Resep Bika Ambon  Enak dan Empuk Anti Gagal
Ragam Senin, 20 Maret 2023 02:33 WIB

Resep Bika Ambon Enak dan Empuk Anti Gagal

Bika ambon merupakan kue khas Medan, Wujud kuenya berongga dan berwarna kuning.

Bika ambon cocok dijadikan sebagai hidangan hangat keluarga istimewa, Langkah membuatnya pun cukup mudah dengan bahan yang sederhana.

Bika ambon dibuat dari bahan seperti gula pasir, tepung sagu, santan kental, daun jeruk, daun pandan, kuning telur, ragi, dan tepung terigu.

 

Simak resep bika ambon yang empuk, dikutip dari Kitab "Cake Nusantara" (2013) karya Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Resep Bika Ambon

 

  • Bahan:

175 gram gula pasir

100 gram tepung sagu kualitas baik

10 kuning telur

2 putih telur

Minyak goreng secukupnya Buat olesan

 

  • Rebus dan biarkan dingin:

200 ml santan kental

1 lembar daun pandan

2 lembar daun jeruk

 

  • Biang:

1/2 sdt ragi instan

50 gram tepung terigu

50 ml air

 

Cara Membikin bika ambon:

 

  1. Biang: Kombinasi Seluruh bahan menjadi satu, aduk rata. Diamkan selama 15 menit hingga mengembang. Sisihkan.

  2. Kocok telur dan gula hingga putih dan mengental. Masukkan tepung sagu dan santan secara bergantian Sembari diaduk hingga rata.

  3. Tambahkan adonan biang, aduk hingga tercampur rata. Katup adonan dengan serbet dan diamkan selama 10 jam.

  4. Siapkan cetakan kecil-kecil yang telah diolesi minyak. Letakkan dan susun di atas panggangan yang berisi pasir. Biarkan hingga panas.

  5. Aduk adonan, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah dipanaskan terlebih dahulu hingga Suara mendesis.  Katup panggangan dengan penutup berlubang hingga kue berlubang-lubang dan matang. Angkat.

  6. Panggang kembali menggunakan api atas hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan biarkan agak dingin.

  7. Keluarkan dari cetakan, hidangkan.

 

Itulah resep memproduksi bika ambon Enak dan empuk anti gagal. Yuk coba resepnya dan sajikan sebagai hidangan hangat keluarga di hari raya. Selamat mencoba!

Redaksi
147

Berita Terkait

Ragam
Selasa, 02 April 2024 12:44 WIB
Shalat Malam Lailatul Qadar Dan Waktunya.

Bulan Ramadan telah memasuki hari ke-20. Pagi ini, umat Muslim akan melaksanakan salat Lailatul Qadar di hari ke-21 Ramadan. Setelah salat, dianjurkan untuk membaca doa malam Lailatul Qadar.

Ragam
Rabu, 13 Maret 2024 22:25 WIB
Ingin Citra Hotel Terjaga? Inilah Strategi Meningkatkan Ulasan Positif dari Tamu Hotel

Saat ini ulasan dari tamu online sangat berpengaruh terhadap penjualan kamar hotel. Jika hotel anda mendapatkan ulasan-ulasan yang positif dari tamu, kemungkinan besar tamu baru lainnya akan mengikuti untuk menginap di hotel anda

Ragam
Selasa, 05 Maret 2024 18:15 WIB
Mau Buat Undangan Syukuran Digital, MohonDatang.com Tempat yang Tepat

Undangan digital untuk syukuran penting karena memungkinkan tuan rumah mencapai audiens lebih luas dengan cepat dan efisien, mengurangi dampak lingkungan dengan menghindari penggunaan kertas, serta membantu perencanaan acara menjadi lebih terorganisir melalui pengiriman pengingat otomatis dan konfirmasi kehadiran secara digital.

Ragam
Minggu, 03 Maret 2024 11:24 WIB
Dear Hotel, Inilah 5 Langkah untuk Meningkatkan Pendapatan Hotel

Saat ini, hotel modern semakin mengandalkan teknologi untuk meningkatkan pendapatannya. Pendekatan yang semakin populer adalah program afiliasi OTA (agen perjalanan online). Program Mitra OTA memungkinkan hotel berkolaborasi dengan mitra online untuk meningkatkan pangsa pasar dan pada akhirnya mengoptimalkan pendapatan

Ragam
Sabtu, 02 Maret 2024 17:26 WIB
Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Digital? Yuk Simak Video Ini

Memulai bisnis digital memerlukan pemahaman yang kuat tentang pasar dan kebutuhan konsumen, serta penguasaan teknologi yang relevan. Langkah pertama adalah melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi peluang dan kebutuhan yang belum terpenuhi.

Ragam
Sabtu, 02 Maret 2024 09:35 WIB
Buat Website Masjid dan Aplikasi Pengelolaan Masjid Gratis di DeMasjid

Menjelang Ramadhan, peran masjid menjadi sangat penting karena menjadi pusat kegiatan masyarakat, lalu seberapa penting masjid memiliki website dan aplikasi masjid? Yuk simak

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.