Berita Pangandaran
Pangandaran Terus Bangun Pasilitas Pendukung Parawisata

Pangandaran Terus Bangun Pasilitas Pendukung Parawisata

Oleh | Minggu, 06 Desember 2020 06:13 WIB | 64 Views | Comments

Pembangunan jalur pantai di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terus dikebut. Jalur ini mulai dari Pelabuhan Cikidang, pantai timur, pantai barat karang tirta hingga ke Pantai Batu Hiu. Kemudian dari Bojong Kopo, Pantai Batu Karas hingga Pantai Madasari. "Tahun ini Batu Karas nyambung sampai Madasari, selesai," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat meninjau Pelabuhan Pangandaran di Bojongsalawe, Kecamatan Parigi, Senin (10/2/2020).

Jalur pantai dari Pantai Pangandaran saat ini mentok di Bojongsalawe. Hal ini karena dari Bojongsalawe belum tersambung jembatan ke Bojongkopo untuk menuju Batu Karas. "Saya bermimpi membangun jembatan dari sini sampai sana (Bojongsalawe sampai Bojongkopo)," kata Jeje. Dia mengaku sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk mengukur panjang jembatan yang dibutuhkan. Kata Jeje, ada dua pilihan jembatan, yakni yang panjangnya 300 meter dan 600 meter. "Sebetulnya yang mudah yang 300 meter, tetapi masuk daerah bandara (Nusawiru). Paling (membangun) yang 600 meter," jelas Jeje. Jika jembatan sudah jadi, lanjut dia, akan menjadi sesuatu yang luar biasa.

Titik keramaian akan bersambung dan orang-orang jadi penasaran dengan jembatan itu. "Ingin lihat Jembatan Cinta di Bojongsalawe, pasti ke sini. Jembatannya bagus, indah, bisa dipakai selfie. Saya ingin mimpi ini jadi kenyataan. Bisa nyambung dari Bojongsalawe ke Batukaras," kata Jeje. Dia menargetkan Jembatan Cinta akan selesai dibangun tahun 2022. Ihwal anggaran, Jeje mengatakan, dirinya akan mencoba melobi berbagai pihak. "Anggarannya ya nyari. Saya yang bagian nyari. Bagian lobi," ujarnya.

Jumlah dana yang dibutuhkan, sepengetahuan Jeje, untuk jembatan sepanjang 400 meter saja memakan dana hingga Rp 80 miliar. Jembatan 300 meter butuh dana Rp 60 miliar. "Jembatan 600 meter sekitar Rp 120 miliar," katanya. 

Artikel ini dari Kompas.com 

Informasi Pangandaran
Array





Apa komentar anda tentang Tulisan Pangandaran Terus Bangun Pasilitas Pendukung Parawisata?

Berita Pangandaran Lainnya
Revitalisasi Pantai Pangandaran Dimulai, Ridwan Kamil Berbagi Cerita
Minggu, 06 Desember 2020 07:52 WIB
Revitalisasi Pantai Pangandaran Dimulai, Ridwan Kamil Berbagi Cerita
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menunggu realisasi janji Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akan melalukan penataan objek wisata di Pangandaran. Hal itu disampaikan Susi dalam akun Intagram pribadinya. Sambil membagikan beberapa foto bersama Ridwan Kamil, Susi mengungkapan janji pria yang kerap disapa Kang Emil itu. "Pak @ridwankamil juga sampaikan katanya rencana penataan obyek wisata Pangandaran akan dimulai tahun 2019," tulis Susi, Jumat (22/11/2018).
Tahun Ini, Program Kota Tanpa Kumuh Dilaksanakan di 364 Kelurahan dengan nilai Rp 10,22 triliun.
Minggu, 06 Desember 2020 06:52 WIB
Tahun Ini, Program Kota Tanpa Kumuh Dilaksanakan di 364 Kelurahan dengan nilai Rp 10,22 triliun.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tahun ini Program Kotaku dilaksanakan di 364 kelurahan di seluruh Indonesia. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 382 miliar. "Setiap tahapan pelaksanaan Program Padat Karya
GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN SENILAI 30 MILIAR MULAI DIBANGUN
Minggu, 06 Desember 2020 06:42 WIB
GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN SENILAI 30 MILIAR MULAI DIBANGUN
Kabupaten Pangandaran terus berbenah dalam mengejar ketertinggalannya, berbagai program terus dijalankan demikian dalam hal membangun penunjangnya (fisik bangunan). Salahsatunya adalah melalui pembangunan gedung perpustakaan daerah (Perpusda) Kabupaten Pangandaran
Pemkab Pangandaran Bangun Alun-alun Senilai Rp 18 M
Minggu, 06 Desember 2020 06:27 WIB
Pemkab Pangandaran Bangun Alun-alun Senilai Rp 18 M
Setelah melakukan penataan kawasan pantai barat dan pantai timur di tahun 2019 ini, objek wisata Pantai Pangandaran kembali berbenah. Tahun 2020 ini sedang membangun alun alun, pemerintah sedang menata kota sekarang sedang membangun Alun-alun Pangandaran.