Sepanjang 2012, Omzet TPI Pangandaran Rp 22,3 Miliar
Berita Pangandaran Rabu, 16 Januari 2013 04:05 WIB

Sepanjang 2012, Omzet TPI Pangandaran Rp 22,3 Miliar

Pangandaranbeach.com - Selama tahun 2012 ini total omzet hasil penjualan ikan tangkapan nelayan yang dilelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pangandaran mencapai Rp 22,3 miliar. Menurut Ketua KUD Minasari Pangandaran, Jeje Wiradinata, pada bulan Desember lalu saja transaksi pelelangan di TPI Pangandaran mencapai Rp 2,8 miliar.

Dari omzet lelang selama 2012 tersebut, kata Jeje, sudah dihasilkan retribusi untuk kas daerah sebesar Rp 660 juta. Nelayan yang melelang ikan hasil tangkapannya di TPI Pangandaran tersebut tidak hanya nelayan lokal Pangandaran, tetapi juga dari nelayan Cilacap yang melaut di perairan Pangandaran.

Sementara itu, membeludaknya kunjungan wisatawan ke Pangandaran selama musim liburan Natal dan Tahun Baru telah memicu lonjakan permintaan hasil laut tangkapan nelayan setempat terutama udang. Pasokan ikan dan udang ke rumah makan-rumah makan hidangan laut pun meningkat. Akibatnya harga ikan dan udang terkerek naik.

"Sampai hari ini harga udang masih tinggi. Mungkin karena kunjungan wisatawan masih tinggi menyusul masa liburan sekolah masih berlangsung," kata Jeje Wiradinata kepada Tribun, akhir pekan lalu.
Jeje mengambil contoh udang jerebung yang naik sampai dua kali lipat dari Rp 80.000 jadi Rp 150.000 per kg. Harga udang dogol yang masih segar saat dilelang di TPI Pangandaran biasanya hanya Rp 35.000 sampai Rp 40.000 per kg, tapi selama musim liburan ini naik jadi Rp 60.000 sampai Rp 80.000 per kg, bergantung kualitas dan ukuran.

Membeludaknya kunjungan wisatawan ke Pangandaran, selain membuat harga ikan dan udang naik, juga memberikan peluang ekonomi bagi nelayan untuk meningkatkan penghasilan seperti dengan berjualan oleh-oleh, ikan asin, membuka warung makan minum, hingga menyewakan rumahnya untuk penginapan sementara.

Sumber: TribunJabar

Redaksi
474

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 09:07 WIB
Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Mengharapkan Indonesia Untuk Bergabung Dengan HCCH

JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI berharap Indonesia dapat bergabung dengan Konferensi Hukum Internasional Privat Den Haag (HCCH) dalam waktu dekat.

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 03:05 WIB
Polisi Dua Wisatawan Tewas Setelah Berenang Di Zona Berbahaya Di Pangandaran

Pangandaran - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Pangandaran menyatakan dua wisatawan yang ditemukan tewas tenggelam setelah terseret ombak, sebelumnya berenang di zona terlarang

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 09:07 WIB
Prabowo, Terima Kasih Kepada Jokowi.

JAKARTA - Calon presiden Indonesia Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa ia telah terpilih sebagai

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 03:07 WIB
Produksi Listrik Dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Di Cina Akan Mencapai 440.000 GWh Pada Tahun 2023

BEIJING - Produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di daratan Cina akan mencapai 440.000 gigawatt jam (GWh) pada tahun 2023, atau hampir mencapai

Berita Pangandaran
Selasa, 23 April 2024 09:07 WIB
Menkominfo: Indonesia Perlu Mempromosikan Diri Kepada Dunia

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan Indonesia memerlukan promosi yang masif ke dunia luar dan sehingga peran dan keberadaan humas

Berita Pangandaran
Selasa, 23 April 2024 03:06 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Rute Alternatif Menjadi Pilihan Untuk Mencegah Arus Balik.

BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan jalur alternatif jalur Selatan, Tengah, dan Utara di Jawa Barat dapat menjadi pilihan bagi para

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.