Berita Pangandaran
Ribuan Nelayan Pangandaran Enggan Melaut

Ribuan Nelayan Pangandaran Enggan Melaut

Oleh | Sabtu, 04 Februari 2012 22:14 WIB | 41 Views | Comments

Ribuan nelayan Pantai Pangandaran, Jawa Barat, enggan melaut menyusul cuaca buruk yang masih berlangsung ditandai angin kencang, hujan lebat dan ombak tinggi.

“Mudah-mudahan dua pe-kan ke depan kondisi cuaca sudah kembali normal. Sekarang memang lagi musim angina barat, tapi besar anginnya lebih dari biasanya,” ujar Wakil Ketua Rukun Nelayan (RN) Pangandaran, Ade Entik kepada Tribun Senin (30/1/2012).

Akibat cuaca buruk tersebut kata Ade Entik dari 5.000 KK nelayan di Pantai Pangandaran hanya sekitar 30 persen yang masih nekat melaut. Selebihnya memilih mengganggur di darat.

 “Yang nekat melaut paling sekitar 30 persen, itupun melautnya dekat-dekat saja. Tidak ada yang berani jauh ketengah. Nelayan pancing, rawai maupun nelayan gillnet sekarang umumnya lagi menganggur. Yang masih berani melaut paling-paling nelayan jarring arad, jarring 2 inci yang melautnya hanya disekitar pantai. Demikian juga jarring jogol atau kisril,” ujar Ade Entik yang juga juragan nelayan ini.

Meski ada nelayan yang nekad melaut, namun menurut Ade, hasilnya kurang memuaskan lantaran wilayah tangkapnya hanya disekitar pantai yang jenis dan besar ikannya juga terbatas.

“Sebenarnya harga ikan saat ini lagi bagus-bagusnya. Namun nelayan yang melaut sangat sedikit karena khawatir dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Angin kencang, ombak cukup tinggi antara 2 meter sampai 3 meter,” katanya. Sumber TribunNews

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Ribuan Nelayan Pangandaran Enggan Melaut?

Berita Pangandaran Lainnya
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Sabtu, 01 Agustus 2020 22:19 WIB
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1441 H, H Adang Hadari wakil bupati Pangandaran mengajak masyarakat untuk berpuasa Salah satu ibadah sunnah, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah, merupakan puasa sunnah dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha dalam puasa sunnah dua hari sebelum Idul Adh
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
Kamis, 03 Oktober 2013 00:11 WIB
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
PANGANDARAN, (PRLM).- Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran, Endjang Naffandy membuat sesuatu yang dapat menjadi ciri khas. Yakni batik khas Kabupaten Pangandaran
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
Sabtu, 28 September 2013 05:09 WIB
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
PARIGI, (KP).- Sebanyak tiga kompi Pasukan TNI-AU Lanud Wiriadinata Tasikmalaya mengadakan latihan perang dilanjutkan bakti sosial kepada masyarakat setempat di Pangkalan Pos TNI-AU Kecamatan Parigi, Sabtu (24/8/2013)
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Sabtu, 28 September 2013 05:04 WIB
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Pemkab Ciamis Kucurkan Anggaran Rp 2 Miliar PANGADARAN, (PB).- Keluhan sejumlah dinas soal anggaran yang belum cair sehingga menghambat pelaya­nan kepada masyarakat mulai ada titik terang. Dinas Pendapatan,