Apa yang Harus Dilakukan di Bulan Syakban?
Ragam Jum'at, 24 Februari 2023 01:41 WIB

Apa yang Harus Dilakukan di Bulan Syakban?

Pandemi virus corona menyita Poly perhatian kita beberapa Masa belakangan ini, sampai-sampai kita lupa bahwa bulan Ramadan akan segera tiba, padahal begitu Poly persiapan yang harus kita lakukan Buat menyambutnya, salah satunya merupakan bekal ilmu.

 

Sebelum memasuki bulan Ramadan, Eksis Esa bulan yang sering kita lalaikan, Yaitu bulan Syakban (bulan kedelapan). Bulan Syakban merupakan bulan yang mulia, ia merupakan bulan yang Poly dilalaikan orang, Sebab berada di antara dua bulan yang Akbar Yakni Rajab dan Ramadan, Nir Eksis yang memanfaatkan bulan Syakban sebaik mungkin dengan amal saleh selain Manusia yang diberikan taufik oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

 

Berikut kami rangkum hal-hal yang diperintahkan Buat dilakukan di bulan Syakban:

 

Pertama, persiapan menyambut Ramadan.

Persiapan paling Primer merupakan ILMU DIIN, pengetahuan terkait amaliyah di bulan Ramadan.

 

Sebagian Manusia Eksis yang Hanya Paham Ramadan merupakan saatnya puasa, yang dilakukan merupakan menahan lapar dari terbit fajar Shubuh Tiba tenggelam matahari, Hanya itu saja yang ia tahu. Saatnya sahur, berarti makan sahur, saatnya berbuka, pokoknya berbuka. Bertahun-tahun Cuma diketahui seputar hal itu saja. Sampai-sampai ia Cuma puasa Tetapi Tak menjalankan shalat sama sekali di bulan Ramadan.

 

Selain puasa dari sisi rukun seperti tadi yang kita jalankan, Eksis juga amalan sunnah terkait puasa seperti mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa. Juga Eksis amalan shalat tarawih, membaca Alquran, sedekah, dan hal lainnya.

 

Kedua, memperbanyak puasa sunnah di bulan Syakban.

Kata Aisyah radhiyallahu ‘anha (yang artinya),

 

“Aku Nir pernah sama sekali Menatap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadan. saya pun Nir pernah melirik beliau berpuasa yang lebih Poly daripada berpuasa di bulan Syakban.” (HR. Bukhari, no. 1969 dan Muslim, no. 1156).

 

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah dalam Lathaif Al-Ma’arif mengatakan, “Di antara Misteri kenapa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Poly berpuasa di bulan Syakban Sebab puasa Syakban merupakan ibarat ibadah rawatib (ibadah sunnah yang mengiringi ibadah wajib). Sebagaimana shalat rawatib merupakan shalat yang Mempunyai keutamaan Sebab Beliau mengiringi shalat wajib, sebelum atau sesudahnya, demikianlah puasa Syakban. Sebab puasa di bulan Syakban sangat dekat dengan puasa Ramadan, maka puasa tersebut Mempunyai keutamaan. Dan puasa ini Mampu menyempurnakan puasa wajib di bulan Ramadan.”

 

Ketiga, membayar utang puasa sebelum masuk bulan Ramadan.

Kata Aisyah radhiyallahu ‘anha (yang artinya),

 

“Aku dahulu Milik kewajiban puasa. Saaya tidaklah Dapat membayar utang puasa tersebut kecuali pada bulan Syakban.”  (HR. Bukhari, no. 1950 dan Muslim, no. 1146).

 

Keempat, ulama menganjurkan Buat memperbanyak membaca Alquran sejak bulan Syakban Buat lebih menyemangati membacanya di bulan Ramadan.

Salamah bin Kahiil berbicara (yang artinya),

 

“Dahulu bulan Syakban disebut pula dengan bulan para qurra’ (pembaca Alquran).”

 

Kelima, jauhi amalan yang Tak Eksis tuntunan di bulan Syakban atau menjelang Ramadan seperti:

  • mengkhususkan bulan Syakban Buat kirim doa pada leluhur.

  • mengkhususkan ziarah kubur pada bulan Syakban sebelum masuk Ramadan.

  • padusan atau keramasan sebelum masuk Ramadan. Ini juga Nir perlu dilakukan Sebab Tak Eksis tuntunan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam harus mandi Akbar sebelum masuk Ramadan.

 

Ingatlah!

Abu Bakr Al-Balkhi Berbicara (yang artinya),

 

“Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Syakban saatnya menyiram Flora dan bulan Ramadan saatnya menuai hasil.”

 

Semoga jadi amalan penuh berkah di bulan Syakban dan kita dimudahkan Bertemu dengan bulan penuh berkah, Yaitu bulan Ramadan.

 

 

(Sumber: artikel rumaysho.com)

Redaksi
173

Berita Terkait

Ragam
Jum'at, 16 Februari 2024 07:04 WIB
Warga Jepang Sudah Mengalami Sexless, Lebih dari 68% Pasutri Tak Kontak Seksual

Sebuah survei terbaru di Jepang menemukan lebih dari 68 persen pasutri di sana sudah tidak lagi melakukan kontak seksual atau 'sexless'. Temuan ini berdasarkan studi yang dilakukan layanan survei Raison d'Etre, yang berbasis di Shinjuku Tokyo.

Ragam
Selasa, 30 Januari 2024 20:34 WIB
Perusahaan Ritel Fashion H&M Akan Tutup 28 Gerai dan PHK Karyawan

Perusahaan ritel pakaian asal Swedia H&M mengumumkan akan menutup 28 toko sekaligus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 588 pegawai di Spanyol. Serikat pekerja menyebut alasan PHK yakni kondisi organisasi, produksi dan ekonomi yang tidak pasti.

Ragam
Senin, 29 Januari 2024 22:36 WIB
Inikah Sebab Selebarasi Makan Pemain Irak Diganjar Kartu Merah

Striker Irak Aymen Hussein diganjar kartu merah gegara selebrasi makan saat melawan Yordania. Momen itu terjadi ketika kedua tim bentrok pada babak 16 Besar Piala Asia 2023 di Khalifa International Stadium, Senin (29/1/2024) malam WIB.

Ragam
Minggu, 28 Januari 2024 18:19 WIB
Pelatih Timnas Australia Ancam Timnas Indonesia Jelang Bentrok di 16 Besar Piala Asia 2023!

PELATIH Timnas Australia, Graham Arnold, mengancam Timnas Indonesia jelang bentrok di 16 besar Piala Asia 2023, Minggu 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Ia mengatakan target Australia di Piala Asia 2023adalah menjadi juara dan itu berarti

Ragam
Senin, 22 Januari 2024 23:43 WIB
Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel dengan Strategi Inovatif dan Praktik Terbaik

Kali ini kita akan membahas beberapa strategi inovatif dan juga prakteknya untuk meningkatkan pendapatan kamar hotel. Persaingan hotel saat ini semakin tinggi, strategi dan praktik terbaik adalah kunci untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan

Ragam
Sabtu, 20 Januari 2024 17:42 WIB
Inilah Penyebab Kenapa Sananta Tak dimainkan STY Saat Lawan Vietnam

Penyebab Ramadhan Sananta absen memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam dan Irak diungkap asisten Shin Tae-yong di skuad Garuda, Nova Arianto. Menurut Nova Arianto, Ramadhan Sananta tidak disertakan karena

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.