Apa yang Harus Dilakukan di Bulan Syakban?
Ragam Jum'at, 24 Februari 2023 01:41 WIB

Apa yang Harus Dilakukan di Bulan Syakban?

Pandemi virus corona menyita Poly perhatian kita beberapa Masa belakangan ini, sampai-sampai kita lupa bahwa bulan Ramadan akan segera tiba, padahal begitu Poly persiapan yang harus kita lakukan Buat menyambutnya, salah satunya merupakan bekal ilmu.

 

Sebelum memasuki bulan Ramadan, Eksis Esa bulan yang sering kita lalaikan, Yaitu bulan Syakban (bulan kedelapan). Bulan Syakban merupakan bulan yang mulia, ia merupakan bulan yang Poly dilalaikan orang, Sebab berada di antara dua bulan yang Akbar Yakni Rajab dan Ramadan, Nir Eksis yang memanfaatkan bulan Syakban sebaik mungkin dengan amal saleh selain Manusia yang diberikan taufik oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

 

Berikut kami rangkum hal-hal yang diperintahkan Buat dilakukan di bulan Syakban:

 

Pertama, persiapan menyambut Ramadan.

Persiapan paling Primer merupakan ILMU DIIN, pengetahuan terkait amaliyah di bulan Ramadan.

 

Sebagian Manusia Eksis yang Hanya Paham Ramadan merupakan saatnya puasa, yang dilakukan merupakan menahan lapar dari terbit fajar Shubuh Tiba tenggelam matahari, Hanya itu saja yang ia tahu. Saatnya sahur, berarti makan sahur, saatnya berbuka, pokoknya berbuka. Bertahun-tahun Cuma diketahui seputar hal itu saja. Sampai-sampai ia Cuma puasa Tetapi Tak menjalankan shalat sama sekali di bulan Ramadan.

 

Selain puasa dari sisi rukun seperti tadi yang kita jalankan, Eksis juga amalan sunnah terkait puasa seperti mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa. Juga Eksis amalan shalat tarawih, membaca Alquran, sedekah, dan hal lainnya.

 

Kedua, memperbanyak puasa sunnah di bulan Syakban.

Kata Aisyah radhiyallahu ‘anha (yang artinya),

 

“Aku Nir pernah sama sekali Menatap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadan. saya pun Nir pernah melirik beliau berpuasa yang lebih Poly daripada berpuasa di bulan Syakban.” (HR. Bukhari, no. 1969 dan Muslim, no. 1156).

 

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah dalam Lathaif Al-Ma’arif mengatakan, “Di antara Misteri kenapa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Poly berpuasa di bulan Syakban Sebab puasa Syakban merupakan ibarat ibadah rawatib (ibadah sunnah yang mengiringi ibadah wajib). Sebagaimana shalat rawatib merupakan shalat yang Mempunyai keutamaan Sebab Beliau mengiringi shalat wajib, sebelum atau sesudahnya, demikianlah puasa Syakban. Sebab puasa di bulan Syakban sangat dekat dengan puasa Ramadan, maka puasa tersebut Mempunyai keutamaan. Dan puasa ini Mampu menyempurnakan puasa wajib di bulan Ramadan.”

 

Ketiga, membayar utang puasa sebelum masuk bulan Ramadan.

Kata Aisyah radhiyallahu ‘anha (yang artinya),

 

“Aku dahulu Milik kewajiban puasa. Saaya tidaklah Dapat membayar utang puasa tersebut kecuali pada bulan Syakban.”  (HR. Bukhari, no. 1950 dan Muslim, no. 1146).

 

Keempat, ulama menganjurkan Buat memperbanyak membaca Alquran sejak bulan Syakban Buat lebih menyemangati membacanya di bulan Ramadan.

Salamah bin Kahiil berbicara (yang artinya),

 

“Dahulu bulan Syakban disebut pula dengan bulan para qurra’ (pembaca Alquran).”

 

Kelima, jauhi amalan yang Tak Eksis tuntunan di bulan Syakban atau menjelang Ramadan seperti:

  • mengkhususkan bulan Syakban Buat kirim doa pada leluhur.

  • mengkhususkan ziarah kubur pada bulan Syakban sebelum masuk Ramadan.

  • padusan atau keramasan sebelum masuk Ramadan. Ini juga Nir perlu dilakukan Sebab Tak Eksis tuntunan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam harus mandi Akbar sebelum masuk Ramadan.

 

Ingatlah!

Abu Bakr Al-Balkhi Berbicara (yang artinya),

 

“Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Syakban saatnya menyiram Flora dan bulan Ramadan saatnya menuai hasil.”

 

Semoga jadi amalan penuh berkah di bulan Syakban dan kita dimudahkan Bertemu dengan bulan penuh berkah, Yaitu bulan Ramadan.

 

 

(Sumber: artikel rumaysho.com)

Redaksi
208

Berita Terkait

Ragam
Selasa, 02 April 2024 12:44 WIB
Shalat Malam Lailatul Qadar Dan Waktunya.

Bulan Ramadan telah memasuki hari ke-20. Pagi ini, umat Muslim akan melaksanakan salat Lailatul Qadar di hari ke-21 Ramadan. Setelah salat, dianjurkan untuk membaca doa malam Lailatul Qadar.

Ragam
Rabu, 13 Maret 2024 22:25 WIB
Ingin Citra Hotel Terjaga? Inilah Strategi Meningkatkan Ulasan Positif dari Tamu Hotel

Saat ini ulasan dari tamu online sangat berpengaruh terhadap penjualan kamar hotel. Jika hotel anda mendapatkan ulasan-ulasan yang positif dari tamu, kemungkinan besar tamu baru lainnya akan mengikuti untuk menginap di hotel anda

Ragam
Selasa, 05 Maret 2024 18:15 WIB
Mau Buat Undangan Syukuran Digital, MohonDatang.com Tempat yang Tepat

Undangan digital untuk syukuran penting karena memungkinkan tuan rumah mencapai audiens lebih luas dengan cepat dan efisien, mengurangi dampak lingkungan dengan menghindari penggunaan kertas, serta membantu perencanaan acara menjadi lebih terorganisir melalui pengiriman pengingat otomatis dan konfirmasi kehadiran secara digital.

Ragam
Minggu, 03 Maret 2024 11:24 WIB
Dear Hotel, Inilah 5 Langkah untuk Meningkatkan Pendapatan Hotel

Saat ini, hotel modern semakin mengandalkan teknologi untuk meningkatkan pendapatannya. Pendekatan yang semakin populer adalah program afiliasi OTA (agen perjalanan online). Program Mitra OTA memungkinkan hotel berkolaborasi dengan mitra online untuk meningkatkan pangsa pasar dan pada akhirnya mengoptimalkan pendapatan

Ragam
Sabtu, 02 Maret 2024 17:26 WIB
Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Digital? Yuk Simak Video Ini

Memulai bisnis digital memerlukan pemahaman yang kuat tentang pasar dan kebutuhan konsumen, serta penguasaan teknologi yang relevan. Langkah pertama adalah melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi peluang dan kebutuhan yang belum terpenuhi.

Ragam
Sabtu, 02 Maret 2024 09:35 WIB
Buat Website Masjid dan Aplikasi Pengelolaan Masjid Gratis di DeMasjid

Menjelang Ramadhan, peran masjid menjadi sangat penting karena menjadi pusat kegiatan masyarakat, lalu seberapa penting masjid memiliki website dan aplikasi masjid? Yuk simak

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.