Wisata di Ciamis Hanya Menyerap 63 Orang Pekerja Pada 2010 Lalu
Pendidikan dan Budaya Sabtu, 04 Februari 2012 22:15 WIB

Wisata di Ciamis Hanya Menyerap 63 Orang Pekerja Pada 2010 Lalu

Objek wisata yang berjumlah 23 Objek di Kabupaten Ciamis ternyata tidak serta merta menyerap tenaga kerja, hal ini terlihat dari statistik yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Dengan luas 1.139,5 Hektar total seluruh objek wisata membuat Ciamis jauh dari Kabupaten Bogor yang bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 671 orang.


Pangandaran sebagai salah satu objek wisata di Ciamis sebenarnya sudah menyerap ratusan tenaga kerja formal yang bekerja di hotel-hotel dan penginapan, belum tenaga kerja yang non-formal bisa sampai ribuan, dengan kenyataan seperti itu tentunya Statistik yang dikeluarkan oleh Disparbud Provinsi Jawa Barat ini perlu dipertanyakan. Indikator yang disampaikan, cara pengambilan statistik serta keterangan statistiknyapun tidak lengkap. Namun demikian, jika statistik ini benar adanya maka perlu perhatian serius dari semua stakeholder supaya potensi wisata yang ada di Ciamis khususnya dapat menyerap banyak tenaga kerja. 

Jumlah 63 orang diseluruh kabupaten Ciamis jika hanya dihitung pada tahun 2010 saja tentu masih masuk akal, namun demikian jumlah itu tentu sangat jauh diharapkan melihat banyaknya pencari kerja di Kabupaten Ciamis.

Redaksi
600

Berita Terkait

Pendidikan dan Budaya
Jum'at, 19 Januari 2024 14:41 WIB
Apa itu Beasiswa LPDP dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sebuah lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab atas pengelolaan dana pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Pendidikan dan Budaya
Senin, 08 Januari 2024 00:21 WIB
Apa itu Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka?

Proyek Profil Pelajar Pancasila merupakan inisiatif pemerintah untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar Indonesia. Tujuan utamanya adalah menyusun panduan atau kriteria yang sesuai dengan tingkat pendidikan yang dijalani para pelajar, sejalan dengan prinsip-prinsip dasar Pancasila.

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 23 November 2023 03:07 WIB
Tutorial Membuat Data Siswa Dummy di Microsoft Excel dengan Bantuan Chat GPT

Anda bisa membuat data dummy di ChatGPT dan kemudian menyalinnya ke Excel dengan beberapa langkah. Namun, perlu diingat bahwa ChatGPT sendiri tidak memiliki kemampuan untuk langsung menyimpan data ke file Excel. Sebagai gantinya, Anda dapat menyalin keluaran atau output dari ChatGPT ke Excel secara manual.

Pendidikan dan Budaya
Jum'at, 17 November 2023 10:17 WIB
IKIP Siliwangi Mewisuda 1.775 Lulusan, Hasilkan Lulusan Calon Guru yang Bertalenta Digital

IKIP Siliwangi menggelar wisuda di Kampus IKIP Siliwangi Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Baros, Kota Cimahi, Rabu (15/11/2023). Wisuda tahun ini diikuti lulusan S1 ke-39 sebanyak 1.723 dan S2 ke-18 sebanyak 52 orang dengan total 1775 lulusan.

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 02 November 2023 09:41 WIB
4 Wakil di 3 Akbar Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi Nasional 2023, Jawa Barat Sabet Kampiun Biasa

Sebanyak 4 Manusia wirausaha muda berprestasi asal Jawa Barat meraih penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga melalui Kemenpora dalam ajang Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Nasional 2023. Mereka merupakan Iis Siti Salamah Azzahra

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 02 November 2023 09:41 WIB
4 Wakil di 3 Besar Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi Nasional 2023, Jawa Barat Sabet Juara Umum

Sebanyak 4 orang wirausaha muda berprestasi asal Jawa Barat meraih penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga melalui Kemenpora dalam ajang Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Nasional 2023. Mereka adalah Iis Siti Salamah Azzahra

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.