Angin Kencang Landa Jawa Barat, Termasuk Pantai Pangandaran
Berita Pangandaran Sabtu, 04 Februari 2012 22:14 WIB

Angin Kencang Landa Jawa Barat, Termasuk Pantai Pangandaran

Cuaca ekstrim berupa angin kencang terjadi di Jawa Barat, namun akibat angin yang bertiup kencang diatas normal ini menyebabkan intensitas hujan berkurang, sementara itu di Pangandaran dan pantai selatan jawa angin kencang akan menyebabkan tingginya ombak.


Dikutip dari Media Indonesia, Badan Meteorologi dan Geofisikan (BMKG) Bandung, Jawa Barat menyatakan dalam dua pekan ke depan kecepatan angin di wilayah Jabar, khususnya Bandung termasuk ketegori ekstrem, karena gerakan udaranya jauh di atas normal.

Peneliti cuaca BMKG Bandung Susiana, mengungkapkan kecepatan angin di Jabar mencapai 25 kelometer per jam, atau jauh di atas rata-rata akibat adanya tekanan rendah di sepanjang selatan Pulau Jawa. "Padahal, sebelumnya kecepatan angin permukaan hanya 15 kilometer per jam."

Ia menambahkan kecepatan angin bisa saja lebih dari hari ini, karena tekanan rendah di sepanjang Pulau Jawa masih berlangsung. Angin kencang juga berpengaruh pada cuaca, atau berkurangnya intensitas hujan.

"Tidak hanya kerusakan pada rumah dan bangunan, pengaruh angin kencang juga berdampak pada suhu udara yang jauh lebih dingin dari biasanya. Dan, bisa mencapai 20 derajat celcius," ungkapnya.

Susiana meminta nelayan dan warga di sekitar Pantai Selatan Jabar, seperti Pangandaran, Ciamis dan Cipatujah, Tasikmalaya tetap waspada karena ketinggian gelombang laut akibat kecepatan angin bisa di atas 2,5 meter.

Redaksi
527

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Jum'at, 26 April 2024 09:07 WIB
Film Ininnawa: Island Calling Sekarang Tersedia Di Bioskop Online.

Jakarta - Ininnawa: An Island Calling, film dokumenter yang disutradarai oleh Alfan Sablan, yang berhasil meraih Piala Citra pada Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2022,

Berita Pangandaran
Jum'at, 26 April 2024 03:07 WIB
Rupiah Jatuh Menyusul Revisi Turun Pada Data Statistik PDB Amerika Serikat

JAKARTA - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dollar AS melemah di awal pekan menyusul rilis data produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) yang berada

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 09:07 WIB
Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Mengharapkan Indonesia Untuk Bergabung Dengan HCCH

JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI berharap Indonesia dapat bergabung dengan Konferensi Hukum Internasional Privat Den Haag (HCCH) dalam waktu dekat.

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 03:05 WIB
Polisi Dua Wisatawan Tewas Setelah Berenang Di Zona Berbahaya Di Pangandaran

Pangandaran - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Pangandaran menyatakan dua wisatawan yang ditemukan tewas tenggelam setelah terseret ombak, sebelumnya berenang di zona terlarang

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 09:07 WIB
Prabowo, Terima Kasih Kepada Jokowi.

JAKARTA - Calon presiden Indonesia Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa ia telah terpilih sebagai

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 03:07 WIB
Produksi Listrik Dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Di Cina Akan Mencapai 440.000 GWh Pada Tahun 2023

BEIJING - Produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di daratan Cina akan mencapai 440.000 gigawatt jam (GWh) pada tahun 2023, atau hampir mencapai

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.