Apa itu Asam Folat? Dan Apa Manfaatnya untuk Ibu Hamil
Ragam Rabu, 06 Desember 2023 05:14 WIB

Apa itu Asam Folat? Dan Apa Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Apa itu Asam Folat?

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9 yang juga dikenal sebagai folat. Ini adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk fungsi yang sehat. Asam folat adalah zat yang larut dalam air dan merupakan salah satu dari delapan vitamin B kompleks.

Fungsi utama asam folat adalah untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah, memelihara kesehatan kulit, membantu dalam sintesis dan perbaikan DNA, serta mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh yang normal. Ini sangat penting bagi wanita hamil karena asam folat membantu dalam perkembangan sistem saraf pada janin dan mencegah cacat tabung saraf.

Asam folat juga berperan penting dalam proses pembentukan asam amino dan pembentukan zat kimia dalam otak yang dikenal sebagai neurotransmitter. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik (jenis anemia yang ditandai dengan sel darah merah yang besar dan kurang matang), gangguan pada sistem saraf, serta masalah kesehatan lainnya.

Makanan yang kaya akan asam folat termasuk sayuran berdaun hijau (seperti bayam, brokoli, kale), kacang-kacangan (misalnya kacang polong, kacang kedelai, kacang hitam), buah-buahan (seperti jeruk, pisang, stroberi), biji-bijian, serta roti atau sereal yang diperkaya dengan asam folat.

Suplemen asam folat juga sering direkomendasikan, terutama bagi wanita yang sedang hamil atau yang merencanakan kehamilan, untuk memastikan asupan yang cukup demi kesehatan ibu dan perkembangan janin yang optimal.

Apa Manfaat Asam Folat

Asam folat atau folat adalah jenis vitamin B yang penting untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Manfaat utama asam folat bagi ibu hamil meliputi:

  1. Pencegahan cacat tabung saraf pada janin: Asam folat membantu mencegah risiko terjadinya cacat tabung saraf pada janin, seperti spina bifida. Konsumsi yang cukup asam folat sebelum dan pada awal kehamilan dapat membantu mengurangi risiko kelahiran bayi dengan cacat tabung saraf.

  2. Pertumbuhan dan perkembangan janin: Asam folat mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh serta jaringan janin. Ini sangat penting terutama dalam pembentukan sistem saraf janin.

  3. Mencegah anemia: Asam folat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Selama kehamilan, volume darah ibu meningkat, dan asam folat membantu memastikan tubuh memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

  4. Pencegahan komplikasi kehamilan: Konsumsi asam folat yang cukup juga dapat membantu mencegah komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dan pertumbuhan janin yang terhambat.

Rekomendasi umum adalah bahwa wanita yang berencana hamil atau sedang hamil sebaiknya mengonsumsi suplemen asam folat sekitar 400 mikrogram sehari. Beberapa sumber makanan yang kaya akan asam folat meliputi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, jeruk, buah-buahan beri, biji-bijian, serta roti atau sereal yang diperkaya dengan asam folat.

Namun, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terkait sebelum mengonsumsi suplemen asam folat atau membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama selama masa kehamilan.

Redaksi
137

Berita Terkait

Ragam
Minggu, 28 April 2024 07:00 WIB
Ansania Hijab, Hijab Sejuta Umat Pilihan Anak Sekolah Hingga Selebritis

Apakah anda pernah mendengar nama brand hijab Ansania? atau pernah melihat kerudung dengan nama produk Saudia Ansania? ya Brand hijab asal Bandung memang menjadi pilihan banyak kalangan, dari anak sekolah hingga kalangan Artis.

Ragam
Selasa, 23 April 2024 15:37 WIB
Buat Undangan Khitanan Digital dengan Mudah Hanya di Khitanan.id!

Di era serba digital dan online ini, Anda tidak perlu lagi membagikan undangan kertas untuk menyampaikan undangan acara yang akan Anda laksanakan. Anda bisa membuat undangan online dengan mudah. Undangan Khitanan Online dikemas dalam bentuk web dengan desain yang kreatif serta fitur yang menarik.

Ragam
Selasa, 02 April 2024 12:44 WIB
Shalat Malam Lailatul Qadar Dan Waktunya.

Bulan Ramadan telah memasuki hari ke-20. Pagi ini, umat Muslim akan melaksanakan salat Lailatul Qadar di hari ke-21 Ramadan. Setelah salat, dianjurkan untuk membaca doa malam Lailatul Qadar.

Ragam
Rabu, 13 Maret 2024 22:25 WIB
Ingin Citra Hotel Terjaga? Inilah Strategi Meningkatkan Ulasan Positif dari Tamu Hotel

Saat ini ulasan dari tamu online sangat berpengaruh terhadap penjualan kamar hotel. Jika hotel anda mendapatkan ulasan-ulasan yang positif dari tamu, kemungkinan besar tamu baru lainnya akan mengikuti untuk menginap di hotel anda

Ragam
Selasa, 05 Maret 2024 18:15 WIB
Mau Buat Undangan Syukuran Digital, MohonDatang.com Tempat yang Tepat

Undangan digital untuk syukuran penting karena memungkinkan tuan rumah mencapai audiens lebih luas dengan cepat dan efisien, mengurangi dampak lingkungan dengan menghindari penggunaan kertas, serta membantu perencanaan acara menjadi lebih terorganisir melalui pengiriman pengingat otomatis dan konfirmasi kehadiran secara digital.

Ragam
Minggu, 03 Maret 2024 11:24 WIB
Dear Hotel, Inilah 5 Langkah untuk Meningkatkan Pendapatan Hotel

Saat ini, hotel modern semakin mengandalkan teknologi untuk meningkatkan pendapatannya. Pendekatan yang semakin populer adalah program afiliasi OTA (agen perjalanan online). Program Mitra OTA memungkinkan hotel berkolaborasi dengan mitra online untuk meningkatkan pangsa pasar dan pada akhirnya mengoptimalkan pendapatan

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.