Berita Pangandaran
GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN SENILAI 30 MILIAR MULAI DIBANGUN

GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN SENILAI 30 MILIAR MULAI DIBANGUN

Oleh | Minggu, 06 Desember 2020 06:42 WIB | 85 Views | Comments

Kabupaten Pangandaran terus berbenah dalam mengejar ketertinggalannya, berbagai program terus dijalankan demikian dalam hal membangun penunjangnya (fisik bangunan). Salahsatunya adalah melalui pembangunan gedung perpustakaan daerah (Perpusda) Kabupaten Pangandaran. Ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Pangandaran

Walau di tengah pandemi covid-19, proses pembangunan di Kabupaten Pangandaran terus berjalan. Hal itu terungkap dari puluhan paket pekerjaan yang diusulkan berbagai dinas ke Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa 

Menurut Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Pangandaran, Dindin Solehudin, terhitung hingga 19 Juni 2020 sebanyak 71 paket pekerjaan kontruksi dengan nilai HPS Rp 191 miliar sudah tayang di sistem pengadaan secara elektronik (SPSE).

Selain pekerjaan kontruksi, papar Dindin, ada sebanyak 23 paket konsultasi dengan besaran Rp 11 miliar dan pengadaan barang sebanyak 10 paket dengan nilai HPS Rp 16 miliar juga telah masuk di SPSE.

“Di tengah pandemi Covid-19, selama anggarannya ada dan diusulkan oleh dinas teknis kita lakukan tender,” kata Dindin kepada Koran HR, Selasa (23/6/2020).

Belum Semua Mendapat Kontrak Pekerjaan

Dari 71 paket pekerjaan kontruksi yang sudah selesai proses tender, lanjut Dindin, baru 7 paket pekerjaan, konsultansi 7 pekerjaan, pengadaan barang dan jasa sebanyak 7 paket yang sudah mendapatkan kontrak.

Berkaitan dengan pembangunan di tengah pandemi di Pangandaran, Didin mengaku hanya menjalankan apa yang diusulkan dinas teknis. Bila tidak ada usulan, pihaknya pun memastikan anggarannya tidak ada. 

“Dinas teknis yang sudah mengusulkan pekerjaan baru ada tiga dinas, seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip), Dinas PUTRPRKP, dan Dinas Pariwisata,” kata Dindin Solehudin lagi.

Sementara Dinas yang sudah melakukan pekerjaan, di antaranya Dinas Perpustakaan yang membangun gedung perpus dengan nilai kontrak Rp 16 miliar, Dinas PU membangun Alun-alun, rumah dinas perkantoran, Gedung Bappeda, serta Dinas Pariwisata yang melakukan pembangunan pintu tol gate di 5 titik.

“Saat ini ada satu dinas yang sedang melakukan usulan tender, yakni Dinas Kesehatan yang merencanakan pembangunan IPAL untuk Puskesmas di Pangandaran,” terangnya.

Untuk target penyelesaian tender tersebut, maksimal harus sudah selesai di bulan Agustus sehingga pekerjaan selesai di akhir tahun atau di pertengahan bulan Desember.

“Kalau diperkirakan dari 71 paket pekerjaan kontruksi bakal ada tambahan lagi sampai maksimal Agustus, dan mudah-mudahan bisa selesai sesuai target,” pungkasnya.

Gedung Perpusda dimulai pembangunannya, Rabu, 14/7/2020.

Perpusda sendiri berada dijalur protokol antara Pangandaraan dan Parigi tepatnya di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih, sehingga diharapkan dapat memudahkan para pengunjung ke perpustakaan ini.

"Untuk luasnya 1 hektare jadi nanti biar orang bisa baca sambil santai disini tidak hanya bangunan tapi ada taman dan lain sebagainya

Dengan adanya perpustakan ini warga bisa lebih rajin dalam membaca.

"Mudah-mudahan warga pangandaran mau membaca, buku ini pintunya ilmu, ilmu itu merupakan syarat mutlak untuk manusia hidup untuk merubah peradaban lebih baik”,

Sumber Harapanrakyat

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN SENILAI 30 MILIAR MULAI DIBANGUN?

Berita Pangandaran Lainnya
Revitalisasi Pantai Pangandaran Dimulai, Ridwan Kamil Berbagi Cerita
Minggu, 06 Desember 2020 07:52 WIB
Revitalisasi Pantai Pangandaran Dimulai, Ridwan Kamil Berbagi Cerita
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menunggu realisasi janji Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akan melalukan penataan objek wisata di Pangandaran. Hal itu disampaikan Susi dalam akun Intagram pribadinya. Sambil membagikan beberapa foto bersama Ridwan Kamil, Susi mengungkapan janji pria yang kerap disapa Kang Emil itu. "Pak @ridwankamil juga sampaikan katanya rencana penataan obyek wisata Pangandaran akan dimulai tahun 2019," tulis Susi, Jumat (22/11/2018).
Tahun Ini, Program Kota Tanpa Kumuh Dilaksanakan di 364 Kelurahan dengan nilai Rp 10,22 triliun.
Minggu, 06 Desember 2020 06:52 WIB
Tahun Ini, Program Kota Tanpa Kumuh Dilaksanakan di 364 Kelurahan dengan nilai Rp 10,22 triliun.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tahun ini Program Kotaku dilaksanakan di 364 kelurahan di seluruh Indonesia. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 382 miliar. "Setiap tahapan pelaksanaan Program Padat Karya
Pemkab Pangandaran Bangun Alun-alun Senilai Rp 18 M
Minggu, 06 Desember 2020 06:27 WIB
Pemkab Pangandaran Bangun Alun-alun Senilai Rp 18 M
Setelah melakukan penataan kawasan pantai barat dan pantai timur di tahun 2019 ini, objek wisata Pantai Pangandaran kembali berbenah. Tahun 2020 ini sedang membangun alun alun, pemerintah sedang menata kota sekarang sedang membangun Alun-alun Pangandaran.
Pangandaran Terus Bangun Pasilitas Pendukung Parawisata
Minggu, 06 Desember 2020 06:13 WIB
Pangandaran Terus Bangun Pasilitas Pendukung Parawisata
Pembangunan jalur pantai di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terus dikebut. Jalur ini mulai dari Pelabuhan Cikidang, pantai timur, pantai barat karang tirta hingga ke Pantai Batu Hiu. Kemudian dari Bojong Kopo, Pantai Batu Karas hingga Pantai Madasari. "