Pendidikan dan Budaya
Wisata di Ciamis Hanya Menyerap 63 Orang Pekerja Pada 2010 Lalu

Wisata di Ciamis Hanya Menyerap 63 Orang Pekerja Pada 2010 Lalu

Oleh | Sabtu, 04 Februari 2012 22:15 WIB | 43 Views | Comments

Objek wisata yang berjumlah 23 Objek di Kabupaten Ciamis ternyata tidak serta merta menyerap tenaga kerja, hal ini terlihat dari statistik yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Dengan luas 1.139,5 Hektar total seluruh objek wisata membuat Ciamis jauh dari Kabupaten Bogor yang bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 671 orang.


Pangandaran sebagai salah satu objek wisata di Ciamis sebenarnya sudah menyerap ratusan tenaga kerja formal yang bekerja di hotel-hotel dan penginapan, belum tenaga kerja yang non-formal bisa sampai ribuan, dengan kenyataan seperti itu tentunya Statistik yang dikeluarkan oleh Disparbud Provinsi Jawa Barat ini perlu dipertanyakan. Indikator yang disampaikan, cara pengambilan statistik serta keterangan statistiknyapun tidak lengkap. Namun demikian, jika statistik ini benar adanya maka perlu perhatian serius dari semua stakeholder supaya potensi wisata yang ada di Ciamis khususnya dapat menyerap banyak tenaga kerja. 

Jumlah 63 orang diseluruh kabupaten Ciamis jika hanya dihitung pada tahun 2010 saja tentu masih masuk akal, namun demikian jumlah itu tentu sangat jauh diharapkan melihat banyaknya pencari kerja di Kabupaten Ciamis.

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Wisata di Ciamis Hanya Menyerap 63 Orang Pekerja Pada 2010 Lalu?

Pendidikan dan Budaya Lainnya
 Potong Sapi Jangan Jadi Polemik
Selasa, 11 Desember 2012 20:52 WIB
Potong Sapi Jangan Jadi Polemik
Sudut Pandang Ritual Syukuran Nelayan. Memotong kepala sapi atau kambing dalam ritual syukuran nelayan diharap jangan jadi polemik. Pasal­nya, memotong kepada sapi atau kambing merupakan ritual budaya masya­rakat.