Informasi Wisata
Populasi Monyet Meningkat, BKSDA Cemas

Populasi Monyet Meningkat, BKSDA Cemas

Oleh | Minggu, 03 Maret 2013 09:26 WIB | 6 Views | Comments

Pangandaran, (PB.com),- Kepala Resort BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Cagar Alam Pangandaran, Yana Hendrayana, menyebutkan, hewan Monyet di wilayah Cagar Alam Pangandaran tingkat populasinya terus meningkat. Hal itu disebabkan oleh banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pengunjung atau wisatawan yang kerap memberikan makan kepada Monyet yang berada di kawasan konservasi tersebut.
" Dengan memberikan makanan kepada monyet dengan makanan yang dibeli di warung, sebenarnya mengakibatkan rusaknya kekayaan alam yang ada didalam lokasi Cagar Alam, karena tingkat populasi monyet akan membanyak dan tidak terbendung," kata Yana, kepada HR, di ruang kerjanya, pekan lalu.
Menurut Yana, reproduksi monyet yang berada di Cagar Alam Pangandaran kalau terlalu banyak sebetulnya kurang baik, karena ketidakseimbangan antar makanan yang berasal dari dalam lingkungan Cagar Alam, dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh monyet.
"Dengan banyaknya monyet yang lahir dan tidak seimbang dengan stok makanan yang ada di dalam, maka dikhawatirkan monyet akan liar dan keluar lingkungan Cagar Alam. Yang akhirnya menjarah makanan warung yang dekat dengan lokasi Cagar Alam ," katanya.
Karenanya, Yana menghimbau kepada pengunjung yang masuk ke lokasi Cagar Alam agar tidak memberi makanan kepada monyet yang berada di kawasan itu.
"Cagar Alam ini kan hutan konservasi, dimana jika ada hewan dan tumbuhan di kawasan ini harus dibiarkan. Jangan terlalu banyak diolah oleh manusia. Contoh kecil, misalnya, bila ada ranting pohon di kawasan hutan ini, jangan dipungut oleh pendatang atau masyarakat, jadi biarkan saja seperti apa adanya" ujarnya. (Syam)
SUMBER: harapanrakyat.com
Photo Illustrasi

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Populasi Monyet Meningkat, BKSDA Cemas?

Informasi Wisata Lainnya
PASAR WISATA DI JUAL ?
Kamis, 15 Agustus 2013 20:47 WIB
PASAR WISATA DI JUAL ?
Pangandaran (PB) Mantan Direktur PT Starstrust Hirawan merasa kaget dengan munculnya pemberitaan berkaitan dgn Pasar Wisata Pangandaran,Ia kaget terutama berkaitan dengan pembelian lahan untuk pembangunan oleh Ciamis
WISATAWAN SERBU PANTAI PANGANDARAN
Sabtu, 10 Agustus 2013 22:11 WIB
WISATAWAN SERBU PANTAI PANGANDARAN
PANGANDARAN- Jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Pangandaran Kab. Pangandaran mengalami peningkatan sekitar 80 persen pada hari pertama libur setelah Lebaran.Jumlah wisatawan tersebut diperkirakan akan terus meningkat
PANGANDARAN tetap MEMPESONA
Sabtu, 10 Agustus 2013 21:11 WIB
PANGANDARAN tetap MEMPESONA
Ribuan wisatawan memadati kawasan wisata Pantai Pangandaran, sejak Sabtu hingga minnggu(21/8) banyaknya wisatawan yang datang ke Pangandaran,pantai batu hiu,pantai batukaras dan grencanyon kemarin sedikit diluar perkiraan
BANK MANDIRI SUDAH BUKA DI PANGANDARAN investasi perbangkan menjajikan
Senin, 05 Agustus 2013 20:54 WIB
BANK MANDIRI SUDAH BUKA DI PANGANDARAN investasi perbangkan menjajikan
Menariknya Kabupaten Pangandaran menyedot para perusahan Perbankkan seperti Bank Mandiri,Bank BNI dan swasta lain untuk berinvestasi,di daerah yang kulturnya cukup beragam dari segala aspek tentu,wisata,ekonomi,menjanjikan.