Informasi Pangandaran

GEDUNG PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PANGANDARAN SENILAI 30 MILIAR MULAI DIBANGUN

Oleh admin pada Minggu, 06 Desember 2020 06:42 WIB

Kabupaten Pangandaran terus berbenah dalam mengejar ketertinggalannya, berbagai program terus dijalankan demikian dalam hal membangun penunjangnya (fisik bangunan). Salahsatunya adalah melalui pembangunan gedung perpustakaan daerah (Perpusda) Kabupaten Pangandaran. Ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Pangandaran

Walau di tengah pandemi covid-19, proses pembangunan di Kabupaten Pangandaran terus berjalan. Hal itu terungkap dari puluhan paket pekerjaan yang diusulkan berbagai dinas ke Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa 

Menurut Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Pangandaran, Dindin Solehudin, terhitung hingga 19 Juni 2020 sebanyak 71 paket pekerjaan kontruksi dengan nilai HPS Rp 191 miliar sudah tayang di sistem pengadaan secara elektronik (SPSE).

Selain pekerjaan kontruksi, papar Dindin, ada sebanyak 23 paket konsultasi dengan besaran Rp 11 miliar dan pengadaan barang sebanyak 10 paket dengan nilai HPS Rp 16 miliar juga telah masuk di SPSE.

“Di tengah pandemi Covid-19, selama anggarannya ada dan diusulkan oleh dinas teknis kita lakukan tender,” kata Dindin kepada Koran HR, Selasa (23/6/2020).

Belum Semua Mendapat Kontrak Pekerjaan

Dari 71 paket pekerjaan kontruksi yang sudah selesai proses tender, lanjut Dindin, baru 7 paket pekerjaan, konsultansi 7 pekerjaan, pengadaan barang dan jasa sebanyak 7 paket yang sudah mendapatkan kontrak.

Berkaitan dengan pembangunan di tengah pandemi di Pangandaran, Didin mengaku hanya menjalankan apa yang diusulkan dinas teknis. Bila tidak ada usulan, pihaknya pun memastikan anggarannya tidak ada. 

“Dinas teknis yang sudah mengusulkan pekerjaan baru ada tiga dinas, seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip), Dinas PUTRPRKP, dan Dinas Pariwisata,” kata Dindin Solehudin lagi.

Sementara Dinas yang sudah melakukan pekerjaan, di antaranya Dinas Perpustakaan yang membangun gedung perpus dengan nilai kontrak Rp 16 miliar, Dinas PU membangun Alun-alun, rumah dinas perkantoran, Gedung Bappeda, serta Dinas Pariwisata yang melakukan pembangunan pintu tol gate di 5 titik.

“Saat ini ada satu dinas yang sedang melakukan usulan tender, yakni Dinas Kesehatan yang merencanakan pembangunan IPAL untuk Puskesmas di Pangandaran,” terangnya.

Untuk target penyelesaian tender tersebut, maksimal harus sudah selesai di bulan Agustus sehingga pekerjaan selesai di akhir tahun atau di pertengahan bulan Desember.

“Kalau diperkirakan dari 71 paket pekerjaan kontruksi bakal ada tambahan lagi sampai maksimal Agustus, dan mudah-mudahan bisa selesai sesuai target,” pungkasnya.

Gedung Perpusda dimulai pembangunannya, Rabu, 14/7/2020.

Perpusda sendiri berada dijalur protokol antara Pangandaraan dan Parigi tepatnya di Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih, sehingga diharapkan dapat memudahkan para pengunjung ke perpustakaan ini.

"Untuk luasnya 1 hektare jadi nanti biar orang bisa baca sambil santai disini tidak hanya bangunan tapi ada taman dan lain sebagainya

Dengan adanya perpustakan ini warga bisa lebih rajin dalam membaca.

"Mudah-mudahan warga pangandaran mau membaca, buku ini pintunya ilmu, ilmu itu merupakan syarat mutlak untuk manusia hidup untuk merubah peradaban lebih baik”,

Sumber Harapanrakyat

# # # # # # # # # # # # # #