Tidak  Seluruh  Manusia  Dapat Beli, Ini Syarat Penerima Subsidi Motor Listrik
Ragam Selasa, 07 Maret 2023 01:01 WIB

Tidak Seluruh Manusia Dapat Beli, Ini Syarat Penerima Subsidi Motor Listrik

Pemerintah Formal memberikan subsidi Buat motor listrik. Rupanya Nir Seluruh masyarakat Indonesia Mampu mendapatkan Donasi pembelian motor listrik.

Dilansir dari oto.detik.com, Donasi pemerintah Buat pembelian sepeda motor listrik Mempunyai kuota, Yaitu 200.000 unit hingga Desember 2023. ketika ini Eksis 3 merek yang masuk dalam syarat Sebab memilik Taraf kandungan lokal dalam negeri (TKDN) di atas 40%, Yaitu Selis, Volta, dan Gesits.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu menjelaskan besaran subsidi diberikan Buat sepeda motor listrik Rp7 juta.

"Pertama merupakan pemberian Donasi pemerintah Buat pembelian kendaraan motor listrik baru, ini Eksis 2 program. Tadi sudah disampaikan pak Menteri. Buat Donasi pemerintah pembelian sepeda motor listrik baru sebesar Rp7 juta. Buat 200 ribu unit di tahun 2023," kata Febrio ketika konferensi pers di Jakarta Pusat, Senin (6/3/2023).

"Motor listrik ini mendapat Donasi pemerintah merupakan yang diproduksi di Indonesia. TKDN sebesar 40% atau lebih. Produsen motor listrik yang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan Nir Meningkatkan harga jual selama Waktu pemberian bantuan, dan berkomitmen memproduksi sepeda motor tersebut," Jernih dia.

Pun demikian Buat konversi motor listrik. Pemerintah memberikan kuota sebanyak 50 ribu hingga akhir tahun 2023.

"Selain itu Donasi pemerintah juga sebesar Rp7 juta per motor diberikan Buat konversi sepeda motor konvensional berbahan bakar fosil menjadi sepeda motor listrik, ini sebanyak 50 ribu di tahun 2023," sambungnya lagi.

Calon Penerima Subsidi Motor Listrik

Nah, soal calon penerima Rupanya Nir Seluruh Kelompok masyarakat Dapat mendapatkan subsidi motor listrik.

"Target pemerintah ini diutamakan UMKM, khususnya penerima KUR, BPUM, dan juga termasuk pelanggan listrik 450-900 VA, hal ini dimaksudkan agar penggunaan motor listrik Buat mendorong produktivitas dan Upaya pelaku UMKM," ungkap Febrio.

"Pedoman Generik dan petunjuk teknis sedang disiapkan detailnya, Bagus Kemenperin maupun ESDM," sambungnya lagi.

Sedangkan soal konversi motor listrik Cuma dibatasi oleh motor berkapasitas 110-150 cc. Lalu Arsip kendaraan atau legalitasnya Tetap sah.

"Poinnya merupakan motor yang legal, STNK dan KTP-nya sama agar Nir disalahgunakan. Andaikata teman-teman Milik motor 2, menerimanya Cuma 1. Biar yang lain kebagian," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Daya dan Sumber Energi Mineral (ESDM) Rida Mulyana dalam Peluang yang sama.

"Bengkelnya harus dikonversi di bengkel yang bersertifikat, dan sertifikat ini sudah dikeluarkan oleh temen-temen Kementerian Perhubungan," jelasnya lagi.

Namun, perlu diketahui Nir Seluruh motor listrik atau pun mobil listrik yang Dapat mendapat bantuan. Pemerintah mensyaratkan Cuma motor dan mobil listrik produksi dalam negeri dengan Taraf Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 40% yang Dapat mendapatkan Donasi tersebut. Langkah mendapatkannya pun mudah, seperti membeli kendaraan baru pada umumnya konsumen Cuma tinggal datang ke dealer Buat melakukan transaksi.

Cara Mendapatkan Subsidi Motor Listrik

Calon konsumen cukup mendatangi dealer motor listrik yang memenuhi persyaratan. Ketika ini pemerintah baru mengumumkan 3 pabrikan, di antaranya: Gesits, Volta, dan Selis. Nantinya dealer akan melakukan Pembuktian dengan memasukkan Angka Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di KTP. Bila dirasa Layak mendapatkan bantuan, maka harga langsung dipotong Rp7 juta di tempat.

"Calon pembeli datang dan dealer akan memeriksa NIK pada KTP di situ nanti akan dilihat apakah Beliau calon pembeli ini, berhak mendapatkan bantuan. Apabila setelah dicek dalam sistem mereka berhak mendapat Donasi maka pembeli akan langsung mendapatkan potongan harga. Dealer menginput Sinkron Mekanisme dan mengajukan klaim Bonus ke bank Himbara," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam konferensi pers Bonus Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, Senin (6/3/2023).

Nantinya produsen akan mendaftarkan jenis kendaraan yang memenuhi persyaratan seperti ditentukan. Lalu deretan kendaraan yang didaftarkan itu akan diverifikasi apa sudah Sinkron dengan ketentuan TKDN dan syarat lainnya. Selanjutnya, produsen juga akan melakukan pendataan dengan dealer Buat mempermudah proses verifikasi.

"Dealership akan melakukan Inspeksi data calon pembeli dan input berkas Buat klaim bantuan," tambah Agus.

Redaksi
275

Berita Terkait

Ragam
Jum'at, 16 Februari 2024 07:04 WIB
Warga Jepang Sudah Mengalami Sexless, Lebih dari 68% Pasutri Tak Kontak Seksual

Sebuah survei terbaru di Jepang menemukan lebih dari 68 persen pasutri di sana sudah tidak lagi melakukan kontak seksual atau 'sexless'. Temuan ini berdasarkan studi yang dilakukan layanan survei Raison d'Etre, yang berbasis di Shinjuku Tokyo.

Ragam
Selasa, 30 Januari 2024 20:34 WIB
Perusahaan Ritel Fashion H&M Akan Tutup 28 Gerai dan PHK Karyawan

Perusahaan ritel pakaian asal Swedia H&M mengumumkan akan menutup 28 toko sekaligus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 588 pegawai di Spanyol. Serikat pekerja menyebut alasan PHK yakni kondisi organisasi, produksi dan ekonomi yang tidak pasti.

Ragam
Senin, 29 Januari 2024 22:36 WIB
Inikah Sebab Selebarasi Makan Pemain Irak Diganjar Kartu Merah

Striker Irak Aymen Hussein diganjar kartu merah gegara selebrasi makan saat melawan Yordania. Momen itu terjadi ketika kedua tim bentrok pada babak 16 Besar Piala Asia 2023 di Khalifa International Stadium, Senin (29/1/2024) malam WIB.

Ragam
Minggu, 28 Januari 2024 18:19 WIB
Pelatih Timnas Australia Ancam Timnas Indonesia Jelang Bentrok di 16 Besar Piala Asia 2023!

PELATIH Timnas Australia, Graham Arnold, mengancam Timnas Indonesia jelang bentrok di 16 besar Piala Asia 2023, Minggu 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Ia mengatakan target Australia di Piala Asia 2023adalah menjadi juara dan itu berarti

Ragam
Senin, 22 Januari 2024 23:43 WIB
Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel dengan Strategi Inovatif dan Praktik Terbaik

Kali ini kita akan membahas beberapa strategi inovatif dan juga prakteknya untuk meningkatkan pendapatan kamar hotel. Persaingan hotel saat ini semakin tinggi, strategi dan praktik terbaik adalah kunci untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan

Ragam
Sabtu, 20 Januari 2024 17:42 WIB
Inilah Penyebab Kenapa Sananta Tak dimainkan STY Saat Lawan Vietnam

Penyebab Ramadhan Sananta absen memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam dan Irak diungkap asisten Shin Tae-yong di skuad Garuda, Nova Arianto. Menurut Nova Arianto, Ramadhan Sananta tidak disertakan karena

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.