PASAR WISATA DI JUAL ?
Informasi Wisata Kamis, 15 Agustus 2013 20:47 WIB

PASAR WISATA DI JUAL ?

PANGANDARAN, (Pb).- Mantan Direktur PT Starstrust Hirawan merasa kaget dengan munculnya pemberitaan berkaitan dengan Pasar Wisata Pangandaran, Ciamis. Ia kaget terutama berkaitan dengan pembelian lahan untuk pembangunan Pasar Wisata Pangandaran oleh Pemkab Ciamis, dan dananya hasil pinjaman dari Departemen Keuangan..

"Terus terang saya kaget dengan pemberitaan itu. Pasalnya, tanah untuk pembangunan pasar tersebut merupakan tanah hibah dari PT Starstrust saat saya masih di perusahaan itu," kata Hirawan, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Kamis (9/7).

Ia menjelaskan, perusahaannya tahun 1997 itu menghibahkan lahan seluas kurang lebih 7 hektar dengan nilai kurang lebih Rp14 miliar. Hibah dari PT Starstrust itu dimaksudkan untuk mendukung upaya Pemkab Ciamis dalam menyemarakkan Kawasan Wisata Pangandaran.

"Sementara untuk pembangunan pasar termasuk kios, Pemkab Ciamis mengajukan dana talang kepada Depkeu yang harus dicicil pembeli kios terutama pembeli dari luar. Nah yang membuat saya kaget, kenapa belakangan muncul pemberitaan bahwa Pemkab Ciamis meminjam dana dari Departemen Keuangan itu untuk membeli lahan dan membangun Pasar Wisata?" ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk membangun Pasar Wisata tersebut Pemkab Ciamis pada masa Bupati Oma Sasmita. meminjam uang kepada Departemen Keuangan sebesar Rp16, 027 miliar. Utang kepada Depkeu itu kemudian dicicil Pemkab Ciamis dengan menggunakan APBD Kab. Ciamis. Uang sebesar itu, disebut-sebut termasuk untuk membeli lahan Pasar Wisata.

Hirawan berharap, soal itu "diluruskan". Ia tidak ingin upaya PT Starstrust mendukung perkembangan dunia wisata di Pangandaran melalui hibah tersebut, tidak diketahui. "Untuk kemaslahatan dan kebenaran saya ingin hal itu dibuka," katanya.

Ketua DPRD Ciamis Jeje Wiradinata ketika dikonfirmasi menolak memberikan komentar tentang hal itu. "Hubungi saja Sekda yah," ujarnya. Jeje juga menolak memberikan keterangan seandainya apa yang dikatakan Hirawan itu benar SUMBER Pikiran Rakyat

Redaksi
978

Berita Terkait

Informasi Wisata
Sabtu, 23 Desember 2023 10:13 WIB
Wisata Pangandaran, Ramai Dikunjungi Wisatawan Pada Akhir Pekan Menjelang Libur Natal 2023.

Pada akhir pekan sebelum liburan Natal 2023, pantai Pangandaran dipenuhi oleh wisatawan domestik. myPangandaran melaporkan bahwa wisatawan mulai berdatangan tadi malam dan pagi ini. Memang, mencari akomodasi menjadi semakin sulit.

Informasi Wisata
Selasa, 19 Desember 2023 09:32 WIB
Adi Sumaryadi Libur Natal, Pantai Pangandaran Harus Bisa Tangkal Hoax Yang Biasa Beredar

Libur Natal dan Tahun Baru merupakan high season untuk kunjungan ke Pangandaran, apalagi ditambah dengan libur semester anak sekolah. Namun, momen ini sering dimanfaatkan oleh para penyebar hoax tentang pantai Pangandaran, entah itu hoax, jika Pangandaran ditutup, ada bencana di Pangandaran atau hoax lainnya.

Informasi Wisata
Kamis, 14 September 2023 03:40 WIB
Danau Gajah Mungkur Mengering, Muncul Makam-Makam Antik ke Permukaan

Peristiwa Danau Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, yang mengering melahirkan fenomena munculnya makam-makam kuno.

Informasi Wisata
Selasa, 12 September 2023 07:38 WIB
Keindahan Alam Indonesia: Gunung Kerinci, Perjalanan Menuju Puncak Tertinggi di Sumatera

Gunung Kerinci, sebuah nama yang menggema di Global pendakian, menjadi bukti Konkret keindahan alam Indonesia.

Informasi Wisata
Senin, 11 September 2023 04:44 WIB
Memperingati Lepas 11 September: Hari Radio Nasional dan Kecemerlangan RRI

Hari Radio Nasional merupakan sebuah Seremoni yang diperingati setiap Lepas 11 September di Indonesia. Seremoni ini Mempunyai sejarah yang kaya dan berhubungan erat dengan berdirinya Radio Republik Indonesia (RRI). Berikut ini merupakan rangkuman sejarah dan Arti, maksud dari Hari Radio Nasional. Yuk simak penjelasannya!

Informasi Wisata
Sabtu, 10 Agustus 2013 22:11 WIB
WISATAWAN SERBU PANTAI PANGANDARAN

PANGANDARAN- Jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Pangandaran Kab. Pangandaran mengalami peningkatan sekitar 80 persen pada hari pertama libur setelah Lebaran.Jumlah wisatawan tersebut diperkirakan akan terus meningkat

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.