Jelang Ramadhan, Yuk Simak Beberapa  Masakan Khas Ramadhan dari Berbagai  wilayah di Indonesia
Ragam Selasa, 21 Februari 2023 02:26 WIB

Jelang Ramadhan, Yuk Simak Beberapa Masakan Khas Ramadhan dari Berbagai wilayah di Indonesia

Kurang lebih 30 hari Tengah umat muslim akan memasuki bulan Kudus Ramadan. Tentunya kurang lengkap Kalau Nir membahas Masakan khas Ramadhan dari berbagai Wilayah di Indonesia. Bukan sekadar jajanan pasar biasa, Masakan khas Ramadhan Mempunyai cita rasa yang Spesifik dan sifatnya musiman. Selain bulan puasa, rasanya akan sulit menemukan kuliner-kuliner tersebut.

 

Nah, berikut ini beberapa Masakan khas Ramadan yang wajib dicoba:

 

1. Kolak

Semua Niscaya setuju Kalau kolak ini paling identik dengan bulan Ramadhan. Kolak merupakan perpaduan antara pisang kepok dan ubi yang direbus dengan campuran kuah santan, gula merah, cengkeh, dan daun pandan. Perpaduan kuah ini akan memberikan rasa manis dan gurih yang Enak di lidah.

Selain buah pisang, kolak biji salak juga kerap kita temui ketika bulan Ramadhan. Kolak biji salak terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat, Lampau dicampur dengan tepung tapioka. Walau Ketika ini sudah Bisa ditemui di mana saja, Tetapi kolak sejatinya berasal dari Sumatera Barat.

 

2. Ketan Bintul

Makanan khas Ramadan selanjutnya berasal dari area Banten, Yakni ketan bintul. Konon, menu berbuka puasa Esa ini sudah Eksis sejak abad ke-16. Bukan Cuma ketan biasa, ketan bintul diberi taburan serundeng di Porsi atasnya.

Serundeng merupakan kelapa parut yang telah diolah dengan berbagai rempah-rempah. Perpaduan ketan dan serundeng ini memunculkan cita rasa gurih nan lezat. Lebih Aneh lagi, biasanya ketan bintul disantap dengan kuah semur, maupun empal daging sapi.

 

3. Kicak

Tidak Cuma dikenal dengan gudeg, Eksis Esa jajanan pasar yang wajib kita coba Ketika berkunjung ke Yogyakarta utamanya Ketika bulan puasa, bernama kicak. Masakan khas ini terbuat dari ketan yang telah ditumbuk halus, Kemudian dicampurkan dengan santan, nangka, dan juga kelapa parut. Setelah diolah, nantinya kita akan merasakan rasa manis dari nangka, serta gurih dari kelapa parut dan santan.

 

4. Bubur Pacar Cina

Salah Esa takjil khas Betawi, bubur pacar cina merupakan Masakan khas Ramadhan yang patut dicoba. Berbeda dengan bubur pada umumnya, Masakan khas Betawi Esa ini terbuat dari tepung sagu.

Pengolahannya juga sangat sederhana, Yakni dengan merebus biji pacar cina hingga matang. Kemudian, campurkan ke dalam olahan kuah santan, gula pasir, garam, dan daun pandan. Disajikan dengan tambahan es batu, rasa segar pada bubur pacar cina sangat melegakan haus setelah sehari penuh berpuasa.

 

5. Barongko

Barongko merupakan salah Esa Masakan khas Ramadan yang wajib dicicipi Saat berkunjung ke Makassar. Pasalnya, perpaduan pisang, telur, santan, serta gula dan garam tercampur sempurna di lidah kita.

Ditambah lagi, Sebab dibungkus dengan daun pisang, tentunya akan menambah aroma harum pada barongko. Mempunyai tekstur lembut dan rasa yang manis, barongko menjadi sajian buka puasa yang tepat.

 

6. Mie Glosor

Kuliner khas Ramadhan Esa ini  terbuat dari mie, makanya dinamakan mie glosor khas Bogor. Bukan Cuma namanya yang unik, tekstur mi glosor juga berbeda dengan mie pada umumnya.

Mie glosor terbuat dari tepung singkong atau aci. Sehingga, tekstur mie jadi licin dan mudah ditelan. Selain itu, mie glosor terbuat dari bahan alami. Sebab Rona kuning pada mie berasal dari pewarna alami, Yakni kunyit.

Penyajian Masakan Ramadhan Esa ini juga unik. Bukan Cuma ditumis Berbarengan dengan sayuran. Tetapi nantinya juga akan disajikan dengan sambal kacang dan gorengan sebagai pelengkap.

 

7. Kue Bingke

Di Pontianak kita juga akan menemukan Masakan khas Ramadan bernama bingke. Karakteristik khas kue bingke terletak dari bentuknya yang seperti bunga. Soal rasa Nir perlu diragukan. Kue bingke khas Pontianak Mempunyai tekstur lembut. Rasanya gurih dan manis akan sangat memanjakan lidah. Cocok Untuk makanan pembuka setelah berpuasa.

 

8. Putu Mangkok

Terbuat dari tepung beras, putu mangkok menjadi salah Esa takjil yang Nir boleh dilewatkan ketika ke Riau. Kue putu mangkok Mempunyai perpaduan rasa manis dan gurih yang pas. Hal ini berkat parutan kelapa pada Porsi luar kue. Mungkin sekilas akan mirip dengan putu pada umumnya. Bedanya dari Wujud kue, Yakni mirip mangkuk terbalik.

 

9. Bongko Kopyor

Jalan-jalan ke Gresik, Jawa Timur Ketika bulan puasa jangan lupa menjajal bongko kopyor atau dikenal dengan bubur nangka dan kelapa kopyor. Sangat unik, pasalnya bongko kopyor berisikan bubur mutiara, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan kuah santan. Biasanya bongko kopyor dibungkus dengan daun pisang. Sehingga ketika menyantapnya akan menambah cita rasa aroma daun pisang.

 

10. Toge Panyabungan

Toge panyabungan merupakan Masakan khas Ramadhan dari Mandailing Natal, Sumatera Utara. Masakan ini berbentuk minuman manis yang cocok diteguk Ketika berbuka puasa. Minuman ini berisikan ketan merah, ketan biasa, tape, candil, dan lupis. Semuanya dipadukan dengan santan, gula merah cair, serta cendol yang saling melengkapi.

 

 

(sumber: artikel www.kemenparekraf.go.id #edited)

Redaksi
264

Berita Terkait

Ragam
Senin, 20 Mei 2024 14:35 WIB
Deretan Hotel Bintang Berkualitas di Pangandaran 2024

Pantai Pangandaran, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, adalah salah satu destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang. Setiap tahun, wisatawan dari dalam dan luar kota ramai berkunjung ke sana.

Ragam
Senin, 13 Mei 2024 11:20 WIB
Aurora Borealis Menampilkan Kecantikannya di Inggris dan Belanda

Warga di bagian utara Eropa memiliki kesempatan langka untuk menyaksikan cahaya alami yang indah, yang dikenal sebagai aurora borealis, yang terjadi karena meningkatnya aktivitas matahari selama akhir pekan ini.

Ragam
Minggu, 28 April 2024 07:00 WIB
Ansania Hijab, Hijab Sejuta Umat Pilihan Anak Sekolah Hingga Selebritis

Apakah anda pernah mendengar nama brand hijab Ansania? atau pernah melihat kerudung dengan nama produk Saudia Ansania? ya Brand hijab asal Bandung memang menjadi pilihan banyak kalangan, dari anak sekolah hingga kalangan Artis.

Ragam
Selasa, 23 April 2024 15:37 WIB
Buat Undangan Khitanan Digital dengan Mudah Hanya di Khitanan.id!

Di era serba digital dan online ini, Anda tidak perlu lagi membagikan undangan kertas untuk menyampaikan undangan acara yang akan Anda laksanakan. Anda bisa membuat undangan online dengan mudah. Undangan Khitanan Online dikemas dalam bentuk web dengan desain yang kreatif serta fitur yang menarik.

Ragam
Selasa, 02 April 2024 12:44 WIB
Shalat Malam Lailatul Qadar Dan Waktunya.

Bulan Ramadan telah memasuki hari ke-20. Pagi ini, umat Muslim akan melaksanakan salat Lailatul Qadar di hari ke-21 Ramadan. Setelah salat, dianjurkan untuk membaca doa malam Lailatul Qadar.

Ragam
Rabu, 13 Maret 2024 22:25 WIB
Ingin Citra Hotel Terjaga? Inilah Strategi Meningkatkan Ulasan Positif dari Tamu Hotel

Saat ini ulasan dari tamu online sangat berpengaruh terhadap penjualan kamar hotel. Jika hotel anda mendapatkan ulasan-ulasan yang positif dari tamu, kemungkinan besar tamu baru lainnya akan mengikuti untuk menginap di hotel anda

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.