Potong Sapi Jangan Jadi Polemik
Pendidikan dan Budaya Selasa, 11 Desember 2012 20:52 WIB

Potong Sapi Jangan Jadi Polemik

PANGANDARAN, (PB).
Memotong kepala sapi atau kambing dalam ritual syukuran nelayan diharap jangan jadi polemik. Pasal­nya, memotong kepada sapi atau kambing merupakan ritual budaya masya­rakat. Demikian pandangan Ketua Komisi II DPRRI, Drs. H. Agun Gu­nanjar Sudarsa, M.Si, dan Ketua Presidium Pem­ben­tukkan Kab. Pangan­daran, H. Supratman, S.Ap dalam resepsi syukuran nelayan Pangandaran di Pantai Barat Pangandaran Kamis malam, (06/12).
Hadir pada kesempatan tersebut, jajaran Ketua Pre­sidium Pembentukkan Kab. Pangandaran H. Adang San­daan Hadari (bendahara), dan Andis Sose, SE (sekretaris) serta ratusan nelayan Pangan­daran.
Resepsi syukuran nela­yan Pangandaran di Pantai Barat Pangandaran (Kamis malam, 06/12) dikemas unik. Seluruh masyarakat dan tamu undangan yang hadir, menggunakan pakaian adat Sunda. Para pria menggunakan seperangkat pakaian pangsi (kampret) hitam, lengkap dengan iket. Sedangkan para perempuan, mengenakan pakaian kebaya lengkap.
Uniknya lagi, kudapan yang tersaji, merupakan makanan khas Sunda. Minuman dari bajigur, sedangkan lalawuhnya terdiri dari seupan boled, kulub suuk, goreng ketan dan sebagainya.
Tak hanya itu, acara yang diberi tema "Tradisi tetep Lastari, Budaya Budaya tetep Kariksa," menyuguh­kan kacapi suling yang dibawakan seniman Pa­ngan­daran dan mahasiswa UPI Bandung. Selain itu, dihidang pula seni pencak silat yang dibawakan seniman tunanetra.
Dekorasi dan tata panggung dalam resepsi syukuran nelayan Pangandaran, juga tampil beda. Terutama penerangan dalam kegiatan tersebut, menggunakan oncor yang terbuat dari bahan bamboo (damar sewu).
Istimewanya lagi, resepsi syukuran nelayan Pa­ngan­daran ditandai dengan penyerahan salinan UU No 21 tahun 2012 Pemben­tukkan Kab. Pangandaran. Ketua Komisi II DPRRI, Drs. H. Agun Gunanjar Sudarsa, M.Si menyerahkan dokumen penting tersebut kepada Ketua Presidium Pembentukkan Kab. Pangandaran, H. Supratman,
SUMBER:http://www.kabar-priangan.com/news/detail/7277

Redaksi
783

Berita Terkait

Pendidikan dan Budaya
Jum'at, 19 Januari 2024 14:41 WIB
Apa itu Beasiswa LPDP dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sebuah lembaga di Indonesia yang bertanggung jawab atas pengelolaan dana pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Pendidikan dan Budaya
Senin, 08 Januari 2024 00:21 WIB
Apa itu Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka?

Proyek Profil Pelajar Pancasila merupakan inisiatif pemerintah untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar Indonesia. Tujuan utamanya adalah menyusun panduan atau kriteria yang sesuai dengan tingkat pendidikan yang dijalani para pelajar, sejalan dengan prinsip-prinsip dasar Pancasila.

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 23 November 2023 03:07 WIB
Tutorial Membuat Data Siswa Dummy di Microsoft Excel dengan Bantuan Chat GPT

Anda bisa membuat data dummy di ChatGPT dan kemudian menyalinnya ke Excel dengan beberapa langkah. Namun, perlu diingat bahwa ChatGPT sendiri tidak memiliki kemampuan untuk langsung menyimpan data ke file Excel. Sebagai gantinya, Anda dapat menyalin keluaran atau output dari ChatGPT ke Excel secara manual.

Pendidikan dan Budaya
Jum'at, 17 November 2023 10:17 WIB
IKIP Siliwangi Mewisuda 1.775 Lulusan, Hasilkan Lulusan Calon Guru yang Bertalenta Digital

IKIP Siliwangi menggelar wisuda di Kampus IKIP Siliwangi Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Baros, Kota Cimahi, Rabu (15/11/2023). Wisuda tahun ini diikuti lulusan S1 ke-39 sebanyak 1.723 dan S2 ke-18 sebanyak 52 orang dengan total 1775 lulusan.

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 02 November 2023 09:41 WIB
4 Wakil di 3 Akbar Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi Nasional 2023, Jawa Barat Sabet Kampiun Biasa

Sebanyak 4 Manusia wirausaha muda berprestasi asal Jawa Barat meraih penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga melalui Kemenpora dalam ajang Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Nasional 2023. Mereka merupakan Iis Siti Salamah Azzahra

Pendidikan dan Budaya
Kamis, 02 November 2023 09:41 WIB
4 Wakil di 3 Besar Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi Nasional 2023, Jawa Barat Sabet Juara Umum

Sebanyak 4 orang wirausaha muda berprestasi asal Jawa Barat meraih penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga melalui Kemenpora dalam ajang Anugrah Wirausaha Muda Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Nasional 2023. Mereka adalah Iis Siti Salamah Azzahra

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.