14 Menu Buka Puasa Khas Indonesia Paling Populer, yang Mana Favoritmu?
Ragam Senin, 27 Maret 2023 04:06 WIB

14 Menu Buka Puasa Khas Indonesia Paling Populer, yang Mana Favoritmu?

Ramadhan tiba, ramadhan tiba.. MaaSyaa Allah bulan yang penuh berkah ini tentu sangat dinantikan Semua umat Muslim di Indonesia maupun di Semua dunia.

 

Tentunya Kamu ingat Majemuk menu buka puasa yang khas di Indonesia dan selalu Eksis Nyaris di setiap meja makan Saat adzan maghrib berkumandang. 

 

Berikut ini lezatnya 14 menu khas buka puasa yang Indonesia banget! Adakah yang jadi menu buka puasa favoritmu?

 

1. Kolak

Berbuka puasa lah dengan yang manis-manis. Nah, selain iklan sirup, kolak merupakan salah Esa jenis Masakan buka puasa yang hadir sebagai penanda datangnya bulan Ramadhan. Di Indonesia, minuman bersantan ini Mempunyai berbagai varian isi. Kolak pisang, singkong dan nangka juga Dapat jadi variasinya lho. Hm, Lezat disantap Saat hangat!

 

2. Es Pisang Ijo

Kuliner buka puasa dari Makassar ini sangat mudah Kamu temukan di Semua Indonesia. Kesegaran yang dihadirkan oleh es pisang ijo ini. Pastinya bikin Daya prima kembali!

 

3. Es Buah

Mau di rumah, pasar, atau di kantor, es buah selalu hadir menjadi menu buka puasa Terkenal favorit Ketika bulan puasa. Potongan buah segar, dipadu dengan sirup, susu, dan juga serutan es memang segar dan menggugah selera ya.

 

4. Gorengan

Nah, Andaikata menu yang Esa ini memang selalu jadi menu makanan andalan masyarakat Indonesia. Selain harganya yang merakyat, rasanya juga beraneka Rupa nisa pilih Sinkron selera.  Bersanding dengan jajanan pasar lainnya seperti lontong dan lemper, gorengan sukses menjadi salah Esa menu buka puasa Terkenal yang Niscaya akan ludes seketika. 

 

5. Es Cendol

Cendol merupakan nama yang Terkenal di wilayah Jawa Barat. Sedangkan di area Jawa Tengah, menu ini lebih dikenal dengan Julukan es dawet. Kamu pastinya Tidak akan kesulitan menemukan penjual menu es ini ketika bulan Ramadhan.

 

6. Es Teler

Hampir mirip dengan es buah, es teler Mempunyai Karakteristik berupa penggunaan potongan buah alpukat di dalamnya. Selain itu di dalam es teler, Kamu juga biasanya akan menemukan kelapa muda, nangka, dan pemanis yang menggunakan sirup atau gula cair.

 

7. Es Kelapa Muda

Bisa dibilang es kelapa muda merupakan menu yang sederhana tapi Dapat mengobati haus yang Kamu rasakan setelah sehari penuh berpuasa. Apalagi, buah ini juga Populer Poly manfaatnya, seperti menggantikan cairan tubuh, membersihkan racun, hingga menyehatkan kulit.

 

8. Kurma

Kalau yang Esa ini Nyaris selalu Eksis di mana pun Kamu berada. Buah yang berasal dari Timur Lagi ini selalu menghiasi di bulan Ramadhan. Rasanya yang manis memproduksi buah ini cocok Buat berbuka puasa. Ditemani dengan segelas air putih sudah Dapat Membikin badan segar kembali. Sebelum makan berat setelah puasa juga dianjurkan makan kurma dengan jumlah ganjil, lho.

 

9. Es Blewah 

Es blewah atau es timun suri juga menjadi salah Esa menu yang Dapat Kamu temui di bulan Ramadhan. Aromanya yang semerbak dengan rasa manis dan segar buah Esa ini, memang Kampiun Buat berbuka puasa. Apalagi Kalau ditambah sirup manis, Dahaga dan Haus langsung sirna!

 

10. Kolang Kaling

Makanan yang berasal dari biji buah aren ini memang sudah Populer Buat Majemuk campuran makanan atau minuman. Kamu Dapat dengan mudah menemukan menu olahan dari kolang-kaling di bulan Ramadhan. Selain segar, Rupanya buah Esa ini juga Poly manfaat seperti memperlancar sistem pencernaan, dan anti aging.

 

11. Bubur Candil

Sebelum Memandang menu makanan berat, Saat puasa tentu Kamu Mau mencicipi beberapa menu hangat sebagai pembuka. Eksis nih bubur candil, bubur yang bahan utamanya bola-bola ketan ini memang mudah sekali dicerna dan menghangatkan perut. Rasa manis dari gula merah, dicampur dengan gurihnya santan hangat sangat menggugah selera.

 

12. Aneka Sayur Rumahan

Ketika bulan Ramadhan tiba, setiap sore menjelang berbuka, tentu Kamu akan Poly menemukan pedagang dadakan yang menjajakan aneka sayur Masak beserta lauk dan cemilannya.

 

13. Es Campur

Menu buka puasa khas Indonesia selanjutnya Nir jauh dari aneka Rupa es, layaknya es campur. Seperti namanya, es segar ini Mempunyai Poly isian seperti agar-agar, buah-buahan, kolang-kaling hingga biji selasih.

 

14. Es Sirup

Tanda bulan puasa akan Sampai di Indonesia juga identik dengan munculnya berbagai iklan sirup. Pastinya segelas es sirup dingin dengan Rona menarik memang Tepat Buat menghilangkan rasa dahaga dan haus selepas berpuasa seharian. 

 

 

Itulah 14 menu buka puasa khas Indonesia yang Terkenal dan selalu Eksis di bulan Ramadhan. Tentunya, Kamu sudah menguji semuanya bukan? kiranya Buat buka puasa hari ini, Kamu Mau berbuka dengan yang mana nih?

Redaksi
262

Berita Terkait

Ragam
Jum'at, 16 Februari 2024 07:04 WIB
Warga Jepang Sudah Mengalami Sexless, Lebih dari 68% Pasutri Tak Kontak Seksual

Sebuah survei terbaru di Jepang menemukan lebih dari 68 persen pasutri di sana sudah tidak lagi melakukan kontak seksual atau 'sexless'. Temuan ini berdasarkan studi yang dilakukan layanan survei Raison d'Etre, yang berbasis di Shinjuku Tokyo.

Ragam
Selasa, 30 Januari 2024 20:34 WIB
Perusahaan Ritel Fashion H&M Akan Tutup 28 Gerai dan PHK Karyawan

Perusahaan ritel pakaian asal Swedia H&M mengumumkan akan menutup 28 toko sekaligus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 588 pegawai di Spanyol. Serikat pekerja menyebut alasan PHK yakni kondisi organisasi, produksi dan ekonomi yang tidak pasti.

Ragam
Senin, 29 Januari 2024 22:36 WIB
Inikah Sebab Selebarasi Makan Pemain Irak Diganjar Kartu Merah

Striker Irak Aymen Hussein diganjar kartu merah gegara selebrasi makan saat melawan Yordania. Momen itu terjadi ketika kedua tim bentrok pada babak 16 Besar Piala Asia 2023 di Khalifa International Stadium, Senin (29/1/2024) malam WIB.

Ragam
Minggu, 28 Januari 2024 18:19 WIB
Pelatih Timnas Australia Ancam Timnas Indonesia Jelang Bentrok di 16 Besar Piala Asia 2023!

PELATIH Timnas Australia, Graham Arnold, mengancam Timnas Indonesia jelang bentrok di 16 besar Piala Asia 2023, Minggu 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. Ia mengatakan target Australia di Piala Asia 2023adalah menjadi juara dan itu berarti

Ragam
Senin, 22 Januari 2024 23:43 WIB
Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel dengan Strategi Inovatif dan Praktik Terbaik

Kali ini kita akan membahas beberapa strategi inovatif dan juga prakteknya untuk meningkatkan pendapatan kamar hotel. Persaingan hotel saat ini semakin tinggi, strategi dan praktik terbaik adalah kunci untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan

Ragam
Sabtu, 20 Januari 2024 17:42 WIB
Inilah Penyebab Kenapa Sananta Tak dimainkan STY Saat Lawan Vietnam

Penyebab Ramadhan Sananta absen memperkuat Timnas Indonesia melawan Vietnam dan Irak diungkap asisten Shin Tae-yong di skuad Garuda, Nova Arianto. Menurut Nova Arianto, Ramadhan Sananta tidak disertakan karena

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.