Pangandaran - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran mencatat jumlah pengunjung destinasi wisata di Pangandaran, Jawa Barat, mencapai 348.611 orang selama libur akhir tahun 2023, jumlah kunjungan tertinggi pada malam libur Natal dan menjelang pergantian tahun. "Data pengunjung selama libur Natal dan Tahun Baru dari tanggal 22 Desember sampai 1 Januari 2024 sebanyak 348.611 orang," kata Kepala Disparbud Kabupaten Pangandaran, Tongtong Gunthari, saat dihubungi wartawan melalui telepon genggamnya, Selasa. Ia mengatakan Kabupaten Pangandaran memiliki banyak destinasi wisata, terutama wisata pantai, yakni Pantai Karapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Pantai Batu Hiu dan Green Canyon yang dilaporkan ramai dikunjungi wisatawan saat liburan akhir tahun.

Berdasarkan data yang dicatat oleh Disparbud Pangandaran, jumlah kunjungan wisatawan terbanyak selama libur akhir tahun adalah objek wisata Pantai Pangandaran sebanyak 247.256 orang.

Untuk jumlah kunjungan tertinggi dalam satu hari, yaitu pada saat Natal sebanyak 59.986, dan pada akhir tahun pada tanggal 31 Desember 2023 sebanyak 57.630, serta pada hari pertama Tahun Baru 2024 sebanyak 14.972. Menurut dia, jumlah wisatawan selama liburan akhir tahun dan Tahun Baru ini jauh lebih tinggi daripada tahun sebelumnya, ketika 75.414 orang tercatat pada tahun 2022, yang dia kaitkan dengan berkurangnya kejadian COVID-19 dan tidak adanya hoaks terkait pariwisata.

"Ini karena tidak ada COVID-19 dan tidak ada hoaks," kata Tonton. Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Kasatpolairud) AKP Sugianto dari Polres Pangandaran menambahkan bahwa situasi di Pantai Pangandaran ramai selama musim liburan akhir tahun dan tidak ada insiden kecelakaan laut yang menimpa wisatawan.

Selama periode ini, ada banyak laporan tentang orang tua dan anak yang terpisah karena banyaknya orang, namun dapat diatasi tanpa insiden.

"Itu normal karena ada begitu banyak orang. Saya harap ini akan tetap aman. Saya harap para turis mengikuti rambu-rambu yang ada."