JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business (JMRB), mendukung mudik lebaran dengan menyediakan 49 Tempat Istirahat dan Pelayanan Publik (TIP) atau Tempat Istirahat dan Pelayanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dioperasikan oleh JMRB.

Direktur Utama PT JMRB Denny Abdulakman mengatakan bahwa Jasa Marga telah meningkatkan jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area milik Grup Jasa Marga hingga tiga kali lipat.

Jumlah SPKLU di rest area Jasa Marga saat ini mencapai 49 titik, padahal sebelumnya hanya ada 17 titik. Sebelas di antaranya telah di-upgrade dari pengisian daya normal menjadi pengisian daya cepat (fast charging), sehingga kendaraan listrik jenis tertentu dapat terisi secara optimal dalam waktu 30 menit," kata Denny di Jakarta, Selasa.

Selama baterai diisi ulang, pengguna jalan dapat menikmati sejumlah fasilitas dan layanan di tempat peristirahatan.

Jasa Marga dan Pultamina juga bekerja sama untuk memastikan kecukupan pasokan bahan bakar minyak (BBM) bagi pengguna jalan di SPBUtempat peristirahatan, salah satunya dengan menyediakan SPBU modular di 14 tempat peristirahatan, di antaranya Beberapa di antaranya mengkoordinasikan konversi SPBU diesel ke sistem dispenser Plutamax.

Jasa Marga juga telah mengorganisir, bersama dengan pemangku kepentingan lainnya, 29 posko kesehatan di banyak tempat peristirahatanuntuk membantu pengunjung melakukan pemeriksaan kesehatan selama perjalanan, untuk menambah 599 toilet fungsional.

Kecukupan air bersih juga telah dipastikan dengan menambah pasokan air bersih di toilet dan tempat ibadah. Jumlah pengatur lalu lintas telah ditingkatkan menjadi 141 orang untuk mempercepat rekayasa lalu lintas dan pemrosesan arus kendaraan, sementara petugas keamanan 24 jam disiagakan untuk memastikan pengunjung dapat beristirahat dengan nyamandi tempat peristirahatan.

Jasa Marga juga berencana untuk mengalihkan fungsi toilet pria menjadi toilet wanita. Hal ini dikarenakan toilet wanita cenderung memiliki antrian yang panjang dan toilet pria akan menggunakan toilet fungsional nantinya.

Dengan segala persiapan operasional dan peningkatan pelayanan
yang dilakukan oleh Jasa Marga Group di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), diharapkan pengamanan libur lebaran dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman serta seluruh pengguna jalan tol juga turut bekerjasama dalam mematuhi peraturan yang berlaku dan bersama-sama dapat mewujudkan Mudik yang penuh makna dan keceriaan seperti yang diharapkan. yang diharapkan.