Potensi Terpendam, Wisata Alam Kedungwuluh
Informasi Wisata Minggu, 03 Maret 2013 09:26 WIB

Potensi Terpendam, Wisata Alam Kedungwuluh

Padaherang, (PB.com),- Wilayah Desa Kedungwuluh Kec. Padaherang memiliki potensi wisata goa yang perlu dikembangkan. Goa yang ada di tempat jumlahnya tidak sedikit alias banyak. Goa-goa itu letaknya tidak jauh, sekitar 60 menit (jalan kaki) dari Jalan Raya Padaherang. Jika dengan kendaraan jarak tempuh hanya mencapi 15 menit.
Syahrudin Heri Rosadi, tokoh masyarakat Desa Kedungwuluh, beberapa waktu lalu mengatakan, Goa Rawas berada di wilayah Gunung Karang yang ada di Desa Kedungwuluh. Tidak jauh dari sana, terdapt juga goa lainnya, seperti Goa Pawon, Goa Tumang, Goa Lawa, Goa Panyingkiran, dan Goa Gelong.
Kepada HR, Syahrudin juga menyebutkan, selain potensi wisata goa, Desa Kedungwuluh juga memiliki potensi wisata air terjun atau curug. Curug tersebut disebut sebagai Curug Bunton, yang memiliki ketinggian mencapai 80 meter.
"Bahkan ada juga potensi wisata air panas disini. Yang pasti, potensi wisata alam ini harus bisa dikembangkan sebagai kawasan yang dapat memberikan kesejahteraan bagi warganya,," ungkap Syahrudin.
Di tempat terpisah, Supardi, Tokoh Pemuda Tani, mengatakan, potensi wisata alam goa, curug dan air panas, serta hutan rakyat yang terdapat di Gunung Karang Kedungwuluh bisa membantu meningkatkan pendapatan desa.
"Selama ini potensi itu dibiarkan tanpa ada perhatian serius dari pemerintah. Padahal jika dikelola dengan baik, itu semua bisa menjadi sumber PAD," katanya.
Supardi berharap, kedepan pemerintah Desa dan Kecamatan khususnya DOB Pangandaran, bisa lebih bijaksana untuk menjadikan Desa Kedungwuluh sebagai Pusat Wisata Alam. (warino)
SUMBER: Harianrakyat.com

Redaksi
889

Berita Terkait

Informasi Wisata
Jum'at, 05 April 2024 09:06 WIB
7 Rekomendasi Wisata di Pangandaran Libur Lebaran 2024

Lebaran sebentar lagiii, eits jangan sambil nyanyi ya bacanya. Yap libur lebaran tinggal menghitung hari, tak lengkap rasanya saat libur lebaran tidak berwisata bersama keluarga. Nah buat kalian yang punya agenda libur lebaran ke Pangandaran jangan skip artikel ini ya.

Informasi Wisata
Sabtu, 23 Desember 2023 10:13 WIB
Wisata Pangandaran, Ramai Dikunjungi Wisatawan Pada Akhir Pekan Menjelang Libur Natal 2023.

Pada akhir pekan sebelum liburan Natal 2023, pantai Pangandaran dipenuhi oleh wisatawan domestik. myPangandaran melaporkan bahwa wisatawan mulai berdatangan tadi malam dan pagi ini. Memang, mencari akomodasi menjadi semakin sulit.

Informasi Wisata
Selasa, 19 Desember 2023 09:32 WIB
Adi Sumaryadi Libur Natal, Pantai Pangandaran Harus Bisa Tangkal Hoax Yang Biasa Beredar

Libur Natal dan Tahun Baru merupakan high season untuk kunjungan ke Pangandaran, apalagi ditambah dengan libur semester anak sekolah. Namun, momen ini sering dimanfaatkan oleh para penyebar hoax tentang pantai Pangandaran, entah itu hoax, jika Pangandaran ditutup, ada bencana di Pangandaran atau hoax lainnya.

Informasi Wisata
Kamis, 14 September 2023 03:40 WIB
Danau Gajah Mungkur Mengering, Muncul Makam-Makam Antik ke Permukaan

Peristiwa Danau Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, yang mengering melahirkan fenomena munculnya makam-makam kuno.

Informasi Wisata
Selasa, 12 September 2023 07:38 WIB
Keindahan Alam Indonesia: Gunung Kerinci, Perjalanan Menuju Puncak Tertinggi di Sumatera

Gunung Kerinci, sebuah nama yang menggema di Global pendakian, menjadi bukti Konkret keindahan alam Indonesia.

Informasi Wisata
Senin, 11 September 2023 04:44 WIB
Memperingati Lepas 11 September: Hari Radio Nasional dan Kecemerlangan RRI

Hari Radio Nasional merupakan sebuah Seremoni yang diperingati setiap Lepas 11 September di Indonesia. Seremoni ini Mempunyai sejarah yang kaya dan berhubungan erat dengan berdirinya Radio Republik Indonesia (RRI). Berikut ini merupakan rangkuman sejarah dan Arti, maksud dari Hari Radio Nasional. Yuk simak penjelasannya!

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.