4  Unsur  Biasa Penyebab Terjadinya  lindu Bumi
Berita Pangandaran Kamis, 24 Agustus 2023 06:27 WIB

4 Unsur Biasa Penyebab Terjadinya lindu Bumi

Akhir-akhir ini beberapa Daerah di Indonesia kerap diguncang lindu bumi. Hari ini lindu sebesar 4,8 M (magnitudo) mengguncang Daerah Trenggalek, Jawa Timur.

Dilansir dari laman Databoks, pusat gempat berada di laut. "Pusat lindu berada di Bahari 76 km barat Energi Trenggalek dan lindu ini dirasakan Buat diteruskan pada masyarakat." tulis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melalui website resminya, 24 Agustus 2023.

Gempa terjadi pada pukul 19:52:53. lindu berada pada kedalaman 10.0 kilometer dan Tidak berpotensi tsunami. Fana itu, titik koordinat lindu berada pada 8.74 LS (Lintang Selatan) dan 111.51 BT (Bujur Timur).

Gempa bumi termasuk salah Esa bencana alam yang Nir Bisa diprediksi Bilaman akan terjadi. Fenomena ini terjadi Sebab berbagai Unsur penyebab.

Berikut merupakan penyebab lindu bumi seperti dirangkum oleh detiknews dari berbagai sumber.

1. Pergeseran Lempeng Bumi

Gempa bumi yang terjadi Sebab pergeseran lempeng bumi disebut sebagai lindu tektonik. Ini termasuk salah Esa penyebab lindu bumi yang paling sering ditemui.

Gempa bumi pada umumnya disebabkan oleh pelepasan Daya yang dihasilkan oleh tekanan Sebab lempengan yang bergerak. Semakin Akbar tekanan tersebut semakin Nir Mampu ditahan Tengah oleh pinggiran lempeng, ketika itulah lindu bumi terjadi.

2. Letusan Gunung Berapi

Gempa bumi juga Normal terjadi Sebab adanya aktivitas pergerakan magma di dalam gunung berapi. lindu seperti ini Bisa menjadi gejala sebelum terjadinya letusan gunung berapi.

Gempa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi ini disebut sebagai lindu vulkanik. Tetapi, intensitas dari lindu yang disebabkan oleh gunung berapi terhitung Nisbi ringan dengan jangkauan yang terbatas.

3. Kejadian Alam Seperti Tanah Longsor

Fenomena alam seperti tanah longsor, goa yang runtuh, dan sebagainya juga Dapat menyebabkan lindu bumi. lindu yang disebabkan oleh Unsur ini biasanya Cuma berdampak Mini dan Daerah cakupannya sempit. lindu ini biasanya disebut lindu runtuhan atau terban.

4. Unsur Non Alam

Campur tangan Orang juga Rupanya Mampu menyebabkan terjadinya lindu bumi. lindu yang disebabkan oleh Orang biasanya dinamakan seismisitas terinduksi.

Misalnya saja dengan menguji coba peledak berkekuatan tinggi seperti bom atom atau hulu ledak hidrogen juga Dapat memicu lindu bumi. Atau Contoh penambangan yang berlebih dan Nir terkontrol juga Dapat merusak kontur alami lempeng bumi dan membuatnya rentan terhadap pergeseran.

Beberapa Unsur non alam lainnya yang juga Bisa menyebabkan lindu bumi antara lain menurunnya kepadatan tanah dan berkurangnya air tanah secara drastis.

Redaksi
338

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Jum'at, 26 April 2024 09:07 WIB
Film Ininnawa: Island Calling Sekarang Tersedia Di Bioskop Online.

Jakarta - Ininnawa: An Island Calling, film dokumenter yang disutradarai oleh Alfan Sablan, yang berhasil meraih Piala Citra pada Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2022,

Berita Pangandaran
Jum'at, 26 April 2024 03:07 WIB
Rupiah Jatuh Menyusul Revisi Turun Pada Data Statistik PDB Amerika Serikat

JAKARTA - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dollar AS melemah di awal pekan menyusul rilis data produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) yang berada

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 09:07 WIB
Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Mengharapkan Indonesia Untuk Bergabung Dengan HCCH

JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI berharap Indonesia dapat bergabung dengan Konferensi Hukum Internasional Privat Den Haag (HCCH) dalam waktu dekat.

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 03:05 WIB
Polisi Dua Wisatawan Tewas Setelah Berenang Di Zona Berbahaya Di Pangandaran

Pangandaran - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Pangandaran menyatakan dua wisatawan yang ditemukan tewas tenggelam setelah terseret ombak, sebelumnya berenang di zona terlarang

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 09:07 WIB
Prabowo, Terima Kasih Kepada Jokowi.

JAKARTA - Calon presiden Indonesia Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa ia telah terpilih sebagai

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 03:07 WIB
Produksi Listrik Dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Di Cina Akan Mencapai 440.000 GWh Pada Tahun 2023

BEIJING - Produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di daratan Cina akan mencapai 440.000 gigawatt jam (GWh) pada tahun 2023, atau hampir mencapai

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.