Apa yang Harus Dilakukan di Bulan Syakban?
Ragam Jum'at, 24 Februari 2023 01:41 WIB

Apa yang Harus Dilakukan di Bulan Syakban?

Pandemi virus corona menyita Poly perhatian kita beberapa Masa belakangan ini, sampai-sampai kita lupa bahwa bulan Ramadan akan segera tiba, padahal begitu Poly persiapan yang harus kita lakukan Buat menyambutnya, salah satunya merupakan bekal ilmu.

 

Sebelum memasuki bulan Ramadan, Eksis Esa bulan yang sering kita lalaikan, Yaitu bulan Syakban (bulan kedelapan). Bulan Syakban merupakan bulan yang mulia, ia merupakan bulan yang Poly dilalaikan orang, Sebab berada di antara dua bulan yang Akbar Yakni Rajab dan Ramadan, Nir Eksis yang memanfaatkan bulan Syakban sebaik mungkin dengan amal saleh selain Manusia yang diberikan taufik oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

 

Berikut kami rangkum hal-hal yang diperintahkan Buat dilakukan di bulan Syakban:

 

Pertama, persiapan menyambut Ramadan.

Persiapan paling Primer merupakan ILMU DIIN, pengetahuan terkait amaliyah di bulan Ramadan.

 

Sebagian Manusia Eksis yang Hanya Paham Ramadan merupakan saatnya puasa, yang dilakukan merupakan menahan lapar dari terbit fajar Shubuh Tiba tenggelam matahari, Hanya itu saja yang ia tahu. Saatnya sahur, berarti makan sahur, saatnya berbuka, pokoknya berbuka. Bertahun-tahun Cuma diketahui seputar hal itu saja. Sampai-sampai ia Cuma puasa Tetapi Tak menjalankan shalat sama sekali di bulan Ramadan.

 

Selain puasa dari sisi rukun seperti tadi yang kita jalankan, Eksis juga amalan sunnah terkait puasa seperti mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa. Juga Eksis amalan shalat tarawih, membaca Alquran, sedekah, dan hal lainnya.

 

Kedua, memperbanyak puasa sunnah di bulan Syakban.

Kata Aisyah radhiyallahu ‘anha (yang artinya),

 

“Aku Nir pernah sama sekali Menatap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadan. saya pun Nir pernah melirik beliau berpuasa yang lebih Poly daripada berpuasa di bulan Syakban.” (HR. Bukhari, no. 1969 dan Muslim, no. 1156).

 

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah dalam Lathaif Al-Ma’arif mengatakan, “Di antara Misteri kenapa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Poly berpuasa di bulan Syakban Sebab puasa Syakban merupakan ibarat ibadah rawatib (ibadah sunnah yang mengiringi ibadah wajib). Sebagaimana shalat rawatib merupakan shalat yang Mempunyai keutamaan Sebab Beliau mengiringi shalat wajib, sebelum atau sesudahnya, demikianlah puasa Syakban. Sebab puasa di bulan Syakban sangat dekat dengan puasa Ramadan, maka puasa tersebut Mempunyai keutamaan. Dan puasa ini Mampu menyempurnakan puasa wajib di bulan Ramadan.”

 

Ketiga, membayar utang puasa sebelum masuk bulan Ramadan.

Kata Aisyah radhiyallahu ‘anha (yang artinya),

 

“Aku dahulu Milik kewajiban puasa. Saaya tidaklah Dapat membayar utang puasa tersebut kecuali pada bulan Syakban.”  (HR. Bukhari, no. 1950 dan Muslim, no. 1146).

 

Keempat, ulama menganjurkan Buat memperbanyak membaca Alquran sejak bulan Syakban Buat lebih menyemangati membacanya di bulan Ramadan.

Salamah bin Kahiil berbicara (yang artinya),

 

“Dahulu bulan Syakban disebut pula dengan bulan para qurra’ (pembaca Alquran).”

 

Kelima, jauhi amalan yang Tak Eksis tuntunan di bulan Syakban atau menjelang Ramadan seperti:

  • mengkhususkan bulan Syakban Buat kirim doa pada leluhur.

  • mengkhususkan ziarah kubur pada bulan Syakban sebelum masuk Ramadan.

  • padusan atau keramasan sebelum masuk Ramadan. Ini juga Nir perlu dilakukan Sebab Tak Eksis tuntunan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam harus mandi Akbar sebelum masuk Ramadan.

 

Ingatlah!

Abu Bakr Al-Balkhi Berbicara (yang artinya),

 

“Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Syakban saatnya menyiram Flora dan bulan Ramadan saatnya menuai hasil.”

 

Semoga jadi amalan penuh berkah di bulan Syakban dan kita dimudahkan Bertemu dengan bulan penuh berkah, Yaitu bulan Ramadan.

 

 

(Sumber: artikel rumaysho.com)

Redaksi
283

Berita Terkait

Ragam
Senin, 22 Juli 2024 09:48 WIB
3 Ide Produk Digital Selain Ebook Yang Perlu Anda Coba

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, peluang bisnis produk digital semakin luas dan menjanjikan. Produk digital, seperti e-book, aplikasi, kursus online, dan layanan berbasis cloud, telah merevolusi cara kita berinteraksi, belajar, dan bekerja

Ragam
Sabtu, 20 Juli 2024 13:54 WIB
Lynk.ID, Tempat Jualan Produk Digital Untuk Para Konten Kreator

Lynk.id adalah platform yang menyediakan layanan pembuatan halaman web instan yang dapat digunakan untuk menjual produk digital, melakukan panggilan video, mengadakan acara, dan berbagi tautan melalui media sosial.

Ragam
Kamis, 18 Juli 2024 11:17 WIB
Tips Praktis Memulai Usaha Sendiri di Rumah bagi Pemula

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mencapai kesuksesan, termasuk dalam dunia bisnis. Memulai usaha sendiri di rumah menjadi pilihan banyak orang karena berbagai keuntungannya, seperti fleksibilitas waktu, biaya operasional yang rendah, dan kesempatan bekerja sesuai passion. Namun, untuk mewujudkannya diperlukan persiapan yang matang.

Ragam
Senin, 15 Juli 2024 10:36 WIB
Bingung Cari Undangan Digital yang Mudah dan Murah? Ayo Gunakan DiAqiqah.Com untuk Buat Undangan Aqiqah Online!

Apakah Anda sedang merencanakan acara aqiqah untuk si buah hati tercinta? Di zaman teknologi yang semakin canggih ini, kini Anda bisa membuat undangan aqiqah dengan lebih mudah dan praktis. Kami dengan bangga memperkenalkan DiAqiqah.Com, solusi terbaik untuk mengirimkan undangan aqiqah secara online.

Ragam
Sabtu, 13 Juli 2024 07:04 WIB
Bergabunglah dengan DeMasjid.Com untuk Pengelolaan Masjid yang Lebih Mudah dan Efektif!

Apakah Anda merasa kesulitan dalam mengelola kegiatan dan administrasi masjid Anda? Ingin meningkatkan partisipasi jamaah dan mempermudah komunikasi antar pengurus? DeMasjid.Com hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi pengelolaan masjid yang lebih efisien dan terstruktur.

Ragam
Rabu, 03 Juli 2024 15:24 WIB
Berapa Biaya Umroh 2024 Beserta Rinciannya?

Informasi mengenai biaya umroh 2024 banyak dicari oleh masyarakat yang ingin beribadah ke Tanah Suci. Umroh adalah ibadah sunah yang dilakukan jika mampu, baik secara fisik maupun finansial.

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.