4  Unsur  Biasa Penyebab Terjadinya  lindu Bumi
Berita Pangandaran Kamis, 24 Agustus 2023 06:27 WIB

4 Unsur Biasa Penyebab Terjadinya lindu Bumi

Akhir-akhir ini beberapa Daerah di Indonesia kerap diguncang lindu bumi. Hari ini lindu sebesar 4,8 M (magnitudo) mengguncang Daerah Trenggalek, Jawa Timur.

Dilansir dari laman Databoks, pusat gempat berada di laut. "Pusat lindu berada di Bahari 76 km barat Energi Trenggalek dan lindu ini dirasakan Buat diteruskan pada masyarakat." tulis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melalui website resminya, 24 Agustus 2023.

Gempa terjadi pada pukul 19:52:53. lindu berada pada kedalaman 10.0 kilometer dan Tidak berpotensi tsunami. Fana itu, titik koordinat lindu berada pada 8.74 LS (Lintang Selatan) dan 111.51 BT (Bujur Timur).

Gempa bumi termasuk salah Esa bencana alam yang Nir Bisa diprediksi Bilaman akan terjadi. Fenomena ini terjadi Sebab berbagai Unsur penyebab.

Berikut merupakan penyebab lindu bumi seperti dirangkum oleh detiknews dari berbagai sumber.

1. Pergeseran Lempeng Bumi

Gempa bumi yang terjadi Sebab pergeseran lempeng bumi disebut sebagai lindu tektonik. Ini termasuk salah Esa penyebab lindu bumi yang paling sering ditemui.

Gempa bumi pada umumnya disebabkan oleh pelepasan Daya yang dihasilkan oleh tekanan Sebab lempengan yang bergerak. Semakin Akbar tekanan tersebut semakin Nir Mampu ditahan Tengah oleh pinggiran lempeng, ketika itulah lindu bumi terjadi.

2. Letusan Gunung Berapi

Gempa bumi juga Normal terjadi Sebab adanya aktivitas pergerakan magma di dalam gunung berapi. lindu seperti ini Bisa menjadi gejala sebelum terjadinya letusan gunung berapi.

Gempa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi ini disebut sebagai lindu vulkanik. Tetapi, intensitas dari lindu yang disebabkan oleh gunung berapi terhitung Nisbi ringan dengan jangkauan yang terbatas.

3. Kejadian Alam Seperti Tanah Longsor

Fenomena alam seperti tanah longsor, goa yang runtuh, dan sebagainya juga Dapat menyebabkan lindu bumi. lindu yang disebabkan oleh Unsur ini biasanya Cuma berdampak Mini dan Daerah cakupannya sempit. lindu ini biasanya disebut lindu runtuhan atau terban.

4. Unsur Non Alam

Campur tangan Orang juga Rupanya Mampu menyebabkan terjadinya lindu bumi. lindu yang disebabkan oleh Orang biasanya dinamakan seismisitas terinduksi.

Misalnya saja dengan menguji coba peledak berkekuatan tinggi seperti bom atom atau hulu ledak hidrogen juga Dapat memicu lindu bumi. Atau Contoh penambangan yang berlebih dan Nir terkontrol juga Dapat merusak kontur alami lempeng bumi dan membuatnya rentan terhadap pergeseran.

Beberapa Unsur non alam lainnya yang juga Bisa menyebabkan lindu bumi antara lain menurunnya kepadatan tanah dan berkurangnya air tanah secara drastis.

Redaksi
320

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Minggu, 21 April 2024 09:07 WIB
Kereta Api Jurusan Kertapati Menabrak Bus Di Perlintasan Martapula

Palembang - Pada hari Minggu, kereta api Tanjung Karang jurusan Kultapati bertabrakan dengan sebuah bus angkutan penumpang di perlintasan Way Tuba, Martapura, Sumatera Selatan. Kecelakaan tersebut

Berita Pangandaran
Minggu, 21 April 2024 03:07 WIB
Sandiaga Mendukung Peningkatan Pemulihan Pariwisata Setelah Erupsi Gunung Luang.

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akan mendukung langkah-langkah pemulihan dan promosi untuk memulihkan dan meningkatkan sektor pariwisata setempat menyusul penanganan

Berita Pangandaran
Sabtu, 20 April 2024 09:07 WIB
Eric Tohir Di Tengah Masalah Geopolitik, BUMN Harus Aktif Mencari Peluang

JAKARTA - Menteri BUMN Eric Tohir mengatakan BUMN harus proaktif dalam mencari peluang di tengah situasi geopolitik global yang memanas. [Eric mengatakan ketegangan antara Iran

Berita Pangandaran
Sabtu, 20 April 2024 03:07 WIB
Sabalenka Dan Gauf Kalah Di Stuttgart Terbuka

JAKARTA - Rival Iga Swiatek di Stuttgart Terbuka, Alina Sabalenka dan Coco Gauf, mengalami kekalahan mengejutkan di perempat final pada hari Jumat (19/4) waktu setempat.Juara

Berita Pangandaran
Jum'at, 19 April 2024 09:06 WIB
Nagreg, Arus Balik Lebaran Telah Dimulai Pada Hari Pertama.

BANDON PROVINSI - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat memperkirakan akan terjadi arus balik pada H+1 Lebaran atau Kamis (4 November) di jalur Nagleg yang

Berita Pangandaran
Jum'at, 19 April 2024 03:06 WIB
Otoritas Lalu Lintas Bandung Memprediksi Puncak Arus Balik Di Nagleg, H+4 Lebaran.

Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat, memprediksi puncak arus balik kendaraan di jalur Nagreg yang mengarah ke Bandung akan terjadi pada H+4

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.