Berita Pangandaran
Sepanjang 2012, Omzet TPI Pangandaran Rp 22,3 Miliar

Sepanjang 2012, Omzet TPI Pangandaran Rp 22,3 Miliar

Oleh | Rabu, 16 Januari 2013 04:05 WIB | 39 Views | Comments

Pangandaranbeach.com - Selama tahun 2012 ini total omzet hasil penjualan ikan tangkapan nelayan yang dilelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pangandaran mencapai Rp 22,3 miliar. Menurut Ketua KUD Minasari Pangandaran, Jeje Wiradinata, pada bulan Desember lalu saja transaksi pelelangan di TPI Pangandaran mencapai Rp 2,8 miliar.

Dari omzet lelang selama 2012 tersebut, kata Jeje, sudah dihasilkan retribusi untuk kas daerah sebesar Rp 660 juta. Nelayan yang melelang ikan hasil tangkapannya di TPI Pangandaran tersebut tidak hanya nelayan lokal Pangandaran, tetapi juga dari nelayan Cilacap yang melaut di perairan Pangandaran.

Sementara itu, membeludaknya kunjungan wisatawan ke Pangandaran selama musim liburan Natal dan Tahun Baru telah memicu lonjakan permintaan hasil laut tangkapan nelayan setempat terutama udang. Pasokan ikan dan udang ke rumah makan-rumah makan hidangan laut pun meningkat. Akibatnya harga ikan dan udang terkerek naik.

"Sampai hari ini harga udang masih tinggi. Mungkin karena kunjungan wisatawan masih tinggi menyusul masa liburan sekolah masih berlangsung," kata Jeje Wiradinata kepada Tribun, akhir pekan lalu.
Jeje mengambil contoh udang jerebung yang naik sampai dua kali lipat dari Rp 80.000 jadi Rp 150.000 per kg. Harga udang dogol yang masih segar saat dilelang di TPI Pangandaran biasanya hanya Rp 35.000 sampai Rp 40.000 per kg, tapi selama musim liburan ini naik jadi Rp 60.000 sampai Rp 80.000 per kg, bergantung kualitas dan ukuran.

Membeludaknya kunjungan wisatawan ke Pangandaran, selain membuat harga ikan dan udang naik, juga memberikan peluang ekonomi bagi nelayan untuk meningkatkan penghasilan seperti dengan berjualan oleh-oleh, ikan asin, membuka warung makan minum, hingga menyewakan rumahnya untuk penginapan sementara.

Sumber: TribunJabar

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Sepanjang 2012, Omzet TPI Pangandaran Rp 22,3 Miliar?

Berita Pangandaran Lainnya
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Sabtu, 01 Agustus 2020 22:19 WIB
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1441 H, H Adang Hadari wakil bupati Pangandaran mengajak masyarakat untuk berpuasa Salah satu ibadah sunnah, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah, merupakan puasa sunnah dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha dalam puasa sunnah dua hari sebelum Idul Adh
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
Kamis, 03 Oktober 2013 00:11 WIB
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
PANGANDARAN, (PRLM).- Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran, Endjang Naffandy membuat sesuatu yang dapat menjadi ciri khas. Yakni batik khas Kabupaten Pangandaran
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
Sabtu, 28 September 2013 05:09 WIB
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
PARIGI, (KP).- Sebanyak tiga kompi Pasukan TNI-AU Lanud Wiriadinata Tasikmalaya mengadakan latihan perang dilanjutkan bakti sosial kepada masyarakat setempat di Pangkalan Pos TNI-AU Kecamatan Parigi, Sabtu (24/8/2013)
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Sabtu, 28 September 2013 05:04 WIB
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Pemkab Ciamis Kucurkan Anggaran Rp 2 Miliar PANGADARAN, (PB).- Keluhan sejumlah dinas soal anggaran yang belum cair sehingga menghambat pelaya­nan kepada masyarakat mulai ada titik terang. Dinas Pendapatan,