Presedium Pemekaran Kabupaten Pangandaran
Berita Pangandaran Kamis, 20 September 2012 21:43 WIB

Presedium Pemekaran Kabupaten Pangandaran

Presedium Pemekaran Kabupaten Pangandaran
     Parigi, Kamis 20 september 2012 Dalam acara halal Bi Halal tahu ini yang diselenggarakan oleh para tokoh / Sesepuh warga Masyarakat kecamatan Parigi yang bertempat di Aula Islamic Center Parigi, Bukan hanya sekedar acara silaturahmi semata melainkan sekaligus membahas masalah pemekaran kabupaten pangandaran yang menurut warga masyarakat  masih tanda tanya  atau masih ditunggu - tunggu realisasi terwujudnya kabupaten pangandaran ini sudah lama sekali tentunya.
 Acara dimulai dari pukul 08.00 wib s/d selesai dengan dihadiri oleh para tokoh - tokoh warga masyarakat perwakilan yang mewakili  dari 10 Kecamatan yang ada di daerah wilayah tatar selatan kabupaten Ciamis.
Antusiasme warga masyarakat Pangandaran dan sekitarnya menghadiri acara tersebut terlihat merasa senang dan gembira dengan kabar gembira yang disampaikan oleh salah satu sesepuh yang sekaligus turut serta ikut memperjuangkan terwujudnya pemekaran kabupaten pangandaran ini, Yakni Bapak Pratman selaku sesepuh salah satu perwakilan warga dari kecamatan pangandaran.
Beliau memaparkan bahwasanya dalam waktu dekat ini atau bisa dibilang dalam beberapa bulan kedepan nanti Insya Alloh Kabupaten Pangandaran akan Resmi dan terealisasikan. Mengingat waktu - waktu sebelumnya rencana pemekaran kabupaten Pangandaran dari Kabupaten Ciamis ini hanya sebatas perizinan yang telah dikeluarkan oleh Bapak gubernur jawa barat, tetapi Realisasiannya belum terwujudkan dikarenakan masih banyak prosedur - prosedur yang harus diselesaikan / terpenuhi untuk menjadi wilayah kabupaten tentunya. Harapan yang sudah dinanti - nantikan sejak dari tahun 2007 lalu oleh masyarakat Pangandaran dan sekitarnya akhirnya Insya Alloh akan terwujudkan pada bulan Oktober 2012 nanti.
   Rencananya untuk daerah ibu kota atau pusat pemerintahannya nanti akan berada di daerah kecamatan parigi bukan di kecamatan pangandaran karena pangandaran nantinya akan dikhususkan untuk daerah pariwisata. Sejauh ini segala sesuatu usaha pengorbanan dari para Tokoh - tokoh kita yang telah begitu banyak mengeluarkan jasa moril maupun materil yang tidak bisa dihitung oleh jari dalam memperjuangkan untuk mewujudkan Pemekaran Wilayah Pangandaran ini untuk mejadi sebuah kabupaten yang mandiri atau memiliki otonomi daerah sendiri dalam artian tidak lagi menginduk ke kabupaten Ciamis akan segera terwujud. Bahkan menurut agenda rencana kabupaten pangandaran ini akan terwujud sebagai kabupaten yang istimewa ( khusus ) seperti halnya daerah Ibu kota Jogja atau daerah istimewa lainnya. Yakni Daerah yang mengedepankan / mengembangkan faktor - faktor Sumber daya alam (SDA) atau Sumber daya manusia (SDM) nya yang terdapat di daerah kita juga denganbanyaknya para investor - investor yang menanamkan modalnya di kabupaten pangandaran untuk kemudian dijadikan modal utama pendapatan daerah, Dengan begitu tentunya tidak akan cukup hanya dengan berdiri sebagai Kabupaten saja seperti halnya kabupaten yang lain nantinya, Melainkan akan mampu menjadi sebuah Kabupaten yang istimewa (Daerah khusus) yang mandiri dengan mementingkan / mengedepankan sektor Pariwisata dan juga sektor yang lain - lainnya juga.
   Agenda rencana pembangunan Kabupaten Pangandaran itu sendiri sedikit telah di paparkan oleh Bapak Pratman, Menurut beliau salah satu agenda program pemerintahan nanti akan di bukanya akses jalur menuju pangandaran terdiri dari tiga (3) arah kota yakni dari Tasikmalaya bisa melalui jalur pesisir pantai barat, Dari arah kota Ciamis melalui jalur yang diperbaharui atau akan di realisasikannya melalui jalur sebelah utara pangandaran yakni daerah kecamatan Langkap Lancar. Dan kalau dari arah banjar tetap menggunakan jalur yang melewati daerah banjarsari - kalipucang, sebagaimana jalur yang telah biasa kita gunakan sampai sekarang ini. Nanti setelah program ini terealisasikan Insya Alloh kedepannya daerah pariwisata pangandaran dan sekitarnya tidak akan mengalami lagi kemacetan kendaraan para pengunjung atau wisatawan yang datang untuk berlibur pada saat musim liburan nanti.
   Setelah terwujudnya kabupaten pangandaran nanti warga masyarakat pangandaran dan sekitarnya khususnya warga masyarakat kecamatan parigi diharapkan Untuk ikut serta berperan aktif dalam mewujudkan kabupaten pangandaran ini, Karena Perubahan tidak akan berjalan dengan baik sebagai mana yang diharapkan kalau tidak ada keterlibatan serta dorongan moril / spirit dari warga masyarakat itu sendiri.

Redaksi
850

Berita Terkait

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 09:07 WIB
Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Mengharapkan Indonesia Untuk Bergabung Dengan HCCH

JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI berharap Indonesia dapat bergabung dengan Konferensi Hukum Internasional Privat Den Haag (HCCH) dalam waktu dekat.

Berita Pangandaran
Kamis, 25 April 2024 03:05 WIB
Polisi Dua Wisatawan Tewas Setelah Berenang Di Zona Berbahaya Di Pangandaran

Pangandaran - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Pangandaran menyatakan dua wisatawan yang ditemukan tewas tenggelam setelah terseret ombak, sebelumnya berenang di zona terlarang

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 09:07 WIB
Prabowo, Terima Kasih Kepada Jokowi.

JAKARTA - Calon presiden Indonesia Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa ia telah terpilih sebagai

Berita Pangandaran
Rabu, 24 April 2024 03:07 WIB
Produksi Listrik Dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Di Cina Akan Mencapai 440.000 GWh Pada Tahun 2023

BEIJING - Produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di daratan Cina akan mencapai 440.000 gigawatt jam (GWh) pada tahun 2023, atau hampir mencapai

Berita Pangandaran
Selasa, 23 April 2024 09:07 WIB
Menkominfo: Indonesia Perlu Mempromosikan Diri Kepada Dunia

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan Indonesia memerlukan promosi yang masif ke dunia luar dan sehingga peran dan keberadaan humas

Berita Pangandaran
Selasa, 23 April 2024 03:06 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Rute Alternatif Menjadi Pilihan Untuk Mencegah Arus Balik.

BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan jalur alternatif jalur Selatan, Tengah, dan Utara di Jawa Barat dapat menjadi pilihan bagi para

Logo

Pangandaran Info adalah situs informasi Pangandaran baik informasi dan berita regional maupuan informasi wisata Pangandaran.

© pangandaraninfo.com 2023, All Rights Reserved.