Berita Pangandaran
Dua Shelter Raksasa Akan di bangun di DOB Pangandaran

Dua Shelter Raksasa Akan di bangun di DOB Pangandaran

Oleh | Selasa, 19 Februari 2013 21:07 WIB | 35 Views | Comments

Pangandaranbeach.com - Dua shelter berukuran besar yang mampu menampung hingga 3.000 orang bakal dibangun di wilayah Kecamatan Pangandaran dan Cimerak Daerah Otonom Baru (DOB) Pangandaran.Fasilitas tempat perlindungan tersebut dipersiapkan untuk menampung warga, jika sewaktu-waktu terjadi gelombang pasang tsunami atau lainnya.

"Pembangunan dua shelter tersebut bakal dimulai tahun 2013. Selain di Pangandaran, bangunan serupa juga didirikan di Kecamatan Cimerak. Shelter tersebut untuk menampung atau menyelamatkan warga warga apabila sewaktu-waktu terjadi gelombang pasang tsunami yang dapat membahayakan masyarakat," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Dicky Erwin Juliady, Rabu (13/2).

Dia mengungkapkan dibangunnya fasilitas tersebut erat kaitannya dengan yupaya untuk mengantisipasi jatuhnya korban, berkenaan dengan kondisi alam Ciamis yang secara nasional termasuk dalam urutan nomor 22 untuk ancaman tsunami. Sedangkan Provinsi Jawa Barat menduduki urutan ke 8 tsunami.

"Tsunami yang pernah terjadi di Pangandaran merupakan urutan ketiga setelah Aceh dan Sika di Nusa Tenggara Timur. Shelter yang saat ini masih dalam tahap perencanaan tersebut nantinya bakal mampu menampung sekitar 3.000 jiwa. Hal tersebut juga sudah kami sosialisasikan kepada masyarakat," tuturnya.

Shelter yang dibangun di kawasan pantai barat Pangandaran, menelan anggaran sebesar Rp 8 miliar. Lokasi fasilitas tersebut tersebut berada di sekitar bekas Pasar Seni yang hancur akibat diterjang gelombang pasang Tsunami Pangandaran 12 Juli 2006. Sedangkan shleter di wilayah Cimerak, lokasinya berada tidak jauh dari pantai, dengan anggaran sebesar Rp 5 miliar.

Untuk bagian bawah shelter, Dicky menjelaskan saat ini tengah digagas berbagai alternatif pemanfaatannya. Salah satunya adalah menjadikan bagian bawah bangunan tersebut sebagai tempat kegiatan sosial serta penampungan PKL.

"Dengan demikian sekaligus dilakukan penataan terhadap PKL. Hanya saja hal tersebut masih belum final, sebab masih bermunculan ide lain memanfaatkan lokasi tersebut," jelasnya.

Berkenaan dengan penanggulangan bencana, Kepala BPBD Kabupaten Ciamis Dicky mengatakan bahwa untuk lebih meningkatkan kesiapsiagaan dengan mengintensifkan sosialisasi.

Sasaran kegiatan tersebeut di antaranya Taruna Siaga Bencana (Tagana), SAR Panthera, Asosiasi Petugas Penghulu, Perempuan Tanggap Bencana, PMI, Rapi, Orari dan lainnya.

Kegiatan tersebut sekaligus merupakan tindak lanjut adanya pernyataan Gubernur Jawa Barat mengenai penetapan Siaga Darurat Banjir dan Longsor yang berlangsung mulai 17 Januari - 17 April 2013.

"Keterlibatan amil menjadi relawan itu memang hal yang baru. Keberadaan amil juga sangat penting, khususnya untuk penanganan korban jiwa yang tidak bisa ditangani oleh sembarang orang. kami terus mengingatkan serta menggelorakan semangat dan komiten relawan yang bersifat kemanusiaan," jelasnya

Pada bagian lain dia mengungkapkan, sejak awal bulan Januari hingga 1 Februari 2013 di wilayah tatar Galuh Ciamis tercatat 57 kejadian bencana. Terdiri 23 kali tanah longsor, banjir 9 kali, kebakaran 11 kali dan 14 angin puting beliung. Bencana tersebut mengenai 599 KK terdiri 1.893 jiwa, dengan kerugian material sekitar Rp 2,193 miliar.

"Kejadian terakhir adalah angin puting beliung hari Rabu (6/2) di wilayah Kecamatan Pamarican, belasan rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang," tuturnya. Sumber PikiranRakyat, photo ilustrasi

SUMBER:http://www.mypangandaran.com

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Dua Shelter Raksasa Akan di bangun di DOB Pangandaran?

Berita Pangandaran Lainnya
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Sabtu, 01 Agustus 2020 22:19 WIB
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1441 H, H Adang Hadari wakil bupati Pangandaran mengajak masyarakat untuk berpuasa Salah satu ibadah sunnah, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah, merupakan puasa sunnah dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha dalam puasa sunnah dua hari sebelum Idul Adh
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
Kamis, 03 Oktober 2013 00:11 WIB
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
PANGANDARAN, (PRLM).- Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran, Endjang Naffandy membuat sesuatu yang dapat menjadi ciri khas. Yakni batik khas Kabupaten Pangandaran
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
Sabtu, 28 September 2013 05:09 WIB
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
PARIGI, (KP).- Sebanyak tiga kompi Pasukan TNI-AU Lanud Wiriadinata Tasikmalaya mengadakan latihan perang dilanjutkan bakti sosial kepada masyarakat setempat di Pangkalan Pos TNI-AU Kecamatan Parigi, Sabtu (24/8/2013)
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Sabtu, 28 September 2013 05:04 WIB
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Pemkab Ciamis Kucurkan Anggaran Rp 2 Miliar PANGADARAN, (PB).- Keluhan sejumlah dinas soal anggaran yang belum cair sehingga menghambat pelaya­nan kepada masyarakat mulai ada titik terang. Dinas Pendapatan,