangandaran AKP Sugianto mengatakan bahwa para wisatawan kini mulai memadati area pantai menjelang pergantian tahun.



Aktivitas wisatawan di pantai tersebut terpantau normal meskipun ada gempa sebelumnya, katanya.



www.bmkg.go.idからの公式報告によると、西ジャワ州パンガンダランの南西90kmの深さ50kmの海域で、日曜日11:52WIBにマグニチュード5.0の地殻変動地震が発生した。

Sebelumnya, gempa bumi tektonik berkekuatan 5,5 SR terjadi di Jawa Barat bagian selatan pada hari Kamis pukul 05.43 WIB, dengan episentrum 94KM di lepas pantai barat daya Kabupaten Pangandaran dan kedalaman 41KM. ***3***