Nelayan Desak Penyelesaian PPI Cikidang
Berita Pangandaran Sabtu, 04 Februari 2012 22:12 WIB

Nelayan Desak Penyelesaian PPI Cikidang

Nelayan Pangandaran Kabupaten Ciamis mendesak agar pelabuhan pendaran ikan (PPI) Cikidang di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran segera diselesaikan. Pembangunan PPI yang dilaksanakan sejak tahun 2003 dengan total anggaran Rp 120 miliar tersebut, sampai saat ini belum selesai.

Akibat belum tuntasnya pembangunan PPI menjadikan kawasan wisata Pangandaran penuh sesak oleh perahu nelayan. Padahal apabila PPI Cikidang sudah berfungsi, maka penataan kawasan wisata pantai andalan Provinsi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Ciamis, bakal lebih mudah karena nelayan tidak lagi menambatkan perahu di kawasan wisata. Selain itu juga diharapkan akan ada perubahan pola tangkap nelayan dari yang semula hanya menebar jaring di sekitar Pangandaran, selanjutnya bisa menjangkau laut lepas.

’’Terus terang sejak lama kami berharap PPI Cikidang segera dapat diselesaikan. Kami tidak tahu mengapa persoalan tersebut sampai berlarut, hingga saat ini tidak bisa dimanfaatkan. Bahkan beberapa fisilitas juga rusak, salah satunya diterjang gelombang Tsunami beberapa tahun lalu,’’ ungkap Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Ciamis, Muhamad Yusup.

Dia mengatakan banyak harapan yang ditumpukan pada keberadaan PPI Cikidang. Misalnya ada perubahan pola tangkap nelayan dari yang sebelumnya hanya memakai perahu, beralih memergunakan kapal, dengan demikian jelajahnya lebih luas hingga lautan lepas. Saat ini, lanjutnya mulai muncul ketidak seimbangan antara jumlah perahu nelayan dengan area tangkapan.

"Nelayan mencari ikan pada area tangkap yang sempit, di lain pihak perahu tangkap sangat banyak. Padahal potensi ikan di laut lepas, jumlahnya masih sangat banyak. Setidaknya dengan peralihan perahu menjadi kapal, akan dapat meningkatkan kesejahteraan atau perekonomian nelayan yang selama ini terus terang kondisinya sangat memprihatinkan," katanya.

Yusup mengatakan keberadaan PPI Cikidang juga mampu mendukung upaya konservasi lingkungan, yaitu semakin banyaknya ikan serta biota laut yang berkembang di kawasan Pangandaran. Salah satu upayanya adalah dengan memindahkan area parkir perahu di pantai barat atau timur ke kawasan PPI dan sekitarnya. Dengan demikian manfaat lainnya adalah lebih mudah melakukan penataan kawasan Pangandaran sebagai daerah wisata pantai.

"Di sekitar PPI Cikidang nantinya akan muncul permukiman nelayan. Kampung tersebut dapat dijadikan sebagai daerah tujuan wisata, bagi wisatawan yang ingin mengetahui kehidupan nelayan secara langsung di kampung nelayan. Hal tersebut nantinya juga menjadi daya dukung sektor pariwisata," tuturnya.

Lebih lanjut dia meminta kepastian dari pemerintah, kapan bangunan PPI Cikidang dapat diselesaikan. Yang selama ini terjadi, pembangunan tidak dilaksankan secara menyeluruh atau sebagian-sebagain. Akibatnya proses pembangunannya berlarut.
"Bagi kami yang penting adalah adanya kepastian sampai kapan PPI Cikidang selesai dibangun, setahu atau dua tahun lagi. Ini penting untuk segera melakukan penataan. Harus ada keberanian dari pemerintah untuk memastikan sampai kapan pembanguan fasilitas penting tersebut dapat diselesaikan," kata Yusup menegaskan.

Sebelumnya Wakil Bupati Ciamis Iing Syam Arifin mengungkapkan pembangunan PPI Cikidang membutuhkan anggaran sebesar Rp 120 miliar. Hanya saja dalam perjalanan pembangunan yang dimulai sejak tahun 2003, sampai saat ini belum tuntas, bahkan sejumlah bagunan seperti pemecah ombah hancur akibat diterjang tsunami.

Untuk membantu pembangunan fasilitas tersebut, pada tahun 2010 pembangunan PPI Cikidang mendapat suntikan dana sebesar Rp 13,9 miliar. Anggaran tersebut berasal dari APBD Prov Jabar sebesar Rp 10 miliar dan APBD Ciamis Rp 3,9 miliar. Dana terseut dialokasikan untuk pembangunan areal parkir halaman PPI, drainase, serta kelanjutan pembangunan pemecah ombak atau break water.

"Nantinya perahu yang disandarkan di Pantai barat maupun pantai timur di tambatkan di PPI Cikidang, sehingga memermudah penataan kawasan wisata Pangandaran. Tersendatnya pembangunan disebabkan karena tersendat dan terbatasnya anggaran. Seperti halnya nelayan, kami juga berharap PPI Cikidang dapat segera diselesaikan," katanya. Sumber PikiranRakyat

Redaksi
498

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 03:05 WIB
Polisi Dua Wisatawan Tewas Setelah Berenang Di Zona Berbahaya Di Pangandaran

Pangandaran - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Pangandaran menyatakan dua wisatawan yang ditemukan tewas tenggelam setelah terseret ombak, sebelumnya berenang di zona terlarang

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 09:07 WIB
Prabowo, Terima Kasih Kepada Jokowi.

JAKARTA - Calon presiden Indonesia Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa ia telah terpilih sebagai

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 03:07 WIB
Produksi Listrik Dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Di Cina Akan Mencapai 440.000 GWh Pada Tahun 2023

BEIJING - Produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di daratan Cina akan mencapai 440.000 gigawatt jam (GWh) pada tahun 2023, atau hampir mencapai

Berita Pangandaran
Selasa, 23 April 2024 09:07 WIB
Menkominfo: Indonesia Perlu Mempromosikan Diri Kepada Dunia

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan Indonesia memerlukan promosi yang masif ke dunia luar dan sehingga peran dan keberadaan humas

Berita Pangandaran
Selasa, 23 April 2024 03:06 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Rute Alternatif Menjadi Pilihan Untuk Mencegah Arus Balik.

BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan jalur alternatif jalur Selatan, Tengah, dan Utara di Jawa Barat dapat menjadi pilihan bagi para

Berita Pangandaran
Senin, 22 April 2024 09:05 WIB
Tim SAR Menemukan Jasad Seorang Turis Yang Terseret Ombak Di Pangandaran.

Pangandaran - Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan berhasil menemukan jasad dua orang wisatawan yang hilang saat berenang di kawasan Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.