Berita Pangandaran
Banjir rendam pesawahan kalipucang

Banjir rendam pesawahan kalipucang

Oleh | Selasa, 04 Desember 2012 09:16 WIB | 36 Views | Comments

PANGANDARAN,(PB).-Sekitar dua ratus hektare areal persawahan di Kecamatan Padaherang, Kalipucang, Purwadadi, Kabupaten Pangandaran hingga saat ini masih terendam banjir. Banjir yang sudah berlangsung sekitar setengah bulan lalu, hingga saat ini belum tampak segera surut.

Pantauan di Padaherang, areal persawahan yang terendam banjir hanya terlihat genangan air. Beberapa saung atu gubuk serta pohon kelapa juga tampak masih berdiri di tengah amparan air.

Sebelum diterjang banjir, areal persawahan tersebut sudah siap ditanami padi. Petani sudah selesai mengolah tanah, untuk persiapan menanam padi. Akibat diterjang banjir, persawahan juga kembali rusak, p[etani juga tidak bisa mengolah sawah.

Persawahan yang diterjang banjir merupakan salah satu wilayah yang menjadi langganan banjir. Banjir di wilayah itu disebabkan karena meluapnya Sungai Citanduy. Luapan air Sungai Citanduy, kemudian masuk ke dalam sejumlah anak sungai , seperti Ciseel Kedungpalumpung dan lainnya.

Biasanya banjir juga lama surut, hal itu disebabkan karena secara geografis lokasi atau letak persawahan di sekitar wilayah itu lebih rendah dibandingkan permukaan air Sungai Citanduy. Di lain pihak pintu air juga lebih tinggi, akibatnya air terus menggenang di wilayah tersebut.

Salah seorang petani di Padaherang, Rahman mengungkapkan banjir sudah mulai menggenai persawahan di tempat itu sekitar setengah bulan yang lalu. Semula luapan banjir hanya menggenaning beberapa puluh hektar persawahan.

Luapan banjir mencapai puncak, ungkapnya terjadi ketika tiga hari wilayah Ciamis terus menerus diguyur hujan lebat. Sejak saat itu banjir tidak pernah surut.

"Saya masih ingat hari Kamis (23/11) malam banjir mencapai titik tertinggi. Seluruh sawah terendam banjir, sebelumnya masih terlihat bekas rumput, sekarang semuanya air, kecuali saung dan pohon kelapa," ungkapnya.

Dia mengatakan persiapan tanam sudah dilakukan petani. Petani tidak hanya selesai mengolah tanah, akan tetapi juga sudah memersiapkan persemaian tanaman yang siap dicabut.

"Di sela mengolah tanah, kami juga memersiapkan persemian, sehingga bagitu olah tanah selesai beberapa hari kemudian tanaman di persemaian dicabut untuk dipindah di sawah. Sekarang persemain juga hancur," ungkapnya, yang dibenarkan petani lainnya Asep.

Keduanya mengungkapkan kawasan persawahan yang terendam banjir di antaranya terletak di Desa Tunggulis, Ciganjeng, Paledah, Padaherang, Sindangwangi dan Ciganjeng. Persawahan yang terendam banjir sedikitnya mencapai dua ratus hektar.

"Memang hampir tiap tahun terencam banjir. Saat banjir surut, kami terpaksa kembali mengolah tanah. Jika beruntung masih bisa tanam, tetapi jika kembali banjir harus kembali mengulang mengolah tanah," ungkapnya.

Terpisah Camat Padaherang, Agung Gunawan mengungkapkan belu mengetahui secara persis berapa persawahan yang terendam banjir. Hal itu disebabkan karena sampai saat ini, desa yang persawahannya terendam banjir belum memberikan laporan.

"Hingga saat ini dari desa desa tidak laporan. Itu sudah rutin tiap tahun kalau musim hujan. Karenba belum ada laporan, dengan demikian belum tahu persis berapa luas persawahan yang terendam banjir," ujarnya.

SUMBER: www.pikiranrakyat.com

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Banjir rendam pesawahan kalipucang?

Berita Pangandaran Lainnya
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Sabtu, 01 Agustus 2020 22:19 WIB
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1441 H, H Adang Hadari wakil bupati Pangandaran mengajak masyarakat untuk berpuasa Salah satu ibadah sunnah, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah, merupakan puasa sunnah dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha dalam puasa sunnah dua hari sebelum Idul Adh
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
Kamis, 03 Oktober 2013 00:11 WIB
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
PANGANDARAN, (PRLM).- Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran, Endjang Naffandy membuat sesuatu yang dapat menjadi ciri khas. Yakni batik khas Kabupaten Pangandaran
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
Sabtu, 28 September 2013 05:09 WIB
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
PARIGI, (KP).- Sebanyak tiga kompi Pasukan TNI-AU Lanud Wiriadinata Tasikmalaya mengadakan latihan perang dilanjutkan bakti sosial kepada masyarakat setempat di Pangkalan Pos TNI-AU Kecamatan Parigi, Sabtu (24/8/2013)
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Sabtu, 28 September 2013 05:04 WIB
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Pemkab Ciamis Kucurkan Anggaran Rp 2 Miliar PANGADARAN, (PB).- Keluhan sejumlah dinas soal anggaran yang belum cair sehingga menghambat pelaya­nan kepada masyarakat mulai ada titik terang. Dinas Pendapatan,