Harta Karun di Eropa Ini Paling Dicari, Di Indonesia  Rupanya Melimpah
Ragam Jum'at, 13 Januari 2023 03:29 WIB

Harta Karun di Eropa Ini Paling Dicari, Di Indonesia Rupanya Melimpah

Negara-negara Eropa ketika ini Lagi dihebohkan dengan adanya Inovasi sumber tambang logam yang disebut rare earth atau tanah jarang di Daerah mereka. Secara spesifik, dikabarkan lebih dari Esa juta ton logam tanah jarang telah ditemukan di ujung utara Swedia.


Adapun Warta ini menjadi sangat heboh lantaran sebelumnya Nir pernah Eksis logam tanah jarang yang ditambang di Daerah Eropa. Melansir dari BBC, sebelumnya Sekeliling 98% kebutuhan logam tanah jarang yang digunakan di UE pada tahun 2021 diimpor dari Tiongkok.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan logam tanah jarang?
Logam tanah jarang merupakan mineral ikutan yang bersifat magnetik dan konduktif, Poly digunakan di perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, speaker, dan lain-lain. Selain itu, logam tanah jarang juga dimanfaatkan Buat sektor lainnya, mulai dari bidang kesehatan, otomotif, penerbangan, hingga industri pertahanan.

Melihat kegunaannya, logam tanah jarang diklaim Milik nilai ekonomi cukup besar. Karenanya Nir heran bila hasil tambang yang Esa ini disebut-sebut sebagai "harta karun" Punya negara.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apakah kita juga Milik harta karun ini?
Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin pernah menjelaskan Indonesia sebenarnya terlambat mengeksplorasi logam tanah jarang. Maka dari itu, ketika ini belum Poly informasi Niscaya yang Dapat didapatkan soal potensi yang ada.

Kendati demikian, Ridwan mengatakan Eksis Sekeliling delapan Letak yang terpetakan Mempunyai kandungan rare earth di Indonesia. Tetapi itu pun Tetap baru dan Tetap dalam tahap eksplorasi awal.

"Dalam tahapan eksplorasi kita terbatas, dari potensi yang Eksis keterdapatannya Eksis di 9 lokasi, dan sudah terpetakan baru di 8 lokasi," ungkap Ridwan. "Dari 8 Letak ini baru dilakukan eksplorasi Dini secara Generik kami sangat terbatas informasinya," sambungnya.

Ridwan mengatakan logam tanah jarang paling Poly ditemukan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Potensinya menggapai puluhan hingga ratusan ribu ton logam tanah jarang. "Paling Poly memang Eksis di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di Bangka Selatan," katanya.

Dalam data yang dipaparkan Ridwan, Bangka Belitung Mempunyai potensi logam tanah jarang sebesar 186.663 dalam Wujud monasit dan 20.734 logam tanah jarang dalam Wujud senotim.

Selain di Bangka Belitung, potensi logam tanah jarang lainnya juga ditemukan di Sulawesi Lagi sebesar 443 ton dalam Wujud laterit, dan Kalimantan Barat sebesar 219 ton. Eksis juga potensi di Sumatera Utara sebesar 19.917 ton.

Redaksi
239

Berita Terkait

Ragam
Senin, 20 Mei 2024 14:35 WIB
Deretan Hotel Bintang Berkualitas di Pangandaran 2024

Pantai Pangandaran, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, adalah salah satu destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang. Setiap tahun, wisatawan dari dalam dan luar kota ramai berkunjung ke sana.

Ragam
Senin, 13 Mei 2024 11:20 WIB
Aurora Borealis Menampilkan Kecantikannya di Inggris dan Belanda

Warga di bagian utara Eropa memiliki kesempatan langka untuk menyaksikan cahaya alami yang indah, yang dikenal sebagai aurora borealis, yang terjadi karena meningkatnya aktivitas matahari selama akhir pekan ini.

Ragam
Minggu, 28 April 2024 07:00 WIB
Ansania Hijab, Hijab Sejuta Umat Pilihan Anak Sekolah Hingga Selebritis

Apakah anda pernah mendengar nama brand hijab Ansania? atau pernah melihat kerudung dengan nama produk Saudia Ansania? ya Brand hijab asal Bandung memang menjadi pilihan banyak kalangan, dari anak sekolah hingga kalangan Artis.

Ragam
Selasa, 23 April 2024 15:37 WIB
Buat Undangan Khitanan Digital dengan Mudah Hanya di Khitanan.id!

Di era serba digital dan online ini, Anda tidak perlu lagi membagikan undangan kertas untuk menyampaikan undangan acara yang akan Anda laksanakan. Anda bisa membuat undangan online dengan mudah. Undangan Khitanan Online dikemas dalam bentuk web dengan desain yang kreatif serta fitur yang menarik.

Ragam
Selasa, 02 April 2024 12:44 WIB
Shalat Malam Lailatul Qadar Dan Waktunya.

Bulan Ramadan telah memasuki hari ke-20. Pagi ini, umat Muslim akan melaksanakan salat Lailatul Qadar di hari ke-21 Ramadan. Setelah salat, dianjurkan untuk membaca doa malam Lailatul Qadar.

Ragam
Rabu, 13 Maret 2024 22:25 WIB
Ingin Citra Hotel Terjaga? Inilah Strategi Meningkatkan Ulasan Positif dari Tamu Hotel

Saat ini ulasan dari tamu online sangat berpengaruh terhadap penjualan kamar hotel. Jika hotel anda mendapatkan ulasan-ulasan yang positif dari tamu, kemungkinan besar tamu baru lainnya akan mengikuti untuk menginap di hotel anda

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.