Hasil Konsultasi DPRD Nihil
Politik dan Pemerintahan Selasa, 11 Desember 2012 20:39 WIB

Hasil Konsultasi DPRD Nihil

Saya kira semakin cepat, bakal semakin baik..Jika aturannya paling lama sembilan bulan.
H.?Engkon Komara
Bupati Ciamis

CIAMIS, (PB).-Persoalan hak pilih war­ga daerah otonom baru (D­O­B) Pangandaran paska le­pas dari induknya Kabu­pa­ten Ciamis dalam Pemilu Ke­­pala Daerah (Pemilu­ka­da) Ciamis yang berlangsung ta­hun 2013, masih menjadi ba­han perdebatan. Bahkan, lang­ka DPRD Ci­amis me­lakukan konsultasi dengan Dirjen otonomi Da­e­rah tidak membuahkan hasil.
"Hasil konsultasi, Dirjen Otda Kemendagri hanya menyuruh kita untuk menunggu keluarnya Petun­juk Pelaksana dan Petun­juk Tek­nis setelah undang-undang DOB pangandaran di­sahkan," ujar Ketua Ko­misi II DPRD Ciamis Ah­mad Irfan Alawi kepada KP kemarin, 9/12.
Jadi, kata Ahmad berbagai hal yang menyangkut pe­mekaran pangandaran pe­­nuh ketidak pastian. Ke­mendagri pun belum me­miliki petunjuk yang pasti terutama terkait Pe­milihan umum Kepala Derah (Pil­kada) Ciamis yang diselegarakan paka pemeresmian Kabuapten pangandar­an.
"Kepastian peraturan pas­­­­­­ca pemekaran sangat pen­­ting karena menyang­kut kebijakan anggaran, pil­­­kada, pembangunan dan si­tuasi sosial di kedua daerah. Tapi , mungkin karena ba­­­­­nyak aturan yang harus di­sinkronkan, sehingga pemekaran pangandaran men­­­­­­­jadi agak rumit dan unik," ujarnya.
Berkenaan dengan persoalan Pilkada, Bupati Ci­amis Engkon Komara me­nyatakan bahwa secara lo­gi­ka warga Kabupaten Pa­ngandaran tidak memiliki hak memilih bupati Ci­amis. Alasannya saat Pil­kada digelar Pangan­daran sudah resmi menjadi DOB dan berpisah dengan ka­bua­pa­ten Ciamis.
"Logikanya karena sudah lepas atau berpisah, tidak lagi memilih untuk pilkada Ciamis. Hanya saja kepastiannya tunggu saja keputusan Pemerintah Pusat atau daru KPU," tutur Engkon
Engkon berharap agar peresmian Kabupaten Pa­ngandaran bisa dilakukan pada awal-awal tahun 2012. Sebab dalam aturan ha­nya menyebut selambatnya sembilan bulan sudah ada peresmian. Untuk pe­resmian tentunya juga se­kaligus pelantikan penjabat bupati berikut struktur di bawahnya. "Saya kira se­ma­­kin cepat, bakal semakin baik..Jika aturannya paling lama sembilan bu­lan, ar­ti­nya pe­resmian ka­bu­­­pten pa­ngandaran bisa dila­ku­ka­n kurang dari wak­tu yang di­­­ten­tukan,"

SUMBER;http://www.kabar-priangan.com/news/detail/7288

Redaksi
597

Berita Terkait

Politik dan Pemerintahan
Sabtu, 18 November 2023 10:45 WIB
Adi Sumaryadi: Tim Pemenangan Cawapres Belum Mengoptimalkan Digital Secara Baik!

Tim pemenangan capres dan cawapres belum terlihat bergerak secara masif dan terstruktur di Digital, padahal dalam digital butuh waktu untuk terindex dan terdistribusi, demikian ungkap Adi Sumaryadi

Politik dan Pemerintahan
Selasa, 14 November 2023 21:55 WIB
Ini Adalah Nomor Urut Calon Presiden Favorit Anda-calon Presiden 2024-Wakil Presiden.

Komisi Pemilihan Umum (KPU)2024???????????????????????????????election.In Pengumuman tersebut akan diikuti oleh tiga set kandidat yang memperebutkan kursi kepemimpinan terbaik di Indonesia.

Politik dan Pemerintahan
Jum'at, 20 Oktober 2023 07:38 WIB
Apa yang Diperingati pada Lepas 20 Oktober? Eksis Hari Osteoporosis Sedunia

Lepas 20 Oktober Mempunyai beberapa peringatan Krusial yang dirayakan. Salah satunya merupakan Hari Osteoporosis Sedunia. Dalam kalender Masehi, Lepas 20 Oktober 2023 Anjlok pada hari Jumat pekan ketiga bulan Oktober. Selain Hari Osteoporosis Sedunia, terdapat 3 Seremoni lain yang menarik yang diperingati pada Lepas ini.

Politik dan Pemerintahan
Senin, 04 September 2023 07:38 WIB
Keseruan Jadi Kru Topi Jerami Naik Kapal Going Merry Yang Berlabuh Di PIK

Netflix menggelar acara Straw Hats Unite: All Aboard the Going Merry, di mana para penggemar Dapat merasakan sensasi jadi kru bajak samudera dengan menaiki kapal bajak samudera pertama kru topi jerami, Going Merry.

Politik dan Pemerintahan
Kamis, 10 Agustus 2023 04:37 WIB
Tiket Presales SMTOWN Jakarta 2023 sudah Penuh Dipesan dalam Masa 8 Menit

Semua kuota tiket presale SMTOWN LIVE 2023 SMCU PALACE @ JAKARTA yang dijual pada Rabu (9/8) siang sudah penuh dipesan. Hal tersebut terjadi kurang dari 10 menit sejak penjualan dibuka pukul 14.00 WIB.

Politik dan Pemerintahan
Minggu, 06 Desember 2020 07:56 WIB
Setelah Partai Politik Demokrat, PAN Kini Partai Politik Hanura Bertekad Dukung Dan Menangkan Pasangan AMAN Di Pilkada Pangandaran 2020

Sehari setelah Partai Politik Demokrat, PAN mendeklarasikan mendukung Pasangan AMAN, kini datang lagi satu Partai Politik yang sedang mengadakan kegiatan Konsolidasi dan temu Kader DPD Partai Hanura Provinsi Jawa Barat Dengan DPC Partai Hanura Kabupaten Pangandaran, menyatakan sikap bahwa Partai Hanura siap mendukung dan memenangkan Pasangan AMAN dengan gambar peserta nomor urut 2 di Pilkada Pangandaran yang akan di gelar 9 Desember 2020 mendatang, Selasa (10/11/2020). sumber kicaunews

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.