Pemekaran Pangandaran, Kemendagri Minta Pemekaran Tunggu UU Pemda yang Baru
Politik dan Pemerintahan Rabu, 18 April 2012 01:19 WIB

Pemekaran Pangandaran, Kemendagri Minta Pemekaran Tunggu UU Pemda yang Baru

Meskipun sudah ditetapkan menjadi daerah otonom baru di inisiatif DPR RI yang diketuk palu beberapa hari yang lalu, Kementrian Dalam Negeri meminta pemekaran yang akan dilakukan untuk menunggu UU Pemda yang baru, hal ini dilakukan supaya saat terbentuk daerah otonom yang baru akan menghasilkan sesuatu yang efektif dan efisien sehingga pelayanan maksimal dapat diberikan kepada masyarakat. 


Dikutip dari situs resmi kemendagri, Kemendagri berharap pembentukan daerah pemekaran baru tersebut berdasarkan undang-undang pemerintahan daerah (UU Pemda) baru,  pengganti UU No 32 Tahun 2004 yang kini tengah dibahas dengan DPR. Alasannya, menurut juru bicara Kemendagri Reydonnyzar Moenek, dalam RUU Pemda baru tersebut dicantumkan grand design rencana penataan daerah mulai 2010 sampai 2025. "Harapan kita, RUU itu nantinya jadi dasar hukum untuk menata daerah otonom baru," kata Dony, panggilan Reydonnyzar Moenek sehari pasca sidang paripurna (13/04).

UU baru ini, tambah dia, secara jelas menyebutkan penataan daerah bisa dilakukan dengan dimekarkan, digabung atau disesuaikan. Aturan ketat tersebut dimaksudkan agar pemerintah daerah baru bisa memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakatnya.


Pasalnya, hasil kajian Kemendagri terhadap 57 daerah baru yang berusia 3 tahun, menunjukkan 70 persen diantaranya gagal sebagai daerah.  Meski begitu, dalam konsultasi terbatas antara pimpinan DPR dengan Presiden yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi beberapa waktu lalu, disepakati pembentukan daerah otonom baru masih dimungkinkan sepanjang menyangkut kepentingan nasional, strategis, dan perbatasan.


Seperti diberitakan, dalam rapat paripurna Kamis (12/4), DPR RI secara aklamasi menyetujui usulan pembentukan daerah baru yang merupakan inisiatif Komisi II DPR RI.


Ke-19 RUU daerah otonom baru terdiri dari 1 provinsi yaitu Kalimantan Utara, 1 kota yakni Raha (Sulawesi Tenggara), dan 17 kabupaten yaitu Muratara dan PALI (Sumatera Selatan), Pesisir Barat (Lampung), Pangandaran (Jawa Barat), Mahakam Ulu (Kalimantan Timur), Malaka (Nusa Tenggara Timur). Selanjutnya, Pulau Taliabu (Maluku Utara), Mamuju Tengah (Sulawesi Barat), Banggai Laut dan Morowali Utara (Sulawesi Tengah), Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Muna Barat (Sulawesi Tenggara), serta Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak (Papua Barat).

Redaksi
708

Berita Terkait

Politik dan Pemerintahan
Sabtu, 18 November 2023 10:45 WIB
Adi Sumaryadi: Tim Pemenangan Cawapres Belum Mengoptimalkan Digital Secara Baik!

Tim pemenangan capres dan cawapres belum terlihat bergerak secara masif dan terstruktur di Digital, padahal dalam digital butuh waktu untuk terindex dan terdistribusi, demikian ungkap Adi Sumaryadi

Politik dan Pemerintahan
Selasa, 14 November 2023 21:55 WIB
Ini Adalah Nomor Urut Calon Presiden Favorit Anda-calon Presiden 2024-Wakil Presiden.

Komisi Pemilihan Umum (KPU)2024???????????????????????????????election.In Pengumuman tersebut akan diikuti oleh tiga set kandidat yang memperebutkan kursi kepemimpinan terbaik di Indonesia.

Politik dan Pemerintahan
Jum'at, 20 Oktober 2023 07:38 WIB
Apa yang Diperingati pada Lepas 20 Oktober? Eksis Hari Osteoporosis Sedunia

Lepas 20 Oktober Mempunyai beberapa peringatan Krusial yang dirayakan. Salah satunya merupakan Hari Osteoporosis Sedunia. Dalam kalender Masehi, Lepas 20 Oktober 2023 Anjlok pada hari Jumat pekan ketiga bulan Oktober. Selain Hari Osteoporosis Sedunia, terdapat 3 Seremoni lain yang menarik yang diperingati pada Lepas ini.

Politik dan Pemerintahan
Senin, 04 September 2023 07:38 WIB
Keseruan Jadi Kru Topi Jerami Naik Kapal Going Merry Yang Berlabuh Di PIK

Netflix menggelar acara Straw Hats Unite: All Aboard the Going Merry, di mana para penggemar Dapat merasakan sensasi jadi kru bajak samudera dengan menaiki kapal bajak samudera pertama kru topi jerami, Going Merry.

Politik dan Pemerintahan
Kamis, 10 Agustus 2023 04:37 WIB
Tiket Presales SMTOWN Jakarta 2023 sudah Penuh Dipesan dalam Masa 8 Menit

Semua kuota tiket presale SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA yang dijual pada Rabu (9/8) siang sudah penuh dipesan. Hal tersebut terjadi kurang dari 10 menit sejak penjualan dibuka pukul 14.00 WIB.

Politik dan Pemerintahan
Minggu, 06 Desember 2020 07:56 WIB
Setelah Partai Politik Demokrat, PAN Kini Partai Politik Hanura Bertekad Dukung Dan Menangkan Pasangan AMAN Di Pilkada Pangandaran 2020

Sehari setelah Partai Politik Demokrat, PAN mendeklarasikan mendukung Pasangan AMAN, kini datang lagi satu Partai Politik yang sedang mengadakan kegiatan Konsolidasi dan temu Kader DPD Partai Hanura Provinsi Jawa Barat Dengan DPC Partai Hanura Kabupaten Pangandaran, menyatakan sikap bahwa Partai Hanura siap mendukung dan memenangkan Pasangan AMAN dengan gambar peserta nomor urut 2 di Pilkada Pangandaran yang akan di gelar 9 Desember 2020 mendatang, Selasa (10/11/2020). sumber kicaunews

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.