Berita Pangandaran
Nelayan Desak Penyelesaian PPI Cikidang

Nelayan Desak Penyelesaian PPI Cikidang

Oleh | Sabtu, 04 Februari 2012 22:12 WIB | 39 Views | Comments

Nelayan Pangandaran Kabupaten Ciamis mendesak agar pelabuhan pendaran ikan (PPI) Cikidang di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran segera diselesaikan. Pembangunan PPI yang dilaksanakan sejak tahun 2003 dengan total anggaran Rp 120 miliar tersebut, sampai saat ini belum selesai.

Akibat belum tuntasnya pembangunan PPI menjadikan kawasan wisata Pangandaran penuh sesak oleh perahu nelayan. Padahal apabila PPI Cikidang sudah berfungsi, maka penataan kawasan wisata pantai andalan Provinsi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Ciamis, bakal lebih mudah karena nelayan tidak lagi menambatkan perahu di kawasan wisata. Selain itu juga diharapkan akan ada perubahan pola tangkap nelayan dari yang semula hanya menebar jaring di sekitar Pangandaran, selanjutnya bisa menjangkau laut lepas.

’’Terus terang sejak lama kami berharap PPI Cikidang segera dapat diselesaikan. Kami tidak tahu mengapa persoalan tersebut sampai berlarut, hingga saat ini tidak bisa dimanfaatkan. Bahkan beberapa fisilitas juga rusak, salah satunya diterjang gelombang Tsunami beberapa tahun lalu,’’ ungkap Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Ciamis, Muhamad Yusup.

Dia mengatakan banyak harapan yang ditumpukan pada keberadaan PPI Cikidang. Misalnya ada perubahan pola tangkap nelayan dari yang sebelumnya hanya memakai perahu, beralih memergunakan kapal, dengan demikian jelajahnya lebih luas hingga lautan lepas. Saat ini, lanjutnya mulai muncul ketidak seimbangan antara jumlah perahu nelayan dengan area tangkapan.

"Nelayan mencari ikan pada area tangkap yang sempit, di lain pihak perahu tangkap sangat banyak. Padahal potensi ikan di laut lepas, jumlahnya masih sangat banyak. Setidaknya dengan peralihan perahu menjadi kapal, akan dapat meningkatkan kesejahteraan atau perekonomian nelayan yang selama ini terus terang kondisinya sangat memprihatinkan," katanya.

Yusup mengatakan keberadaan PPI Cikidang juga mampu mendukung upaya konservasi lingkungan, yaitu semakin banyaknya ikan serta biota laut yang berkembang di kawasan Pangandaran. Salah satu upayanya adalah dengan memindahkan area parkir perahu di pantai barat atau timur ke kawasan PPI dan sekitarnya. Dengan demikian manfaat lainnya adalah lebih mudah melakukan penataan kawasan Pangandaran sebagai daerah wisata pantai.

"Di sekitar PPI Cikidang nantinya akan muncul permukiman nelayan. Kampung tersebut dapat dijadikan sebagai daerah tujuan wisata, bagi wisatawan yang ingin mengetahui kehidupan nelayan secara langsung di kampung nelayan. Hal tersebut nantinya juga menjadi daya dukung sektor pariwisata," tuturnya.

Lebih lanjut dia meminta kepastian dari pemerintah, kapan bangunan PPI Cikidang dapat diselesaikan. Yang selama ini terjadi, pembangunan tidak dilaksankan secara menyeluruh atau sebagian-sebagain. Akibatnya proses pembangunannya berlarut.
"Bagi kami yang penting adalah adanya kepastian sampai kapan PPI Cikidang selesai dibangun, setahu atau dua tahun lagi. Ini penting untuk segera melakukan penataan. Harus ada keberanian dari pemerintah untuk memastikan sampai kapan pembanguan fasilitas penting tersebut dapat diselesaikan," kata Yusup menegaskan.

Sebelumnya Wakil Bupati Ciamis Iing Syam Arifin mengungkapkan pembangunan PPI Cikidang membutuhkan anggaran sebesar Rp 120 miliar. Hanya saja dalam perjalanan pembangunan yang dimulai sejak tahun 2003, sampai saat ini belum tuntas, bahkan sejumlah bagunan seperti pemecah ombah hancur akibat diterjang tsunami.

Untuk membantu pembangunan fasilitas tersebut, pada tahun 2010 pembangunan PPI Cikidang mendapat suntikan dana sebesar Rp 13,9 miliar. Anggaran tersebut berasal dari APBD Prov Jabar sebesar Rp 10 miliar dan APBD Ciamis Rp 3,9 miliar. Dana terseut dialokasikan untuk pembangunan areal parkir halaman PPI, drainase, serta kelanjutan pembangunan pemecah ombak atau break water.

"Nantinya perahu yang disandarkan di Pantai barat maupun pantai timur di tambatkan di PPI Cikidang, sehingga memermudah penataan kawasan wisata Pangandaran. Tersendatnya pembangunan disebabkan karena tersendat dan terbatasnya anggaran. Seperti halnya nelayan, kami juga berharap PPI Cikidang dapat segera diselesaikan," katanya. Sumber PikiranRakyat

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Nelayan Desak Penyelesaian PPI Cikidang?

Berita Pangandaran Lainnya
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Sabtu, 01 Agustus 2020 22:19 WIB
H. Adang Hadari Gelar Sunatan Masal Jelang Idul Adha
Dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1441 H, H Adang Hadari wakil bupati Pangandaran mengajak masyarakat untuk berpuasa Salah satu ibadah sunnah, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah, merupakan puasa sunnah dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha dalam puasa sunnah dua hari sebelum Idul Adh
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
Kamis, 03 Oktober 2013 00:11 WIB
BUPATI PANGANDARAN DISAIN BATIK UNIK CIRI HAS KABUPATEN PANGANDARAN
PANGANDARAN, (PRLM).- Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran, Endjang Naffandy membuat sesuatu yang dapat menjadi ciri khas. Yakni batik khas Kabupaten Pangandaran
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
Sabtu, 28 September 2013 05:09 WIB
Pasukan Lanud Wiriadinata Latihan Perang di Pangandaran
PARIGI, (KP).- Sebanyak tiga kompi Pasukan TNI-AU Lanud Wiriadinata Tasikmalaya mengadakan latihan perang dilanjutkan bakti sosial kepada masyarakat setempat di Pangkalan Pos TNI-AU Kecamatan Parigi, Sabtu (24/8/2013)
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Sabtu, 28 September 2013 05:04 WIB
Dana Hibah Untuk Kabupaten Pangandaran Belum Cair
Pemkab Ciamis Kucurkan Anggaran Rp 2 Miliar PANGADARAN, (PB).- Keluhan sejumlah dinas soal anggaran yang belum cair sehingga menghambat pelaya­nan kepada masyarakat mulai ada titik terang. Dinas Pendapatan,