IKIP Siliwangi Mewisuda 1.775 Lulusan, Hasilkan Lulusan Calon Guru yang Bertalenta Digital
Pendidikan dan Budaya Jum'at, 17 November 2023 10:17 WIB

IKIP Siliwangi Mewisuda 1.775 Lulusan, Hasilkan Lulusan Calon Guru yang Bertalenta Digital

IKIP Siliwangi menggelar wisuda di Kampus IKIP Siliwangi Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Baros, Kota Cimahi, Rabu (15/11/2023). Wisuda tahun ini diikuti lulusan S1 ke-39 sebanyak 1.723 dan S2 ke-18 sebanyak 52 orang dengan total 1775 lulusan.

Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd, mengatakan bahwa tahun ini prosesi wisuda dilakukan secara luring penuh untuk kedua kalinya setelah tahun lalu yang pertama luring secara penuh.

Euis pun memiliki harapan dimana dengan wisuda tahun ini yang merupakan tahun politik, lulusan IKIP Siliwangi betul-betul mampu berpikir kritis dan kreatif serta bisa berkomunikasi dan berkolabirasi.

"Artinya kemampuan ini penting mengingat di tahun politik ini diperlukan pemilih yang cerdas dalam menentukan jalur politik mereka," ujarnya

Tak hanya itu, Euis Eti Rohaeti juga menjelaskan bahwa lulusan IKIP Siliwangi tak hanya diberi pembekalan akademisi, namun memiliki kualitas lebih dibanding lulusan lainnya melalui sejumlah materi tambahan.

Prosesi wisuda IKIP Siliwangi di Kampus IKIP Siliwangi, Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Baros, Kota Cimahi, Rabu (15/11/2023)

Hal ini membuat minat mahasiswa untuk kuliah di IKIP Siliwangi terlihat tetap tinggi dan stabil di tengah tren menurunnya mahasiswa yang berminat kuliah di bidang pendidikan.

"Alhamdulillah peminat untuk kuliah di IKIP Siliwangi dari tahun ke tahun stabil, bahkan di saat pandemi pun kami tidak mengalami penurunan mahasiswa," katanya.

Salah satu kuncinya kata Euis, adalah IKIP Siliwangi memiliki kekhasan program studi di mana setiap mata kuliah di setiap prodi selalu memiliki tambahan materi.

"Seluruh program studi dibekali materi tambahan keterampilan ICT agar kelak lulusan IKIP Siliwangi menjadi guru yang melek digital. Namun bukan itu saja, ada juga materi tambahan misalnya Bahasa Inggris, mahasiswa juga dibekali dengan Bahasa Inggris untuk pariwisata, atau Bahasa Indonesia dibekali juga dengan materi jurnalistik. Begitu pun Matematika, mahasiswa dibekali dengan Matematika perbankan," ujar Euis.

Dengan tambahan-tambahan materi tersebut, menurut Rektor, lulusan IKIP Siliwangi selalu memiliki kompetensi plus jika dibandingkan dengan lulusan di perguruan tinggi lain.

Wisuda IKIP Siliwangi dihadiri berbagai kalangan, termasuk Ibu Kepala Staf Angkatan Darat, Evi Sophia Indra selaku Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya,  Pembina Yayasan Kartika Jaya Ana Juniani, Kepala LLDIKTI 4 Dr. Samsuri, S.Pd, MT,  Dinas Pendidikan Jabar, dan lain sebagainya.  (tribun)

Redaksi
234

Berita Terkait

Pendidikan dan Budaya
Jum'at, 19 Januari 2024 14:41 WIB
Apa itu Beasiswa LPDP dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sebuah lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab atas pengelolaan dana pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Pendidikan dan Budaya
Senin, 08 Januari 2024 00:21 WIB
Apa itu Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka?

Proyek Profil Pelajar Pancasila merupakan inisiatif pemerintah untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar Indonesia. Tujuan utamanya adalah menyusun panduan atau kriteria yang sesuai dengan tingkat pendidikan yang dijalani para pelajar, sejalan dengan prinsip-prinsip dasar Pancasila.

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 23 November 2023 03:07 WIB
Tutorial Membuat Data Siswa Dummy di Microsoft Excel dengan Bantuan Chat GPT

Anda bisa membuat data dummy di ChatGPT dan kemudian menyalinnya ke Excel dengan beberapa langkah. Namun, perlu diingat bahwa ChatGPT sendiri tidak memiliki kemampuan untuk langsung menyimpan data ke file Excel. Sebagai gantinya, Anda dapat menyalin keluaran atau output dari ChatGPT ke Excel secara manual.

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 02 November 2023 09:41 WIB
4 Wakil di 3 Akbar Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi Nasional 2023, Jawa Barat Sabet Kampiun Biasa

Sebanyak 4 Manusia wirausaha muda berprestasi asal Jawa Barat meraih penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga melalui Kemenpora dalam ajang Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Nasional 2023. Mereka merupakan Iis Siti Salamah Azzahra

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 02 November 2023 09:41 WIB
4 Wakil di 3 Besar Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi Nasional 2023, Jawa Barat Sabet Juara Umum

Sebanyak 4 orang wirausaha muda berprestasi asal Jawa Barat meraih penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga melalui Kemenpora dalam ajang Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Nasional 2023. Mereka adalah Iis Siti Salamah Azzahra

Pendidikan dan Budaya
Sabtu, 19 Agustus 2023 03:48 WIB
Melihat Keindahan KAWS:HOLIDAY Seni Kontemporer di Pelukan Candi Prambanan

Artis Populer dunia, Brian Donnelly atau yang lebih dikenal sebagai KAWS, membawa karyanya yang kontemporer dan ikonik ke Indonesia melalui pameran bertajuk KAWS:HOLIDAY.

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.