Doa  Saat Turun Hujan
Ragam Senin, 27 Februari 2023 02:25 WIB

Doa Saat Turun Hujan

Doa Saat turun hujan apa sajakah?

Dilansir dari artikel Rumaysho.Com, sebagian Manusia Saat turun hujan Justru berkeluh kesah. Padahal itu merupakan nikmat yang baru saja Allah ciptakan. Seandainya setiap Manusia mengamalkan doa-doa Saat turun hujan tentu saja turunnya hujan jadi nikmat terindah. Berikut beberapa amalan yang Rumaysho.Com sampaikan.

 

Berdoa Saat Turun Hujan: Allahumma shoyyiban nafi’an

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha (yang artinya),

"Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam Saat melirik turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran Buat berdoa Saat turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin Poly kemanfaatan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah)

 

Turun Hujan Masa Mustajab Buat Berdoa

Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berbicara bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda (yang artinya),

“Dua doa yang Tak akan ditolak: [1] doa Saat adzan dan [2] doa Saat Saat turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078).

 

Doa Saat Hujan Lebat

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu Ketika pernah meminta diturunkan hujan. Lalu Saat hujan turun begitu lebatnya, beliau memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa,

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di Sekeliling kami, bukan Buat merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan Loka tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014)

Syaikh Sholih As Sadlan mengatakan bahwa do’a di atas dibaca Saat hujan semakin lebat atau khawatir hujan akan membawa Efek bahaya. (Lihat Dzikru wa Tadzkir, Sholih As Sadlan, hal. 28, Asy Syamilah)

 

Berdoa Setelah Turun Hujan: ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih
Dari Zaid bin Kholid Al Juhani, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat shubuh Berbarengan kami di Hudaibiyah setelah hujan turun pada malam harinya. Tatkala hendak pergi, beliau menghadap jama’ah shalat, Lampau mengatakan, ”Apakah kalian mengetahui apa yang dikatakan Rabb kalian?” Lalu mereka mengatakan,”Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya),

“Pada pagi hari, di antara hambaKu Eksis yang beriman kepadaKu dan Eksis yang kafir. Siapa yang mengatakan ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan Sebab karunia dan rahmat Allah), makadialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza’ (Kami diberi hujan Sebab Karena bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.” (HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71).

Redaksi
306

Berita Terkait

Ragam
Senin, 20 Mei 2024 14:35 WIB
Deretan Hotel Bintang Berkualitas di Pangandaran 2024

Pantai Pangandaran, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, adalah salah satu destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang. Setiap tahun, wisatawan dari dalam dan luar kota ramai berkunjung ke sana.

Ragam
Senin, 13 Mei 2024 11:20 WIB
Aurora Borealis Menampilkan Kecantikannya di Inggris dan Belanda

Warga di bagian utara Eropa memiliki kesempatan langka untuk menyaksikan cahaya alami yang indah, yang dikenal sebagai aurora borealis, yang terjadi karena meningkatnya aktivitas matahari selama akhir pekan ini.

Ragam
Minggu, 28 April 2024 07:00 WIB
Ansania Hijab, Hijab Sejuta Umat Pilihan Anak Sekolah Hingga Selebritis

Apakah anda pernah mendengar nama brand hijab Ansania? atau pernah melihat kerudung dengan nama produk Saudia Ansania? ya Brand hijab asal Bandung memang menjadi pilihan banyak kalangan, dari anak sekolah hingga kalangan Artis.

Ragam
Selasa, 23 April 2024 15:37 WIB
Buat Undangan Khitanan Digital dengan Mudah Hanya di Khitanan.id!

Di era serba digital dan online ini, Anda tidak perlu lagi membagikan undangan kertas untuk menyampaikan undangan acara yang akan Anda laksanakan. Anda bisa membuat undangan online dengan mudah. Undangan Khitanan Online dikemas dalam bentuk web dengan desain yang kreatif serta fitur yang menarik.

Ragam
Selasa, 02 April 2024 12:44 WIB
Shalat Malam Lailatul Qadar Dan Waktunya.

Bulan Ramadan telah memasuki hari ke-20. Pagi ini, umat Muslim akan melaksanakan salat Lailatul Qadar di hari ke-21 Ramadan. Setelah salat, dianjurkan untuk membaca doa malam Lailatul Qadar.

Ragam
Rabu, 13 Maret 2024 22:25 WIB
Ingin Citra Hotel Terjaga? Inilah Strategi Meningkatkan Ulasan Positif dari Tamu Hotel

Saat ini ulasan dari tamu online sangat berpengaruh terhadap penjualan kamar hotel. Jika hotel anda mendapatkan ulasan-ulasan yang positif dari tamu, kemungkinan besar tamu baru lainnya akan mengikuti untuk menginap di hotel anda

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.