Apa itu Asam Folat? Dan Apa Manfaatnya untuk Ibu Hamil
Ragam Rabu, 06 Desember 2023 05:14 WIB

Apa itu Asam Folat? Dan Apa Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Apa itu Asam Folat?

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9 yang juga dikenal sebagai folat. Ini adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk fungsi yang sehat. Asam folat adalah zat yang larut dalam air dan merupakan salah satu dari delapan vitamin B kompleks.

Fungsi utama asam folat adalah untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah, memelihara kesehatan kulit, membantu dalam sintesis dan perbaikan DNA, serta mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh yang normal. Ini sangat penting bagi wanita hamil karena asam folat membantu dalam perkembangan sistem saraf pada janin dan mencegah cacat tabung saraf.

Asam folat juga berperan penting dalam proses pembentukan asam amino dan pembentukan zat kimia dalam otak yang dikenal sebagai neurotransmitter. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik (jenis anemia yang ditandai dengan sel darah merah yang besar dan kurang matang), gangguan pada sistem saraf, serta masalah kesehatan lainnya.

Makanan yang kaya akan asam folat termasuk sayuran berdaun hijau (seperti bayam, brokoli, kale), kacang-kacangan (misalnya kacang polong, kacang kedelai, kacang hitam), buah-buahan (seperti jeruk, pisang, stroberi), biji-bijian, serta roti atau sereal yang diperkaya dengan asam folat.

Suplemen asam folat juga sering direkomendasikan, terutama bagi wanita yang sedang hamil atau yang merencanakan kehamilan, untuk memastikan asupan yang cukup demi kesehatan ibu dan perkembangan janin yang optimal.

Apa Manfaat Asam Folat

Asam folat atau folat adalah jenis vitamin B yang penting untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Manfaat utama asam folat bagi ibu hamil meliputi:

  1. Pencegahan cacat tabung saraf pada janin: Asam folat membantu mencegah risiko terjadinya cacat tabung saraf pada janin, seperti spina bifida. Konsumsi yang cukup asam folat sebelum dan pada awal kehamilan dapat membantu mengurangi risiko kelahiran bayi dengan cacat tabung saraf.

  2. Pertumbuhan dan perkembangan janin: Asam folat mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh serta jaringan janin. Ini sangat penting terutama dalam pembentukan sistem saraf janin.

  3. Mencegah anemia: Asam folat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Selama kehamilan, volume darah ibu meningkat, dan asam folat membantu memastikan tubuh memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

  4. Pencegahan komplikasi kehamilan: Konsumsi asam folat yang cukup juga dapat membantu mencegah komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dan pertumbuhan janin yang terhambat.

Rekomendasi umum adalah bahwa wanita yang berencana hamil atau sedang hamil sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat sekitar 400 mikrogram sehari. Beberapa sumber makanan yang kaya akan asam folat meliputi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, jeruk, buah-buahan beri, biji-bijian, serta roti atau sereal yang diperkaya dengan asam folat.

Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terkait sebelum mengonsumsi suplemen asam folat atau membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama selama masa kehamilan.

Redaksi
86

Berita Terkait

Ragam
Jum'at, 16 Februari 2024 07:04 WIB
Warga Jepang Sudah Mengalami Sexless, Lebih dari 68% Pasutri Tak Kontak Seksual

Sebuah survei terbaru di Jepang menemukan lebih dari 68 persen pasutri di sana sudah tidak lagi melakukan kontak seksual atau 'sexless'. Temuan ini berdasarkan studi yang dilakukan layanan survei Raison d'Etre, yang berbasis di Shinjuku Tokyo.

Ragam
Selasa, 30 Januari 2024 20:34 WIB
Perusahaan Ritel Fashion H&M Akan Tutup 28 Gerai dan PHK Karyawan

Perusahaan ritel pakaian asal Swedia H&M mengumumkan akan menutup 28 toko sekaligus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 588 pegawai di Spanyol. Serikat pekerja menyebut alasan PHK yakni kondisi organisasi, produksi dan ekonomi yang tidak pasti.

Ragam
Senin, 29 Januari 2024 22:36 WIB
Inikah Sebab Selebarasi Makan Pemain Irak Diganjar Kartu Merah

Striker Irak Aymen Hussein diganjar kartu merah gegara selebrasi makan saat melawan Yordania. Momen itu terjadi ketika kedua tim bentrok pada babak 16 Besar Piala Asia 2023 di Khalifa International Stadium, Senin (29/1/2024) malam WIB.

Ragam
Minggu, 28 Januari 2024 18:19 WIB
Pelatih Timnas Australia Ancam Timnas Indonesia Jelang Bentrok di 16 Besar Piala Asia 2023!

PELATIH Timnas Australia, Graham Arnold, mengancam Timnas Indonesia jelang bentrok di 16 besar Piala Asia 2023, Minggu 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Ia mengatakan target Australia di Piala Asia 2023adalah menjadi juara dan itu berarti

Ragam
Senin, 22 Januari 2024 23:43 WIB
Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel dengan Strategi Inovatif dan Praktik Terbaik

Kali ini kita akan membahas beberapa strategi inovatif dan juga prakteknya untuk meningkatkan pendapatan kamar hotel. Persaingan hotel saat ini semakin tinggi, strategi dan praktik terbaik adalah kunci untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan

Ragam
Sabtu, 20 Januari 2024 17:42 WIB
Inilah Penyebab Kenapa Sananta Tak dimainkan STY Saat Lawan Vietnam

Penyebab Ramadhan Sananta absen memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam dan Irak diungkap asisten Shin Tae-yong di skuad Garuda, Nova Arianto. Menurut Nova Arianto, Ramadhan Sananta tidak disertakan karena

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.