KLHK Ungkap Penyebab Polusi Udara di Jakarta Memburuk dan Pencemaran Meningkat
Berita Pangandaran Senin, 14 Agustus 2023 07:49 WIB

KLHK Ungkap Penyebab Polusi Udara di Jakarta Memburuk dan Pencemaran Meningkat

Kementerian Lingkungan Hayati dan Kehutanan (KLHK) membantah bahwa polusi udara di Jakarta merupakan yang terburuk di dunia. Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Sigit Reliantoro mengatakan perlu Eksis Komparasi data Buat Memandang indeks kualitas udara di Ibu Kota.

"Sebetulnya Jika diframing bahwa kita itu terkotor, tercemar di Semua Mayapada Angka 1, itu yang perlu diluruskan. Kita belum menyaksikan sumber Kabar yang lain," kata Beliau dalam konferensi pers di KLHK, Jakarta Pusat pada Ahad, 13 Agustus 2023.


Ia pun merujuk pada situs aqcin.org. Dalam laman tersebut, Taraf polusi di Jakarta merupakan 160. Nomor ini Tetap lebih Bawah dibandingkan di Yangon Myanmar Yakni 211, Kopenhagen Denmark sebesar 500, dan Alaska di level 200. 

Dilansir dari laman Tempo, Sigit juga membeberkan Nomor polusi udara yang dihimpun oleh KLHK sejak 2018 hingga 2023. Berdasarkan data tersebut, bahkan Taraf polusi udara Jakarta selama Waktu pandemi dan pra-pandemi berada dalam kondisi baik. Kendati demikian, ia Tidak menampik terjadi peningkatan polusi pada beberapa bulan terakhir. Penyebabnya, kata dia, merupakan Unsur debu yang berkontribusi terhadap indeks kualitas udara di jakarta. 

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan latar belakang kualitas udara di perkotaan Indonesia, khususnya Jakarta terlihat buruk. Pasalnya, pengukurannya berada di kawasan yang terhalang gedung, sehingga terjadi perputaran angin yang terjebak di Daerah itu.

"Kalau itu terjadi di gedung yang diapit maka yang terjadi angin itu Nir Dinamis di mana-mana, sehingga ini disebut pencemaran meningkat sekian kali dari basenya," kata dia.

Ditambah Sebab Dampak kendaraan motor, ia mengatakan polusi Nir Dapat Dinamis ke mana-mana sehingga Fokus pencemaran Mampu meningkat bahkan 10 kali dari kondisi yang ada. Menurutnya, hal itu yang sebetulnya Membikin terjadi Fokus pencemaran yang tinggi di Jakarta atau Sebab fenomena street canyon. 


Menurut Sigit, hal itu juga terjadi di kota Akbar lainnya di Tanah Air seperti Bandung. Sebab bentuknya berupa lembah, ia berujar polusi udara di bandung terjebak dan Cuma Mampu lolos Kalau Eksis hujan atau angin yang memecah jebakan polusi itu. 

Sementara itu, situs IQAir menilai kualitas udara Jakarta merupakan yang terburuk di Global pagi ini per pukul 06.14. Indeks Kualitas Udara (AQI) Jakarta tercatat 170 poin atau masuk kategori Nir sehat dengan Fokus polutan Primer PM2.5 sebesar 93,2 mikrogram per meter kubik.

Konsentrasi PM2.5 di Jakarta Ketika ini 18.6 kali nilai Pedoman kualitas udara tahunan World Health Organization (WHO). Particulate Matter (PM2.5) merupakan partikel udara yang berukuran lebih Mini dari atau sama dengan 2.5 µm (mikrometer).

Adapun kota terpolusi di Global di Rendah Jakarta pagi ini berdasarkan situs tersebut, Yakni Dubai, Uni Emirat Arab (AQI: 157); dan Johannesburg, Afrika Selatan (AQI:156); Hanoi, Vietnam (AQI: 151); dan Doha, Qatar (AQI: 140).

Administrator
286

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Jum'at, 26 April 2024 09:07 WIB
Film Ininnawa: Island Calling Sekarang Tersedia Di Bioskop Online.

Jakarta - Ininnawa: An Island Calling, film dokumenter yang disutradarai oleh Alfan Sablan, yang berhasil meraih Piala Citra pada Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2022,

Berita Pangandaran
Jum'at, 26 April 2024 03:07 WIB
Rupiah Jatuh Menyusul Revisi Turun Pada Data Statistik PDB Amerika Serikat

JAKARTA - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dollar AS melemah di awal pekan menyusul rilis data produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat (AS) yang berada

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 09:07 WIB
Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Mengharapkan Indonesia Untuk Bergabung Dengan HCCH

JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI berharap Indonesia dapat bergabung dengan Konferensi Hukum Internasional Privat Den Haag (HCCH) dalam waktu dekat.

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 03:05 WIB
Polisi Dua Wisatawan Tewas Setelah Berenang Di Zona Berbahaya Di Pangandaran

Pangandaran - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Pangandaran menyatakan dua wisatawan yang ditemukan tewas tenggelam setelah terseret ombak, sebelumnya berenang di zona terlarang

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 09:07 WIB
Prabowo, Terima Kasih Kepada Jokowi.

JAKARTA - Calon presiden Indonesia Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa ia telah terpilih sebagai

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 03:07 WIB
Produksi Listrik Dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Di Cina Akan Mencapai 440.000 GWh Pada Tahun 2023

BEIJING - Produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di daratan Cina akan mencapai 440.000 gigawatt jam (GWh) pada tahun 2023, atau hampir mencapai

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.