Ciamis-Pemkab Ciamis Jawa Barat telah mengerahkan tim medis yang didukung TNI, Polri, dan relawan untuk mencapai target vaksinasi COVID-2021 sebanyak 998.028 orang pada akhir 70% dari target dosis awal vaksin sebanyak 19 orang.

" Pada bulan ke-12 (2021), tentunya dalam upaya bersama antara pemerintah Bupati Chamis, TNI, polri dan relawan akan kita targetkan mencapai 70%," kata Bupati Chamis Herdiat Sunariya melalui siaran pers di Chamis, Kamis.

Ia mencatat, pemerintah Bupati Ciamis bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah akan berhasil meraih vaksinasi dalam mewujudkan imunisasi kelompok.

Bupati menekankan, selain tercapainya tujuan vaksinasi yang dicapai melalui tersedianya vaksinasi COVID-19, tingkat pencapaian vaksinasi saat ini sebesar 48%. Memang .65 persen, atau optimis akan mencapai 50 persen dalam beberapa hari ke depan.



" Saat ini pelaksanaan vaksinasi sudah mencapai 48,65 persen, dan kami berharap dalam 1-2 hari ke depan bisa mencapai 50 persen," katanya.

Ia berharap setelah tercapainya vaksinasi 50%, Kabupaten Ciamis kembali memasuki pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat 3 dari tingkat saat ini.

"Tuhan akan dengan senang hati pada awal 11 Mei kita akan kembali ke level 2," katanya.

Bupati menambahkan, kabupaten kecil dan kepala desa di semua tingkatan diinstruksikan untuk terus mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat vaksinasi untuk mempercepat tercapainya vaksinasi.

Menurutnya, berita bohong dan menyesatkan tentang vaksinasi masih beredar di kalangan masyarakat sehingga peran aparat pemerintah dan elemen masyarakat lainnya dapat bersama-sama mengatasi informasi seperti halnya masyarakat ingin divaksinasi.

" Saat ini hoaks tidak berhenti beredar, banyak pemberitaan dan berita bohong yang menyesatkan masyarakat, camat dan kepala desa mengatakan masyarakat bisa berbondong-bondong melakukan vaksinasi."*