Informasi Pangandaran

Potong Sapi Jangan Jadi Polemik

Oleh Redaksi pada Selasa, 11 Desember 2012 20:52 WIB

PANGANDARAN, (PB).
Memotong kepala sapi atau kambing dalam ritual syukuran nelayan diharap jangan jadi polemik. Pasal­nya, memotong kepada sapi atau kambing merupakan ritual budaya masya­rakat. Demikian pandangan Ketua Komisi II DPRRI, Drs. H. Agun Gu­nanjar Sudarsa, M.Si, dan Ketua Presidium Pem­ben­tukkan Kab. Pangan­daran, H. Supratman, S.Ap dalam resepsi syukuran nelayan Pangandaran di Pantai Barat Pangandaran Kamis malam, (06/12).
Hadir pada kesempatan tersebut, jajaran Ketua Pre­sidium Pembentukkan Kab. Pangandaran H. Adang San­daan Hadari (bendahara), dan Andis Sose, SE (sekretaris) serta ratusan nelayan Pangan­daran.
Resepsi syukuran nela­yan Pangandaran di Pantai Barat Pangandaran (Kamis malam, 06/12) dikemas unik. Seluruh masyarakat dan tamu undangan yang hadir, menggunakan pakaian adat Sunda. Para pria menggunakan seperangkat pakaian pangsi (kampret) hitam, lengkap dengan iket. Sedangkan para perempuan, mengenakan pakaian kebaya lengkap.
Uniknya lagi, kudapan yang tersaji, merupakan makanan khas Sunda. Minuman dari bajigur, sedangkan lalawuhnya terdiri dari seupan boled, kulub suuk, goreng ketan dan sebagainya.
Tak hanya itu, acara yang diberi tema "Tradisi tetep Lastari, Budaya Budaya tetep Kariksa," menyuguh­kan kacapi suling yang dibawakan seniman Pa­ngan­daran dan mahasiswa UPI Bandung. Selain itu, dihidang pula seni pencak silat yang dibawakan seniman tunanetra.
Dekorasi dan tata panggung dalam resepsi syukuran nelayan Pangandaran, juga tampil beda. Terutama penerangan dalam kegiatan tersebut, menggunakan oncor yang terbuat dari bahan bamboo (damar sewu).
Istimewanya lagi, resepsi syukuran nelayan Pa­ngan­daran ditandai dengan penyerahan salinan UU No 21 tahun 2012 Pemben­tukkan Kab. Pangandaran. Ketua Komisi II DPRRI, Drs. H. Agun Gunanjar Sudarsa, M.Si menyerahkan dokumen penting tersebut kepada Ketua Presidium Pembentukkan Kab. Pangandaran, H. Supratman,
SUMBER:http://www.kabar-priangan.com/news/detail/7277

# # # # # # # # # # # # # #