4  Unsur  Biasa Penyebab Terjadinya  lindu Bumi
Berita Pangandaran Kamis, 24 Agustus 2023 06:27 WIB

4 Unsur Biasa Penyebab Terjadinya lindu Bumi

Akhir-akhir ini beberapa Daerah di Indonesia kerap diguncang lindu bumi. Hari ini lindu sebesar 4,8 M (magnitudo) mengguncang Daerah Trenggalek, Jawa Timur.

Dilansir dari laman Databoks, pusat gempat berada di laut. "Pusat lindu berada di Bahari 76 km barat Energi Trenggalek dan lindu ini dirasakan Buat diteruskan pada masyarakat." tulis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melalui website resminya, 24 Agustus 2023.

Gempa terjadi pada pukul 19:52:53. lindu berada pada kedalaman 10.0 kilometer dan Tidak berpotensi tsunami. Fana itu, titik koordinat lindu berada pada 8.74 LS (Lintang Selatan) dan 111.51 BT (Bujur Timur).

Gempa bumi termasuk salah Esa bencana alam yang Nir Bisa diprediksi Bilaman akan terjadi. Fenomena ini terjadi Sebab berbagai Unsur penyebab.

Berikut merupakan penyebab lindu bumi seperti dirangkum oleh detiknews dari berbagai sumber.

1. Pergeseran Lempeng Bumi

Gempa bumi yang terjadi Sebab pergeseran lempeng bumi disebut sebagai lindu tektonik. Ini termasuk salah Esa penyebab lindu bumi yang paling sering ditemui.

Gempa bumi pada umumnya disebabkan oleh pelepasan Daya yang dihasilkan oleh tekanan Sebab lempengan yang bergerak. Semakin Akbar tekanan tersebut semakin Nir Mampu ditahan Tengah oleh pinggiran lempeng, ketika itulah lindu bumi terjadi.

2. Letusan Gunung Berapi

Gempa bumi juga Normal terjadi Sebab adanya aktivitas pergerakan magma di dalam gunung berapi. lindu seperti ini Bisa menjadi gejala sebelum terjadinya letusan gunung berapi.

Gempa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi ini disebut sebagai lindu vulkanik. Tetapi, intensitas dari lindu yang disebabkan oleh gunung berapi terhitung Nisbi ringan dengan jangkauan yang terbatas.

3. Kejadian Alam Seperti Tanah Longsor

Fenomena alam seperti tanah longsor, goa yang runtuh, dan sebagainya juga Dapat menyebabkan lindu bumi. lindu yang disebabkan oleh Unsur ini biasanya Cuma berdampak Mini dan Daerah cakupannya sempit. lindu ini biasanya disebut lindu runtuhan atau terban.

4. Unsur Non Alam

Campur tangan Orang juga Rupanya Mampu menyebabkan terjadinya lindu bumi. lindu yang disebabkan oleh Orang biasanya dinamakan seismisitas terinduksi.

Misalnya saja dengan menguji coba peledak berkekuatan tinggi seperti bom atom atau hulu ledak hidrogen juga Dapat memicu lindu bumi. Atau Contoh penambangan yang berlebih dan Nir terkontrol juga Dapat merusak kontur alami lempeng bumi dan membuatnya rentan terhadap pergeseran.

Beberapa Unsur non alam lainnya yang juga Bisa menyebabkan lindu bumi antara lain menurunnya kepadatan tanah dan berkurangnya air tanah secara drastis.

Redaksi
258

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Rabu, 28 Februari 2024 09:05 WIB
Kereta Api Boperasi Antara Papandayan Dan Pangandaran Mengangkut Sekitar 8.000 Penduduk

Bandung - Kereta Api (KA) Papandayan relasi Garut-Gambir dan KA Pangandaran relasi Banjar-Gambir mengangkut sekitar 8.000 penumpang selama sepekan beroperasi mulai 24 Januari 2024.

Berita Pangandaran
Rabu, 28 Februari 2024 03:06 WIB
XL Axiata Mencatat Kenaikan Trafik Data Sebesar 15% Selama Libur Akhir Tahun Dan Tahun Baru

Jakarta - Trafik layanan data XL Axiata selama 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, atau sejak Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024, terpantau mengalami

Berita Pangandaran
Selasa, 27 Februari 2024 09:05 WIB
BPH Migas, Peningkatan Konsumsi Sebesar 10% Antara Natal Dan Tahun Baru

JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mencatat konsumsi energi mengalami kenaikan selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, terutama avtur

Berita Pangandaran
Selasa, 27 Februari 2024 03:05 WIB
Menteri ATR Mendesak Banjar Garut Untuk Segera Menyelesaikan RDTR.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Provinsi Jawa Barat, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, meminta pemerintah daerah di Garut dan Banjar dan sekitarnya untuk segera menyelesaikan

Berita Pangandaran
Senin, 26 Februari 2024 09:05 WIB
Taman Safari Bali Mengembangkan Kearifan Lokal Pada Teater Bawah Laut

Gianyar, Bali - Taman Safari Bali mengembangkan kearifan lokal melalui pertunjukan teater bawah air bertajuk "Varuna", yang memadukan seni budaya Pulau Dewata dan nusantara. ["Kami

Berita Pangandaran
Senin, 26 Februari 2024 03:05 WIB
Bay Bermitra Dengan Perusahaan Hotel Kapsul Untuk Mengembangkan Pariwisata Chayumajakuning.

Bandung - Bey Triadi Machmudin, Pelaksana Tugas Gubernur Provinsi Jawa Barat, telah berhasil mengembangkan hotel kapsul dan kabin dari Bandung untuk berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.