Informasi Pangandaran

Pemkab Pangandaran Bangun Alun-alun Senilai Rp 18 M

Oleh admin pada Minggu, 06 Desember 2020 06:27 WIB

Setelah melakukan penataan kawasan pantai barat dan pantai timur di tahun 2019 ini, objek wisata Pantai Pangandaran kembali berbenah. Tahun 2020 ini sedang membangun alun alun, pemerintah sedang menata kota sekarang sedang membangun Alun-alun Pangandaran.

Penataan alun-alun merupakan bagian dari program Pemprov Jawa Barat yang mendukung visi Kabupaten Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia. Pembangunan ruang publik ini untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan, masyarakat, pemerintah dan kalangan lainnya.

"Kita akan bangun Alun-alun Pangandaran dengan anggaran sekitar Rp 18 miliar," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Alun-alun akan dibangun di atas lahan milik Pemprov Jawa Barat. Rencananya pembangunan alun-alun dilengkapi oleh berbagai fasilitas mulai dari pintu masuk utama, lapangan upacara, taman kecil, taman bermain, area hijau, pelataran pandang, lapangan olahraga, amphitheater, food court dan area parkir.

Kepala Bagian Humas Pemkab Pangandaran Wawan Kustaman menjelaskan, area parkir berbentuk semi basement di bawah lapang upacara. Penempatan ini memanfaatkan perbedaan ketinggian tapak.

Kemudian akan ada kursi raflesia tersebar di sisi utara dan selatan alun-alun. Sisi utara dan selatan ini bagian area utama alun-alun dengan skala ruang yang lebih kecil. "Kursi ini seperti raflesia padma yang merupakan bunga khas Pangandaran yang berbunga sekali dalam satu tahun. Bunga ini menjadi salah satu simbol kabupaten. Kursi raflesia adalah salah satu elemen taman yang mengangkat kekhasan dan kekayaan alam Pangandaran," kata Wawan.

Sumber detik.com / pemdapangandaran

# # # # # # # # # # # # # #