Informasi Wisata
Kawasan Wisata Pantai Pangandaran, Bali Kedua Indonesia

Kawasan Wisata Pantai Pangandaran, Bali Kedua Indonesia

Oleh | Kamis, 18 Oktober 2012 07:15 WIB | 44 Views | Comments

  Jika Anda berfikir, bahwa untuk refreshing dan berwisata ke Pulau Bali terlalu jauh dan memerlukan uang yang tidak sedikit, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi Kawasan Wisata pantai Pangandaran yang terletak di Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Kawasan Wisata pantai Pangandaran ini memiliki berbagai objek wisata pantai yang eksotis dan tak jauh beda dengan pantai Kuta nya Bali.
  Selain itu, Di Pangandaran, disekitarnya kita juga diberikan berbagai pilihan objek wisata alam lainnya yang juga tak kalah indah. Sebut saja objek Wisata Cukang Taneuh (Green Canyon, Pantai Batu Karas, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Nini, Cagar Alam Pananjung, Pantai Karang Tirta, Wisata Alam Citumang, Pantai Madasari, dll.
Berwisata bersama keluarga ke Pantai Pangandaran memang tidak akan semahal berwisata ke Bali. Saya sendiri sudah lebih dari 5 kali berkunjung ke objek wisata Pantai Pangandaran ini bersama keluarga. Dari pengalaman dan Data yang saya peroleh dari my.pangandaran.com, bahwa untuk masuk Di Kawasan wisata Pantai Pangandaran ini kita dikenakan tiket berpariasi antara kendaraan roda dua dengan roda empat.
  Saat masuk dari pintu gerbang utama, kita langsung akan berhadapan dengan bibir pantai yang jaraknya hanya sekitar beberapa ratus meter saja. Dari pertigaan pertama, apabila kita mengambil arah kanan, maka akan kita temukan berbagai fasilitas hotel dan penginapan, berikut kios dagangan assesories khas Pantai Pangandaran.  Namun secara umum Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Pantai pangandaran yang akan memanjakan kita diantaranya adalah :
1. Lapang parkir yang cukup luas. Terdapat lokasi parkir di kawasan pasar wisata bagi kendaraan besar seperti bus. Jika kita bermalam di hotel, fasilitas parkirnya bisa di dalam hotel, tapi bagi yang tidak menginap, Kita bisa memarkirkan di tempat parkir sekitar jalan dan dekat bibir pantai.
2. Hotel, restoran, penginapan, pondok wisata dengan tarif bervariasi. Bagi yang berkantong tebal kita bisa memilih hotel yang benar-benar dekat dengan kawasan pantai yang hanya terhalang oleh jalan utama. Di Daerah Pantai Barat maupun Pantai Timur. Harga sewa hotelnya tentu agak lumayan, kisaran Rp. 500.000,- s/d Rp. 1.5 juta. Tapi bagi kalangan menengah ke bawah terdapat pula pondok wisata atau penginapan yang harganya di bawah Rp. 500.000 bahkan jika kita menyewa kamar di rumah penduduk dengan harga 50 ribu sampai 200 ribu saja. Kalau saya jika bersama keluarga besar suka menyewa satu rumah yang berisi 3-4 kamar ada ruang keluarga dengan harga sekitar 500 ribu.
3. Pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer. Jika kita memerlukan sarana komunikasi dan penukaran uang, di kawasan wisata pangandaran juga sudah tersedia. ATM berbagai bank pemerintah maupun swasta juga ada.
4. Untuk hiburan malam, kita bisa menikmatinya di lounge hotel atau diskotik yang berada di kawasan pasar wisata. Lokasinya di belakang dengan jarak sekitar 300 meteran dari pantai. Kita bisa karaokean dan menikmati suasana santai malam dengan minuman hangat dan sajian musik malam yang disediakan.
5. Pramuwisata dan Pusat Informasi Pariwisata, yang akan membantu kita jika kita membutuhkan informasi apapun seputar wisata di Pangandaran. Penjaga pantai juga ada, dikenal dengan sebutan Balawisata (Life Guard), yang akan mengingatkan pengunjung saat berenang di pantai agar tidak terlalu ketengah atau masuk wilayah larangan berenang, atau menyelamatkan jika ada pengunjung yang tenggelam saat berenang.
6. Fasilitas Sepeda dan ban renang sewaan, dengan bersepeda yang bisa berboncengan sampai 3 orang, kita bisa berkeliling kawasan pantai Pangandaran bersama istri dan anak yang akan menambah suasana kebersamaan bersama keluarga.
7. Parasailing / jetski dan Banana Boat. Bagi yang hobby tantangan di tengah laut, kita bisa bermain parasailing dan jetski yang tentu akan memacu andrenalin kita.
     Pantai Pangandaran, Pantai Kuta Bali Kedua Indonesia
  Saat ini kawasan wisata Pantai Pangandaran, sudah seperti daerah wisata Bali kedua. Jika datang akhir pekan, long week end atau libur panjang sekolah, pantai Pangandaran selalu dibanjirii puluhan ribu pengunjung yang menyemut. Baik wisatawan domestik dari daerah Ciamis dan Sekitarnya, maupun dari berbagai daerah yang ada di wilayah Jawa Barat Dan Jakarta serta kota-kota lainnya di Indonesia. Bahkan saat ini wisatawan mancanegara juga sudah berbondong-bondong.
  Objek wisata Pantai Pangandaran merupakan primadona pantai di Jawa Barat, terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis. Pantai Pangandaran ini menjadi kawasan wisata Andalan bagi Kabupaten Ciamis dengan PAD yang dihasilkan antara 1,7 sampai 2 Milyar per tahun. Itu baru dari satu item tiket masuk saja. Sementara dari pendapatan pajak hotel dan restoran dan berbagai fasilitas ekonomi lainnya belum termasuk.
  Jika kita berkunjung ke Pantai Pangandaran kita akan menemukan berbagai keindahan alam yang tak akan mudah dilupakan. Rangkaian lukisan alam Ciptaan Tuhan yang akan membuat kita mentafakkuri kebesaranNYA. Disana kita dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari (sunset dan sunrise) dari satu titik tempat yang sama.
  Suara deburan ombak dimalam hari, semilir angin pantainya, serta kerlap-kerlip lampu para nelayan yang sedang mencari ikan serta kapal yang melintas di tengah samudra, akan membuat suasana malam begitu romantis. Maka tak salah kiranya Penyanyi Pop Sunda terkenal Doel Sumbang menulis lirik lagu "Sisi Laut Pangandaran".
Harita basa usum halodo panjang
Calik paduduaan
Dina samak salambar
Hmmm.. saksina bulan anu sapotong
Hmmm.. saksina bentang anu baranang
....................................................................
Kala itu saat musim kemarau panjang
Duduk berdua
Diatas selembar tikar
Hmmmm...Saksinya bulan yang setengah
Hmmmm..Saksinya bintang yang kerlap-kerlip

  Selain itu, Pantai Pangandaran memiliki kontur pantai yang landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman. Sangatlah nyaman untuk berenang bersama keluarga termasuk anak-anak. Maka tidaklah heran, disekitar pinggir pantai, kita akan menyaksikan rombongan keluarga besar, yang kakek neneknya duduk di kursi dekat para penjaja dagangan makanan pinggir pantai, menyaksikan dari kejauhan keriangan anak-anaknya berenang bersama, sementara para cucunya pada bermain pasir dan berlari-larian.
  Tentu dalam suasana keramaian yang sangat, keluarga harus memperhatikan betul aktifitas berenang keluarganya terutama anak-anak. Jangan sampai orang tua lepas kontrol, saking keasyikan berenang, anaknya tak terperhatikan bermain terlalu ketengah hingga terseret ombak. Tak sedikit yang tenggelam dan menimbulkan korban jiwa.
Di Pantai Pangandaran jangan lewatkan pula kawasan pantai dengan hamparan pasir putih yang sedap dipandang mata, dimana kita bisa sampai kesana dengan naik perahu sewaan yang sudah tersedia, biasanya rombongan, dengan sekali angkut 5-15 orang. Disekitar pantai pasir putih itu kita bisa berkeliling ke kawasan cagar alam Pananjung yang terletak diatasnya, dengan suasana rindang pepohonan besar dan teriakan-teriakan monyet kecil yang lincah bermain diatas dahan. Sekali-kali melempari makanan kecil berupa kacang-kacangan pada mereka.
  Selama perjalanan menuju pantai pasir putih itu, kita juga bisa menyaksikan keindahan bawah laut dengan taman, ragam tumbuhan dan ikan-ikan serta kehidupan laut lainnya yang begitu mempesona. Kita bisa mencelupkan kepala kita kebawah atau berenang dengan pelampung untuk menyaksikan biota laut dan keindahan pemandangannya itu.
  Sehabis puas menikmati keindahan pantainya, maka saatnya kita menikmati kebersamaan bersama keluarga, menikmati makan bersama dengan menu sea food. Terdapat lokasi khusus untuk kebutuhan kita menikmati hidangan makanan laut tersebut, letaknya sekitar 1 km saja. Disana kita bisa memilih sendiri ikan laut yang kita inginkan berikut mau dimasak dengan menu apa. Udang, cumi, kepiting, dan berbagai jenis ikan laut lainnya.
  Sebelum berbenah pulang, jangan lupa berbelanja oleh-oleh khas Pantai Pangandaran. Berbagai assesories, pakaian, dan makanan terutama ikan laut tersedia. Sayang rasanya jika moment indah bersama keluarga itu tak kita bawa ke rumah. Sekedar T-shirt atau celana pendek santai bergambar seputar Pantai Pangandaran bolehlah, sehingga kita akan selalu diingatlkan untuk suatu saat, jika kondisi keuangan tetap tak memungkinkan berangkat ke Bali, ya cukup ke Pantai Pangandaran saja....

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Kawasan Wisata Pantai Pangandaran, Bali Kedua Indonesia?

Informasi Wisata Lainnya
PASAR WISATA DI JUAL ?
Kamis, 15 Agustus 2013 20:47 WIB
PASAR WISATA DI JUAL ?
Pangandaran (PB) Mantan Direktur PT Starstrust Hirawan merasa kaget dengan munculnya pemberitaan berkaitan dgn Pasar Wisata Pangandaran,Ia kaget terutama berkaitan dengan pembelian lahan untuk pembangunan oleh Ciamis
WISATAWAN SERBU PANTAI PANGANDARAN
Sabtu, 10 Agustus 2013 22:11 WIB
WISATAWAN SERBU PANTAI PANGANDARAN
PANGANDARAN- Jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Pangandaran Kab. Pangandaran mengalami peningkatan sekitar 80 persen pada hari pertama libur setelah Lebaran.Jumlah wisatawan tersebut diperkirakan akan terus meningkat
PANGANDARAN tetap MEMPESONA
Sabtu, 10 Agustus 2013 21:11 WIB
PANGANDARAN tetap MEMPESONA
Ribuan wisatawan memadati kawasan wisata Pantai Pangandaran, sejak Sabtu hingga minnggu(21/8) banyaknya wisatawan yang datang ke Pangandaran,pantai batu hiu,pantai batukaras dan grencanyon kemarin sedikit diluar perkiraan
BANK MANDIRI SUDAH BUKA DI PANGANDARAN investasi perbangkan menjajikan
Senin, 05 Agustus 2013 20:54 WIB
BANK MANDIRI SUDAH BUKA DI PANGANDARAN investasi perbangkan menjajikan
Menariknya Kabupaten Pangandaran menyedot para perusahan Perbankkan seperti Bank Mandiri,Bank BNI dan swasta lain untuk berinvestasi,di daerah yang kulturnya cukup beragam dari segala aspek tentu,wisata,ekonomi,menjanjikan.