Berita Pangandaran
Dua Shelter Raksasa Akan di bangun di DOB Pangandaran

Dua Shelter Raksasa Akan di bangun di DOB Pangandaran

Oleh | Selasa, 19 Februari 2013 21:07 WIB | 275 Views | Comments

Pangandaranbeach.com - Dua shelter berukuran besar yang mampu menampung hingga 3.000 orang bakal dibangun di wilayah Kecamatan Pangandaran dan Cimerak Daerah Otonom Baru (DOB) Pangandaran.Fasilitas tempat perlindungan tersebut dipersiapkan untuk menampung warga, jika sewaktu-waktu terjadi gelombang pasang tsunami atau lainnya.

"Pembangunan dua shelter tersebut bakal dimulai tahun 2013. Selain di Pangandaran, bangunan serupa juga didirikan di Kecamatan Cimerak. Shelter tersebut untuk menampung atau menyelamatkan warga warga apabila sewaktu-waktu terjadi gelombang pasang tsunami yang dapat membahayakan masyarakat," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Dicky Erwin Juliady, Rabu (13/2).

Dia mengungkapkan dibangunnya fasilitas tersebut erat kaitannya dengan yupaya untuk mengantisipasi jatuhnya korban, berkenaan dengan kondisi alam Ciamis yang secara nasional termasuk dalam urutan nomor 22 untuk ancaman tsunami. Sedangkan Provinsi Jawa Barat menduduki urutan ke 8 tsunami.

"Tsunami yang pernah terjadi di Pangandaran merupakan urutan ketiga setelah Aceh dan Sika di Nusa Tenggara Timur. Shelter yang saat ini masih dalam tahap perencanaan tersebut nantinya bakal mampu menampung sekitar 3.000 jiwa. Hal tersebut juga sudah kami sosialisasikan kepada masyarakat," tuturnya.

Shelter yang dibangun di kawasan pantai barat Pangandaran, menelan anggaran sebesar Rp 8 miliar. Lokasi fasilitas tersebut tersebut berada di sekitar bekas Pasar Seni yang hancur akibat diterjang gelombang pasang Tsunami Pangandaran 12 Juli 2006. Sedangkan shleter di wilayah Cimerak, lokasinya berada tidak jauh dari pantai, dengan anggaran sebesar Rp 5 miliar.

Untuk bagian bawah shelter, Dicky menjelaskan saat ini tengah digagas berbagai alternatif pemanfaatannya. Salah satunya adalah menjadikan bagian bawah bangunan tersebut sebagai tempat kegiatan sosial serta penampungan PKL.

"Dengan demikian sekaligus dilakukan penataan terhadap PKL. Hanya saja hal tersebut masih belum final, sebab masih bermunculan ide lain memanfaatkan lokasi tersebut," jelasnya.

Berkenaan dengan penanggulangan bencana, Kepala BPBD Kabupaten Ciamis Dicky mengatakan bahwa untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan dengan mengintensifkan sosialisasi.

Sasaran kegiatan tersebeut di antaranya Taruna Siaga Bencana (Tagana), SAR Panthera, Asosiasi Petugas Penghulu, Perempuan Tanggap Bencana, PMI, Rapi, Orari dan lainnya.

Kegiatan tersebut sekaligus merupakan tindak lanjut adanya pernyataan Gubernur Jawa Barat mengenai penetapan Siaga Darurat Banjir dan Longsor yang berlangsung mulai 17 Januari - 17 April 2013.

"Keterlibatan amil menjadi relawan itu memang hal yang baru. Keberadaan amil juga sangat penting, khususnya untuk penanganan korban jiwa yang tidak bisa ditangani oleh sembarang orang. kami terus mengingatkan serta menggelorakan semangat dan komiten relawan yang bersifat kemanusiaan," jelasnya

Pada bagian lain dia mengungkapkan, sejak awal bulan Januari hingga 1 Februari 2013 di wilayah tatar Galuh Ciamis tercatat 57 kejadian bencana. Terdiri 23 kali tanah longsor, banjir 9 kali, kebakaran 11 kali dan 14 angin puting beliung. Bencana tersebut mengenai 599 KK terdiri 1.893 jiwa, dengan kerugian material sekitar Rp 2,193 miliar.

"Kejadian terakhir adalah angin puting beliung hari Rabu (6/2) di wilayah Kecamatan Pamarican, belasan rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang," tuturnya. Sumber PikiranRakyat, photo ilustrasi

SUMBER:http://www.mypangandaran.com

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Dua Shelter Raksasa Akan di bangun di DOB Pangandaran?

Berita Pangandaran Lainnya
Revitalisasi Pantai Pangandaran Dimulai, Ridwan Kamil Berbagi Cerita
Minggu, 06 Desember 2020 07:52 WIB
Revitalisasi Pantai Pangandaran Dimulai, Ridwan Kamil Berbagi Cerita
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menunggu realisasi janji Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akan melalukan penataan objek wisata di Pangandaran. Hal itu disampaikan Susi dalam akun Intagram pribadinya. Sambil membagikan beberapa foto bersama Ridwan Kamil, Susi mengungkapan janji pria yang kerap disapa Kang Emil itu. "Pak @ridwankamil juga sampaikan katanya rencana penataan obyek wisata Pangandaran akan dimulai tahun 2019," tulis Susi, Jumat (22/11/2018).
Tahun Ini, Program Kota Tanpa Kumuh Dilaksanakan di 364 Kelurahan dengan nilai Rp 10,22 triliun.
Minggu, 06 Desember 2020 06:52 WIB
Tahun Ini, Program Kota Tanpa Kumuh Dilaksanakan di 364 Kelurahan dengan nilai Rp 10,22 triliun.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tahun ini Program Kotaku dilaksanakan di 364 kelurahan di seluruh Indonesia. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 382 miliar. "Setiap tahapan pelaksanaan Program Padat Karya
GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN SENILAI 30 MILIAR MULAI DIBANGUN
Minggu, 06 Desember 2020 06:42 WIB
GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN SENILAI 30 MILIAR MULAI DIBANGUN
Kabupaten Pangandaran terus berbenah dalam mengejar ketertinggalannya, berbagai program terus dijalankan demikian dalam hal membangun penunjangnya (fisik bangunan). Salahsatunya adalah melalui pembangunan gedung perpustakaan daerah (Perpusda) Kabupaten Pangandaran
Pemkab Pangandaran Bangun Alun-alun Senilai Rp 18 M
Minggu, 06 Desember 2020 06:27 WIB
Pemkab Pangandaran Bangun Alun-alun Senilai Rp 18 M
Setelah melakukan penataan kawasan pantai barat dan pantai timur di tahun 2019 ini, objek wisata Pantai Pangandaran kembali berbenah. Tahun 2020 ini sedang membangun alun alun, pemerintah sedang menata kota sekarang sedang membangun Alun-alun Pangandaran.