Peresmian dan Pelantikan Diundur, Masyarakat Pangandaran Kecewa
Berita Pangandaran Rabu, 17 Juli 2013 02:43 WIB

Peresmian dan Pelantikan Diundur, Masyarakat Pangandaran Kecewa

PANGANDARAN. Pengunduran peresmian daerah otonom baru Kabupaten Pangandaran sekaligus pelantikan Pejabat Bupati Pangandaran, tidak pelak memunculkan kekecewaan bagi masyarakat.

Diharapkan pelantikan dan peresmian tidak kembali diundur, karena dikhawatirkan bakal menganggu proses jalannya roda pemerintahan serta pelayanan masyarakat.

"Secara manusiawi, tentu saja saya kecewa dengan diundurnya jadwal peresmian sekaligus pelantikan pejabat Bupati Pangandaran. Akan tetapi kami juga bisa memahami kesibukan serta keinginan anggota dewan, khususnya Komisi II DPR RI yang secara langsung ingin mengikuti kegiatan tersebut. Hanya saja, kami berharap tidak ada lagi pengunduran, sebab masyarakat sudah menantikan," tutur Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran Supratman, Senin (8/4).

Dia mengaku dapat memaklumi alasan yang dikemukakan Komisi II yang tengah sibuk melakukan pendampingan di berbagai daerah.

Selain itu wakil rakyat yang duduk di Komisi II juga berharap dapat langsung terlibat mengikuti kegiatan puncak kegiatan yang selama ini diperjuangkannya.

"Apalagi selama ini Komisi II yang selalu melakukan pembahasan serta memperjuangkan keinginan masyarakat Pangandaran, tentunya junga ingin melihat sdetiap proses yang berlangsung," " ujarnya.

Supratman mengatakan bahwa sejak disetujuinya pembentukan DOB Kabupaten Pangandaran lepas dari induknya yaitu Kabupaten Ciamis, masyarakat sepuluh kecamatan yang bergabung dalam Kabupaten Pangandaran, berharap segera diresmikan.

Setelah peresmian serta pelantikan, ia menambahkan keberadaan Kabupaten Pangandaran statsusnya sudah semakin lengkap dan kuat baik de fakto atau fakta maupn de yure (secara hukum).

"Dengan peresmian sekaligus pelantikan pejabat bupati Pangandaran, maka kegiatan pemerintahan sudah mulai bisa berjalan. Lebih dari itu, secara de yure maupun de facto sudah sah. Selama ini secara de yure sudah sah, akan tetapi secara de facto belum lengkap tanpa ada peresmian sekaligus pelantikan pejabat bupati pangandaran," ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran Supratman yang didampingi Andis Sose berharap agar peresmian dan pelatikan pejabat Bupati kabupaten Pangandaran menjadi skala prioritas.

"Sebaiknya menjadi skala prioritas. Dipentingkan dari lain yang juga sama penting. Masyarakat sudah sangat menunggu," tuturnya.

Terpisah Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPRD Ciamis yang bertugas Mengawal Percepatan Peresmian Kabupaten Pangandaran dan Pelantikan Pejabat Bupati, Iwan Ridwan mengaku dapat memahami alasan yang dikemukakan Ketua Komisi II DPRRI Agun Gunandjar Sudarsa menyangkut pengunduran peresmian sekaligus pelantikan pejabat Bupati Pangandaran. Alasannya karena selama ini komisi tersebut terus mengawal pembentukan Kabupaten Pangandaran.

"Prinsipnya kami masih dapat menerima alasan pengunduran tersebut. kami juga menghargai anggota Komisi II DPRRI yang sebelumnya mengusung hak inisiatif tentang pembentukan Kabupaten Pangandaran. Tentunya mereka juga ingin terus mengawal terus hingga peresmian sekaligus pelantikan. Bahkan juga sampai dengan terpilihnya bupati Pangandaran secara definitif dan DPRD," katanya.

Pada bagian lain ia mengatakan bahwa masih banyak hal yang perlu dibenahi di Kecamatan Parigi yang nantinya bakal menjadi Kantor Bupati Pangandaran. Hasil pantauan Pansus DPRD ke seluruh lokasi, perlu secepatnya dilakukan perbaikan atau rehab seluruh fasilitas pemerintahan yang ada di wilayah tersebut.

"Kami menympulkan memang secara fisik masih banyak yang perlu segera dibenahi, seperti kondisi Kantor Kecamatan Parigi yang sebagian hancur, demikian pula perlu dibenahi kantor darurat pejabat Bupati Pangandaran di KUD Minapari Parigi. Selain itu Kantor Balai Desa Karangbenda yang nantinya untuk kecamatan juga perlu segera dibenahi. Kami simpulkan memang fasilitas yang ada sekarang itu adalahg yang terbaik di antara yang kurang baik," kata Iwan.

 

Redaksi
530

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Selasa, 16 April 2024 09:07 WIB
Ekonom Fed Akan Mempertahankan Suku Bunga FF Di Level Tinggi Lebih Lama

JAKARTA - Bank sentral Amerika Serikat (The Fed) diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga acuannya (Fed Funds Rate/FFR) di level yang tinggi untuk waktu yang

Berita Pangandaran
Selasa, 16 April 2024 03:07 WIB
Empat Orang Ditikam Saat Kebaktian Di Gereja Di Sydney.

ANKARA - Empat orang ditikam saat kebaktian gereja yang disiarkan secara langsung di Sydney, Australia, pada hari Senin (15/4), menurut laporan polisi dan media setempat.

Berita Pangandaran
Senin, 15 April 2024 09:05 WIB
Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung 143.800 Kendaraan Meninggalkan Nagreg Pada H+4 Lebaran

Bandung - Dinas Lalu Lintas Provinsi Jawa Barat mencatat jumlah kendaraan yang keluar dari Jalur Nagreg yang mengarah ke Bandung pada H+4 Lebaran 2024 atau

Berita Pangandaran
Senin, 15 April 2024 03:07 WIB
Iran Hanya Menargetkan Situs-situs Militer Israel Dalam Serangan-serangan Terbatas.

Teheran - Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan bahwa serangan balasan Iran hanya menargetkan situs-situs militer Israel. "Iran tidak menyerang situs-situs non-militer dalam

Berita Pangandaran
Minggu, 14 April 2024 09:07 WIB
BMKG Merekomendasikan Untuk Menunda Perjalanan Selama Kondisi Cuaca Ekstrem.

Padang - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau di Padang Pariaman mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan jika ada kemungkinan cuaca

Berita Pangandaran
Sabtu, 13 April 2024 09:05 WIB
Komando Daerah Provinsi Jawa Barat Menangani Enam Penyakit Yang Berbeda Selama Periode Mudik Hingga H+2 Lebaran

Bandung - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengungkapkan ada enam penyakit yang ditangani petugas posko kesehatan selama arus mudik hingga H+2 Lebaran 2024.

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.